BOX OFFICE

Avengers: Endgame masih perkasa, Pikachu curi panggung

Satu adegan dalam film Avengers: Endgame.
Satu adegan dalam film Avengers: Endgame. | Marvel Entertainment /Youtube.com

Film Avengers: Endgame masih perkasa di tangga box office setelah tiga pekan diputar di bioskop seantero Amerika Serikat (AS) dan Kanada atau Amerika Utara. Namun, film baru Pokemon Detective Pikachu ikut mencuri panggung.

Pikachu berhasil meraih pemasukan $58 juta AS dalam pemutaran perdana pada akhir pekan lalu (10-12 Mei 2019). Sementara Endgame mengantongi $63 juta.

Angka itu menurun 57,2 persen dibanding pemasukan pada akhir pekan terdahulu. Ini adalah penurunan lebih tajam dibanding Avengers: Infinity War (45 persen).

Pemasukan pekan ketiga Endgame pun berada di bawah Black Panther ($66 juta), Avatar ($68 juta), dan Star Wars: The Force Awakens ($90 juta) pada periode sama --di luar faktor inflasi.

Namun, pemasukan kotor Endgame sebesar $723 juta selama 17 hari beredar di Amerika Utara menjadi film ketiga terlaris sepanjang masa --lagi-lagi di luar faktor inflasi. Endgame pun melewati pemasukan Black Panther untuk periode serupa.

Endgame juga menjadi film kedua dengan pemasukan kotor tercepat kedua setelah The Force Awakens ($742 juta dalam 17 hari). Sementara dari pemutaran global, menurut Box Office Mojo, Endgame menjadi film dengan pemasukan kotor terbesar kedua.

Pada akhir pekan lalu, film besutan Anthony dan Joe Russo ini mendapat tambahan $102 juta dari pasar internasional sehingga total pundi secara global (termasuk Amerika Utara) sudah mencapai $2,485 miliar. Endgame berada di posisi kedua dalam kategori itu di bawah Avatar ($2,788 miliar).

Dan catatan rekor Endgame pun belum berhenti sampai di sana. Film keluaran Disney dan Marvel Studios ini menjadi film terlaris di Tiongkok sepanjang masa.

CNN.com melaporkan Endgame menjadi film asing pertama yang mampu mencatat pemasukan kotor hingga $600 juta. Angka Endgame jauh di atas rekor terdahulu yang dipegang The Fate of the Furious (2017) dengan $393 juta.

Dibanding seluruh film terlaris di Negeri Tirai Bambu, Endgame menjadi judul ketiga --dua lainnya adalah film berbahasa Mandarin. Dan total menurut biro penjualan tiket Maoyan Entertainment, Endgame memecahkan lebih dari 30 rekor film di Tiongkok.

Antara lain, rekor tiket pre-sale dan pemutaran tengah malam (midnight), serta menjadi film tercepat yang mengantongi 3 miliar yuan atau $438 juta.

Lantas apakah Disney dan Marvel sudah puas dengan pencapaian tersebut? Perkiraan yang ada justru sebaliknya.

Marvel masih punya sejumlah sekuel atau spin-off (sempalan) film dari kelompok Marvel Cinematic Universe (MCU). Misalnya, dalam waktu dekat film terbaru Spider-Man.

Pujian untuk Pikachu

Di sisi lain, Pikachu seolah tak mau kalah sorotan. Forbes menyebut film ini boleh jadi cukup aneh, tapi memujinya sebagai film adaptasi terbaik dari gim video yang pernah dibuat.

Pikachu yang berjenis live-action (suara oleh aktor Ryan Reynolds) disebut mengalahkan semua film berbasis gim video --baik animasi atau live action.

"Reynolds bekerja sangat baik sebagai pengisi suara Pikachu dan kelihatan pasangan sempurna," tulis Paul Tassi dari Forbes.

Naskah film besutan sutradara Rob Letterman ini ditulis Dan Hernandez and Benji Samit. Film ini tidak menyertakan level dan perkembangan Pokemon yang mencapai delapan generasi.

Hernandez kepada Screenrant menyatakan itu adalah kesengajaan. Dirinya dan Samit fokus kepada evolusi secara keseluruhan, terutama pada masa Magikarp.

"Itu adalah momen yang serupa dengan (Pokemon) Eevee dan Flareon. Itulah evolusinya," ujar Hernandez.

Dan pemilihan masa tersebut dinilai cerdas. Maklum, transformasi fisik Magikarp ke dalam Gyarados dan Eevee ke Flareon sungguh menarik untuk dibawa ke dalam adegan live-action serta menjaga efektivitas visual.

Pikachu diprediksi akan mengikuti sejumlah film adaptasi gim video hingga mengantongi pemasukan kotor domestik AS $145-165 juta. Namun, Pikachu diperkirakan tak akan mampu meniru multipler 3x (dari angka pekan perdana) seperti Hitman, Lara Croft Tomb Raider: The Cradle of Life, dan Prince of Persia.

Berikut daftar film terlaris di AS dan Kanada pada periode 10-12 Mei 2019 menurut versi Box Office Mojo.

  1. Avengers: Endgame $63 juta (total $723 juta - pekan 3).
  2. Pokemon Detective Pikachu $58 juta (pekan perdana).
  3. The Hustle $13,5 juta (pekan perdana).
  4. The Intruder $6,6 juta ($20,9 juta - pekan 2).
  5. Long Shot $6,1 juta ($19,7 juta - pekan 2).
  6. Poms $5,1 juta (pekan perdana).
  7. Uglydolls $3,9 juta ($14,2 juta - pekan 2).
  8. Breakthrough $2,4 juta ($37,1 juta - pekan 4).
  9. Tolkien $2,1 juta (pekan perdana).
  10. Captain Marvel $1,8 juta ($423,7 - pekan 10).
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR