BOX OFFICE

Avengers: Endgame melewati Titanic, menyisakan sedikit noda

 Aktor Robert Downey Jr pemeran Iron Man berpose di depan lambang Avengers dalam pemutaran perdana Avengers: Endgame di Seoul, Korea Selatan, 15 April 2019.
Aktor Robert Downey Jr pemeran Iron Man berpose di depan lambang Avengers dalam pemutaran perdana Avengers: Endgame di Seoul, Korea Selatan, 15 April 2019. | Kim Hee-chul /EPA-EFE

Setelah memecahkan sejumlah rekor pada pekan perdana pemutarannya, film Avengers: Endgame kembali mencatat pencapaian mengagumkan. Endgame menjadi film pertama yang mampu meraih pemasukan kotor $2 miliar dolar AS atau sekitar Rp28 triliun dalam waktu cepat.

Film besutan kakak beradik Anthony dan Joe Russo ini mencapainya hanya dalam waktu dua pekan awal pemutaran. Endgame yang tepatnya mengantongi $2,188 miliar pun mengalahkan rekor pemasukan Titanic (1997) sebesar $2,187 miliar hanya dalam 11 hari awal pemutaran.

Menurut Variety, Minggu (5/5/2019), Endgame juga memecahkan rekor Avatar (2009) yang berhasil mencapai angka $2 miliar dalam 47 hari. Sejauh ini hanya ada lima film yang mampu mencapai penjualan tiket hingga $2 miliar.

Selain tiga film tersebut, ada Star Wars: The Force Awakens (2015 - $2,06 miliar) dan Avengers: Infinity War (2018 - $2,04 miliar). Namun, Endgame dipercaya akan melewati pemasukan kotor empat film tersebut karena durasi pemutarannya masih lama dan masih diminati --termasuk di Indonesia yang masih mendominasi layar bioskop.

Pada pekan keduanya, Endgame masih perkasa di tangga Box Office akhir pekan kemarin (3-5/5). Di pasar domestik (AS dan Kanada), Endgame sudah mengumpulkan $620 juta --film terlaris kesembilan di kawasan Amerika Utara.

Sementara dari pasar internasional, Endgame sudah mengumpulkan $1,56 miliar --$575 juta di antaranya datang dari pasar film terbesar dunia Tiongkok. Film terakhir dari 22 karya dalam Marvel Cinematic Universe sudah mencetak $1,2 miliar dari dunia internasional pada pekan pertamanya, termasuk $357 juta di Amerika Utara.

Namun begitu, Anthony Russo mengaku hampir kecewa. Film ini adalah rangkaian perjalanan selama satu dekade lebih (dimulai sejak Iron Man - 2008), tapi publik justru membicarakan rekor demi rekor -- termasuk apakah bisa mematahkan rekor film terlaris di dunia sepanjang masa yang kini dipegang Avatar.

Joe Russo menambahkan bahwa narasi yang mengitari Endgame justru statusnya sebagai satu di antara sedikit film dengan pemasukan kotor terbesar. "Hampir mengecewakan karena yang mendominasi adalah cerita tentang box office, bukan kisah filmnya," tutur Anthony dalam podcast Cinemablend.

Lalu mengapa pembicaraan tentang box office begitu mendominasi? Screenrant menunjukkan dua alasan.

Pertama, peran besar Tiongkok. Strategi Disney dan Marvel memasukkan Tiongkok pada awal pemutaran langsung menggenjot pemasukan. Hal ini tidak terjadi dengan Infinity War karena pemutaran di Tiongkok dilakukan setelah kawasan lain lebih dulu premier.

Jika Endgame mengikuti strategi Infinity, pemasukan mereka mungkin hanya akan mencapai sekitar $982,6 juta, bukan $1 miliar. Jadi, pemasukan besar memancing publik untuk membicarakan performa itu, bukan kisah filmnya.

Kedua, Marvel dan Disney melakukan promosi dan pemasaran gila-gilaan. Mereka membocorkan jalan cerita dengan meluncurkan sejumlah cuplikan (trailers) dan iklan tv. Joe Russo pun mengakui hal itu.

"Kami memang meningkatkan skala pemasaran film ini. Namun begitu kami tetap menyimpan cerita kejutannya," ungkap Joe.

Di sisi lain, tiga film baru berhasil mencapai urutan empat besar di bawah Endgame akhir pekan lalu. Artinya, andai tak ada Endgame, mereka sudah pasti ada di tiga besar box office pada pemutaran pekan perdana.

Berikut daftar film terlaris di AS dan Kanada pada periode 3-5 Mei 2019 (versi Box Office Mojo).

  1. Avengers: Endgame $145 juta (total $619 juta - pekan kedua).
  2. The Intruder $11 juta (pekan perdana).
  3. Long Shot $10 juta (pekan perdana).
  4. Uglydolls $8 juta (pekan perdana).
  5. Captain Marvel $4,2 juta ($420 juta - pekan 9).
  6. Breakthrough $3,9 juta ($33 - pekan 3).
  7. The Curse of La Llorona $3,5 juta ($48,1 juta - pekan 3).
  8. Shazam! $2,4 juta ($135 juta - pekan 5).
  9. Little $1,47 juta ($38,5 juta - pekan 4).
  10. Dumbo $1,43 juta ($109,7 - pekan 6).
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR