FILM INDONESIA

Artika Sari Devi akhirnya main film horor

Artika Sari Devi saat press screening film Perjanjian dengan Iblis di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat (7/1/2019)
Artika Sari Devi saat press screening film Perjanjian dengan Iblis di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat (7/1/2019) | Akun Twiter PichouseFilms

Cukup lama Artika Sari Devi absen dari layar lebar semenjak membintangi Sang Pemberani (2014). Akhirnya Putri Indonesia 2004 itu untuk pertama kalinya muncul membintangi film horor bertajuk Perjanjian dengan Iblis.

Bukan hal mudah bagi Pichouse Films --anak perusahaan MD Pictures-- bisa menggaet Tika, sapaan akrab Artika, yang selama ini selektif dalam memilih peran. Terlebih dalam film bergenre horor.

Saat konferensi pers di CGV Grand Indonesia, Jakarta Pusat (7/1/2019), Tika mengaku bermain film lagi setelah mendapat restu suami dan kedua putrinya.

Karakter tokoh Rengganis yang diperankannya juga langsung memikat hati sejak awal karena cukup bertolak belakang dengan kesehariannya. Ini menghadirkan tantangan.

Beda dengan beberapa tawaran yang selama ini mampir kepadanya. Melulu tentang sosok perempuan keibuan. Sebuah karakter yang tak jauh dari kesehariannya. “Sangat Artika banget,” ujarnya.

Alasan utama Tika mengiyakan tawaran bermain dalam film arahan Ardy Octaviand ini juga bukan karena genre horor sedang tren.

Pasalnya ia tak pernah mengkotak-kotakkan film berdasarkan genre. Apa pun jenisnya asal diproduksi dengan baik pasti dipertimbangkannya.

“Waktu Mas Sanjay Mulani (casting director di MD Pictures, red.) mengirimkan detail karakter tokoh Rengganis, saya langsung suka. Belakangan saya baru tahu kalau ini genrenya horor,” ungkapnya.

Tika mengaku awalnya tipikal penakut sehingga enggan menonton film-film horor. Sang suami, Ibrahim Imran (gitaris, personel The Dance Company), yang kemudian mencekokinya.

Setelah mulai bisa melawan ketakutannya, muncul rasa penasaran seperti apa syuting film horor. Dalam hati mulai timbul niat menjajal genre film tersebut.

“Ternyata Tuhan membuat rencana indah. Saya dipercaya bermain dalam film horor. Setelah menjalani sendiri saya baru tahu kalau main film horor itu susah. Harus berakting takut melihat hantu, padahal sebenarnya tidak ada. Menurutku itu susah,” kata Tika.

Tantangan lain yang dilakukannya untuk film ini adalah menggunakan rambut palsu. Butuh tiga kali percobaan menggunakan hair extension hingga menemukan yang cocok dan tidak membuatnya migrain. Urusan merias wajah juga tak kalah pelik. Butuh waktu minimal tiga jam.

Seolah belum cukup, Tika diharuskan melakoni adegan baku hantam dengan tokoh yang diperankan Alex Abbad. Pengambilan gambar untuk adegan tersebut cukup melelahkan karena mengharuskannya menghapal koreografi laga.

Rengganis dikisahkan sosok yang mengurusi sebuah bungalo di Pulau Bengalor, tempat yang dipilih Bara (Aghi Narottama) untuk berlibur agar istri barunya, Annisa (Shandy Aulia), bisa cepat akrab dengan putri semata wayangnya, Lara (Basmalah Gralind).

Sejak awal menginjakkan kaki di pulau tersebut, keanehan sudah muncul melihat respons warga yang seolah tak menerima kedatangan mereka.

Annisa dan Lara juga kerap mimpi buruk, bahkan melihat penampakan yang menyeramkan selama tinggal di bungalo. Pun demikian, Bara tidak memercayai begitu saja apa yang dikatakan istri dan puterinya.

Bukannya tampil sebagai pelindung, Bara malah pamit ke Jakarta untuk membereskan masalah pekerjaan. Tertinggal Annisa dan Lara ditemani Rengganis yang berjuang menghadapi segala keanehan yang terjadi selama di pulau.

Film Perjanjian dengan Iblis yang merupakan karya horor perdana Ardy mulai tayang 10 Januari 2019. Naskah ditulis oleh Ardy bersama Husein M. Atmodjo.

“Saya bangga terlibat dalam produksi film ini. Senang juga bisa bekerja sama dengan Mas Ardy yang membebaskan kami para pemain untuk berkreasi mengembangkan karakter menjadi lebih hidup,” pungkas Tika.

PERJANJIAN DENGAN IBLIS - Official Trailer /MD Pictures
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR