FILM INDONESIA

Audisi unik para pemain film Bluebell

Para pemain film Bluebell saat datang ke kantor Beritagar.id (27/3/2018)
Para pemain film Bluebell saat datang ke kantor Beritagar.id (27/3/2018) | Bismo Agung/Beritagar.id

Ketika menggarap sebuah proyek film, proses pemilihan pemain alias casting adalah hal krusial. Karena setiap sineas punya metode dan permintaan berbeda, maka aktor terkadang harus bersiap melakukan audisi dengan cara unik, termasuk sebagian pemain film Bluebell.

Regina Rengganis sang tokoh utama pemeran Bluebell, misalnya. Ia mengikuti audisi untuk peran protagonis pertamanya dalam film drama ini menggunakan medium ponsel.

"Aku diminta ngirim video yang aku rekam sendiri di dalam kamar pakai handphone. Ha-ha-ha," ujar Rere, sapaan Regina, ketika melakukan media visit bersama para pemain Bluebell di kantor Beritagar.id di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat (27/3/2018)

"Saya juga audisi pakai video. Kemudian dipanggil. Awalnya dicoba untuk memerankan tokoh Dede (akhirnya diperankan oleh Rafael, red.), terus akhirnya cocoknya jadi Ongky," ungkap Gibran Marten (31).

Ketika melakukan casting, putra dari pasangan Roy Marten dan Anna Maria Sofyana ini diminta membacakan sepenggal dialog yang ada dalam film tanpa diberitahu dialog tersebut milik tokoh siapa.

"Semua pemain cowok kayaknya diminta membacakan dialog itu juga deh. Soalnya Rafael juga baca dialog yang sama," tambah Gibran.

Rafael yang terpilih memerankan tokoh Dede mengaku awalnya merasa aneh dengan metode audisi dalam film ini.

"Waktu itu saya lagi pulang ke Garut, Jawa Barat. Lalu datang tawaran main, tapi audisi lewat video. Aneh sih, tapi setelah saya coba justru merasa berakting jadi lebih lepas," kata Rafael.

Pemain lain yang audisi lewat video adalah Binyo Rombot, pemeran tokoh Adi yang dikisahkan adalah kakak Vallesia (diperankan Stefhanie Zamora).

"Gue pikir bercanda. Dan awalnya gue dapet tawaran peran sebagai Indra yang karakternya agak kebanci-bancian. Makanya gue sempat nanya, mau yang banci laki atau banci cantik. Seiring waktu, saya malah sempat dicoba jadi Ongky," tutur Binyo.

Bagi para pemain tadi, melakoni audisi untuk sebuah peran dalam film dengan metode kirim video merupakan pengalaman pertama. Memang terasa mengherankan. Pun demikian menjadi sebuah pengalaman unik.

Hanya beberapa pemain yang tidak melakukan casting dengan mengirimkan rekaman video, salah satunya Qausar Harta Yudana (pemeran Mario) dan Ike Muti (Ibu Mario).

"Saya sudah beberapa kali diminta datang oleh Taneri Indriani (pengarah peran, red.) untuk casting. Cuma waktu itu saya lagi syuting sebuah produksi film televisi," ucap Qausar (25) yang berperan sebagai Mario.

Alhasil Qausar terpaksa kabur sejenak dari lokasi syuting FTV tadi untuk melakukan casting dalam film Bluebell.

"Waktu casting film ini rasanya seperti ikut sidang skripsi. Di depan saya ada empat orang, termasuk Mas Yusuf yang jadi sutradara," terang Qausar yang sebelumnya membintangi film Gending Sriwijaya (2013), Juara (2016), dan Jingga (2016).

Proses bergabungnya Ike dalam proyek ini termasuk lebih singkat. Ia diminta langsung oleh Indri, sapaan Indriani yang jadi casting director.

"Waktu itu sudah dapat info bakal main sama Mas Roy Marten. Skenarionya sangat menantang buat saya. Jadi tanpa pikir panjang tawaran ini langsung saya terima," tambah Ike (45).

Film arahan Muhammad Yusuf ini menceritakan tentang Bluebell, seorang peselancar dan penyanyi yang merasakan getaran cinta dari lelaki yang belum pernah ia temui sebelumnya.

Tanpa ia sangka, lelaki bernama Mario itu juga merasakan getaran yang sama. Padahal sebelum bertemu Bluebell, Mario sedang mempersiapkan pernikahan dengan tunangannya, Vallesia. Situasi tersebut yang kemudian menjadi kendala bagi keduanya untuk meneruskan kisah asmara.

Bagi Muhammad Yusuf yang sebelumnya banyak menyutradarai film horor, Bluebell yang diambil dari nama jenis bunga akan mengajak penonton untuk memahami lebih jauh lagi tentang ketulusan dan keberanian dalam menentukan pilihan.

Film produksi perdana Ratson Pictures yang didukung Triple A Films dijadwalkan tayang 5 April 2018.

Bluebell The Movie – Full Trailer /Bluebell Movie
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR