Beauty and the Beast mengaum dengan rekor

Emma Watson saat menghadiri pemutaran perdana film Beauty and the Beast di Alice Tully Hall, New York, AS (13/3/2017).
Emma Watson saat menghadiri pemutaran perdana film Beauty and the Beast di Alice Tully Hall, New York, AS (13/3/2017).
© Evan Agostini/AP Photo

Musim panas belum lagi tiba, namun persaingan ketat di tangga box office Amerika Serikat sudah terjadi. Kurun akhir pekan kemarin (17-19/3/2017), pembuatan kembali film Beauty and the Beast dalam versi live-action berhasil menekuk keperkasaan Kong: Skull Island.

Berdasarkan estimasi pro.boxoffice.com (20/3), pendapatan film yang dibintangi Dan Stevens (sebagai The Prince/Beast) dan Emma Watson (Belle) selama akhir pekan perdana penayangannya di 4.210 lokasi mencapai USD170 juta alias Rp2,2 triliun.

Tingginya pendapatan Beauty and the Beast menumbangkan rekor film terlaris yang rilis sepanjang Maret.

Rekor sebelumnya adalah milik Batman v. Superman: Dawn of Justice yang saat ditayangkan perdana, 25-27 Maret 2016, berhasil membawa pulang USD166 juta dari 4.241 lokasi.

Awalnya banyak yang memprediksikan film arahan Bill Condon (The Twilight Saga: Breaking Dawn) tidak akan meraup pemasukan sebanyak ini.

Penyebabnya karena Motion Picture Association of America (MPAA) memberikan rating "Parental Guidance" alih-alih "General" yang bisa jadi tontonan semua umur.

MPAA menganggap film adaptasi dongeng produksi Disney itu mengandung beberapa adegan kekerasan dan visual menakutkan untuk anak-anak. Itu sebabnya diperlukan pendampingan dari orang yang lebih tua saat menonton.

Kekhawatiran itu terpinggirkan sudah karena Beauty and the Beast tetap saja mengaum kencang menyuarakan feminisme lewat tokoh Belle.

Condon juga memasukkan momen perihal LGBT yang diwakilkan oleh karakter LeFou (diperankan Josh Gad) dan Gaston (Luke Evans).

Menurut Variety, sekitar 60 persen pembeli tiket adalah perempuan. Penonton berumur di bawah 12 tahun terdiri dari 22 persen.

Sementara demografi dari kalangan lebih dewasa (usia 26 hingga 34) yang kemungkinan pernah menyaksikan versi animasinya pada 1991 menyumbang sekitar 21 persen.

"Mereka semua tidak ingin melewatkan kesempatan menonton Beauty and the Beast. Bagi kalangan dewasa, ada nostalgia indah terhadap film versi animasinya. Oleh karena itu, mereka ingin menunjukkannya kepada anak-anak mereka untuk berbagi pengalaman indah itu," kata Dave Hollis, Kepala Distribusi Domestik Disney.

Ungkapan senada disampaikan Greg Foster, Chief Executive of IMAX Entertainment. "Sekarang kita hidup di era sinisme, dan menonton Beauty and the Beast seolah memberi penonton kesempatan memasuki lorong waktu ketika dunia masih penuh dengan kemurnian," ujar Foster dalam laman situs web The New York Times.

Keberhasilan Beauty and the Beast yang menyedot anggaran USD160 juta bertakhta di puncak film terlaris menegaskan panasnya persaingan pada bulan Maret.

Belum ada satu judul film yang awet menjadi pemuncak selama lebih dari satu pekan. Kisah pahlawan super Logan menghadapi hari tua langsung dilengserkan film tentang petualangan kelompok peneliti di pulau tersembunyi dalam Kong: Skull Island.

Dua pekan depan bakal meluncur lagi Power Rangers (24/3) dan Ghost in the Shell (31/3) yang diprediksikan juga bisa meraup pendapatan USD100 juta.

Apakah Beauty and the Beast bisa mempertahankan posisi harus menunggu hingga kedua film tersebut meluncur ke pasaran.

Untuk saat ini, berikut 10 besar film terlaris yang paling banyak meraup pemasukan dari tiket menonton di Amerika Serikat periode 17-19 Maret 2017.

1. Beauty and the Beast: USD170 juta (pekan 1)

2. Kong: Skull Island: USD28,8 juta (total USD110,1 juta - pekan 2)

3. Logan: USD17,5 juta (USD184 juta - pekan 3)

4. Get Out: USD13,2 juta (USD133 - pekan 4)

5. The Shack: USD6,1 juta (USD42,6 juta - pekan 3)

6. The LEGO Batman Movie: USD4,7 juta (USD167,4 juta - pekan 6)

7. The Belko Experiment: USD4 juta (pekan 1)

8. Hidden Figures: USD1,5 juta (USD165,5 juta - pekan 13)

9. John Wick: Chapter 2: USD1,2 juta (USD89,7 juta - pekan 6)

10. Before I Fall: USD1 juta (USD11,2 juta - pekan 3)

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.