BOX OFFICE

Avengers: Endgame terlaris sepanjang masa

Salah satu adegan dalam Avengers: Endgame yang menampilkan tokoh Thor, yang diperankan aktor Chris Hemsworth.
Salah satu adegan dalam Avengers: Endgame yang menampilkan tokoh Thor, yang diperankan aktor Chris Hemsworth. | Marvel Studios

Setelah sepuluh tahun, Avatar akhirnya turun dari tahta dari posisi sebagai film terlaris sepanjang masa. Alien dari Pandora, bulan yang mengorbit Planet Polythemis, harus tunduk kepada serangan gerombolan pahlawan super yang tergabung dalam Avengers.

Tiga bulan setelah dirilis pada 24 April 2019, Avengers: Endgame, saga dari Marvel Cinematic Universe (MCU), berhasil mengumpulkan total uang 2,79 miliar dolar AS (Rp38,9 triliun). Angka tersebut melampaui penghasilan Avatar, yang mendulang 2,78 miliar dolar sejak dirilis pada 2009.

Pendapatan Avengers: Endgame, yang disutradarai Joe dan Anthony Russo tersebut, adalah data per Senin (22/7/2019). Karena film itu masih diputar di banyak bioskop, kemungkinan untuk bertambah tentu amat besar.

"Selamat kepada tim Marvel Studios dan Walt Disney Studios, serta terima kasih kepada para penggemar di seluruh dunia yang mengangkat Avengers: Endgame menuju pencapaian bersejarah ini," kata Alan Horn, co-chairman and chief creative officer Walt Disney Studios, dinukil The Guardian.

Walau demikian, perlu diingat bahwa pendapatan Avatar belum disesuaikan dengan inflasi. Jadi mungkin saja nilai riilnya lebih besar dari yang tercantum saat ini. Menurut The New York Times, pendapatan Avatar 10 tahun lalu itu setara dengan 3,3 miliar dolar uang saat ini.

Produser Endgame, Kevin Feige, saat berbicara dalam acara Comic Con, Sabtu (20/7), juga mengakui bahwa Avatar masih yang terbesar jika menghitung inflasi.

Secara garis besar, MCU bercerita mengenai kiprah para pahlawan super versi Marvel--sebagian besar adalah karya Stan Lee, komikus yang wafat 12 November 2018--menjaga Bumi, juga alam semesta, dari serbuan para penjahat super. Mulai dari Iron Man, Captain America, Black Widow, Black Panther, hingga Spider-Man menjadi bagian dari dunia rekaan Marvel tersebut.

Ekranisasi tersebut dimulai oleh film Iron Man yang diproduksi oleh Marvel Studio pada 2008. Setahun kemudian, 2009, Disney mengakuisisi Marvel.

Hingga tahun ini sudah 23 film MCU yang dihadirkan ke layar bioskop. Spider-Man: Far From Home (rilis 3 Juli) jadi film terakhir dari Fase 3 MCU. Disney dan Marvel saat ini tengah mempersiapkan Fase 4.

Film pahlawan super telah menjadi ladang uang utama bagi Disney dan Marvel. Dari 10 film terlaris sepanjang masa, lima film--Avengers: Endgame, Avengers: Infinity War (2018), The Avengers (2015), Avengers: Age of Ultron (2015), dan Black Panther (2018)--adalah bagian dari MCU.

Sementara, jika berbicara soal Disney, selain lima film MCU tersebut, ada dua produk lain yang masuk jajaran 10 besar, yaitu Avatar dan Star Wars: The Force Awakens.

Avatar, yang disutradarai James Cameron, sebenarnya adalah karya rumah produksi 20th Century Fox. Namun, sejak Desember 2017, 20th Century Fox menjadi bagian dari Disney setelah diakuisisi dengan nilai 52,4 miliar dolar.

Oleh karena itu, sekuel Avatar, yang tengah disiapkan Cameron, akan diproduksi oleh DIsney.

Melesatnya Endgame ke posisi puncak tak lepas dari kritik. Para kritikus beranggapan bahwa Disney "terlalu berusaha" untuk bisa menggusur Avatar dari posisi terlaris. Usaha tersebut adalah dengan merilis extended version (versi panjang) Endgame pada 28 Juni 2019.

Resminya Disney menyatakan bahwa rilis ulang film dengan tambahan beberapa adegan yang sempat dipotong dan post-credit scene tersebut untuk menghormati mendiang Stan Lee. Namun para kritikus menyindirnya sebagai upaya meraup uang tambahan belaka, dengan bantuan para penggemar nan fanatik.

"Hasrat penggemar Marvel untuk menggusur Avatar sebagai film terlaris sepanjang masa dimanfaatkan menjadi upaya membantu perusahaan terbesar di planet ini mengeruk lebih banyak uang dari penggemar itu dan mengangkat nilai bagi para pemegang saham," sindir Cameron Kunzelman, analis film situs web Polygon.

Lion King no. 1

Kabar gembira lain bagi Disney adalah keberhasilan Lion King versi hidup (live action) menempati peringkat teratas box office Amerika Serikat dan Kanada pada pekan perdana penayangannya, menyingkirkan Spiderman: Far From Home yang telah tiga pekan meraja.

Film yang disutradarai Jon Favreau dengan sulih suara dari berbagai bintang ternama, termasuk Beyonce, Donald Glover, dan Seth Rogen itu meraup 185 juta dolar AS pada penayangan periode Kamis-Sabtu (18-20/7). Ditambah 346 juta dolar dari penayangan di negara lain, total yang didapat pada pekan pertama mencapai 531 juta dolar.

Pendapatan tersebut menjadi rekor terbaru untuk film yang dirilis pada bulan Juli. Rekor sebelumnya adalah 169,1 juta dolar yang didapat Harry Potter and The Deadly Hallows-part 2 (2011).

Berikut daftar film terlaris di AS dan Kanada pada periode 12-14 Juli 2019 (versi Box Office Pro).

1. Lion King: $185 juta ($185 juta - pekan perdana)

2. Spider-Man: Far From Home: $21 juta (total $319,6 juta - pekan ke-3)

3. Toy Story 4: $14,6 juta ($375,5 juta - pekan ke-4)

4. Crawl: $6 juta ($23,8 juta - pekan ke-2)

5. Yesterday: $5,1 juta ($57,5 juta - pekan ke-4)

6. Stuber: $4 juta ($16,08 juta - pekan ke-2)

7. Aladdin: $3,8 juta ($340,04 juta - pekan ke-9)

8. Annabelle Comes Home: $2,6 juta ($66,5 juta - pekan ke-4)

9. Midsommar: $1,59 juta ($22,4 juta - pekan ke-3)

10. The Secret Life of Pets 2: $1,5 juta ($151,5 juta - pekan ke-7)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR