Ariana Grande dan Lea Simanjuntak rilis album Natal

Ariana Grande kembali merilis album Natal
Ariana Grande kembali merilis album Natal | Jason Szenes/EPA

Suka cita menyambut datangnya Natal (25/12/2015) bisa diwujudkan dalam bentuk apapun. Bagi penyanyi atau kelompok musik, salah satu caranya adalah dengan merilis album bertema Natal. Ariana Grande (22) dan Lea Simanjuntak (36) termasuk dala kategori yang melakukan hal tersebut.

Dilansir NME (17/12), Ariana telah meluncurkan mini album berjudul Christmas & Chill berisi enam lagu sejak 18 Desember.

Album Natal milik penyanyi kelahiran Florida, AS, yang pernah menggelar konser di Jakarta ini semuanya berisi lagu baru, seperti "Wit It This Christmas", "December", "Not Just on Christmas", "True Love", "Winter Things", dan satu track lain berupa intro.

Situs Rolling Stone dalam tinjauannya menulis bahwa Christmas & Chill adalah album Natal romantis dengan banyak ketukan dinamis khas musik R&B yang selama ini dibawakan Ariana.

Ini berbeda dengan beberapa penyanyi yang kadang merilis album atau single menyambut Natal berupa materi lama yang didaur ulang. Contohnya, Ellie Goulding yang meluncurkan single "O Holy Night" yang bisa diunduh gratis. Aslinya lagu tersebut adalah karya komposer Adolphe Adam yang diciptakan pada 1847.

Dari dalam negeri, Lea Simanjuntak juga telah merilis album Natal bertajuk The Perfect Year. Berbeda dengan Ariana, adik ipar Pongky Barata (mantan vokalis Jikustik) ini membalut lagu-lagunya dengan balutan musik gospel, klasik, dan jazz.

Doadibadai Hollo, keyboardis Kerispatih, ditunjuk sebagai sosok yang mengaransemen setiap lagu dalam album.

"Beruntung sekali bisa bekerja sama dengan Badai. Soalnya dia sosok arranger dan music director yang bisa mengerti apa kemauanku. Pengalamannya juga sudah banyak bersama Kerispatih," ungkap Lea dalam wawancaranya bersama Net Entertainment News (15/12).

Merilis album Natal bukan hal baru bagi Ariana dan Lea. Dua tahun silam, Ariana juga merilis mini album berisi empat lagu yang diberi judul Christmas Kisses. Album tersebut terjual lebih dari 400 ribu salinan di seluruh dunia.

Lea yang juga aktif dalam berbagai kegiatan di gereja bahkan telah merilis dua album solo bertema Natal berjudul My Christmas (2006) dan A New Day (2007).

Jika masih ingin mendengarkan album Natal lainnya yang dirilis tahun ini, tak ada salahnya mendengarkan album A Virtuosic Christmas milik Ananda Sukarlan, pianis dan komposer idola Isyana Sarasvati.

Dalam album tersebut, Andy -sapaan Ananda- menghadirkan kidung klasik Natal seperti "Adeste Fideles" (1760) dan "Silent Night" (1818) yang telah diimprovisasi menjadi "Fantasy and Pascaglia on Adeste Fideles" dan "Fantasies on a Silent Night".

Ada juga beberapa komposisi vokal hasil ciptaannya yang berbasis pada puisi, antara lain "Terbaring" (Sapardi Djoko Damono), "Insang" (Adimas Immanuel), dan "Sajak Rindu Sepanjang Zaman" (Didik Siswantono).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR