BOX OFFICE

Beda nasib Po the Panda dan Natalie Portman

Po the Panda berhasil memuncaki tangga film terlaris AS dengan pendapatan USD41 juta
Po the Panda berhasil memuncaki tangga film terlaris AS dengan pendapatan USD41 juta | dreamworks.com

Kembali beraksinya Po (disuarakan Jack Black) dalam Kung Fu Panda 3 terbukti langsung mengentak tangga film terlaris di Amerika Serikat. Mudah saja film animasi produksi Fox dan DreamWorks itu mengambil alih tampuk tertinggi yang sebelumnya ditempati The Revenant. Selama periode 29-31 Januari 2016, sebanyak USD41 juta (Rp559 miliar) berhasil dikantongi dari pasar domestik.

Meski pendapatan tersebut tidak bisa menyamai pendapatan pendahulunya Kung Fu Panda (USD60,2 juta) dan Kung Fu Panda 2 (USD47,7 juta), apa yang ditorehkan bagian ketiga ini tetap patut disyukuri. Dua film Kung Fu Panda sebelumnya dirilis pada saat musim panas. Sementara kisah ketiga ini berada dalam momentum di mana banyak film yang masuk nomine Oscar juga sedang tayang.

"Hadirnya Kung Fu Panda 3 mengisi kekosongan di pasar yang telah penuh sesak dengan drama dewasa, nomine Oscar, dan film yang mendapat Rating-R (Restricted). Perilisannya ini juga di luar kebiasaan karena sebelumnya hadir pada musim panas," kata analis senior perusahaan pelacakan film Rentrak, Paul Dergarabedian, kepada USA Today.

Langkah Fox dan DreamWorks bermigrasi dari kalender musim panas ke musim dingin pada awal tahun berawal dari keyakinan bahwa film bertema keluarga mereka ini tak mengenal musim.

"Film bertema keluarga bisa berhasil sepanjang tahun. Faktanya, sekitar 70 persen penonton film ini yang hadir di bioskop datang bersama keluarganya. Momen ini juga bagus karena kami punya waktu lima pekan sebelum film animasi lainnya (Zootopia produksi Disney, red) meluncur di bioskop," kata Kepala Distribusi Fox Chris Aronson dalam laman Hollywood Reporter.

Natalie Portman merana

Natalie Portman sebagai Jane Hammond dalam film Jane Got a Gun
Natalie Portman sebagai Jane Hammond dalam film Jane Got a Gun | natalieportman.com

Nasib nahas lagi-lagi harus diterima Weinstein Company. Studio yang eksis sejak 2005 harus rela melihat film produksi mereka, Jane Got a Gun, hanya menempati anak tangga ke-13 dalam daftar box office karena hanya meraup USD803 ribu saat tayang di 1,210 lokasi pada akhir pekan perdananya. Pendapatan yang setara Rp10,9 miliar tersebut jomplang dengan ongkos produksi film yang mencapai USD25 juta (Rp340 miliar).

Menurut Exhibitor Relations, debut pendapatan film arahan Gavin O'Connor (Pride and Glory dan Warrior) itu adalah yang paling rendah sepanjang sejarah berdirinya Weinstein Company. Lebih parah dibanding raihan The Hateful Eight, sesama film bertema koboi arahan Quentin Tarantino yang pemasukan minggu pertamanya juga kurang memuaskan karena hanya meraup USD16,2 juta.

Menilik daftar pemainnya, Jane Got a Gun sesungguhnya berdaya ledak tinggi. Natalie Portman (sebagai Jane Hammond), Joel Edgerton (Dan Frost), Noah Emmerich (Bill Hammond), dan Ewan McGregor (John Bishop) adalah kumpulan aktor dengan kualitas akting jempolan dan popularitas menggunung.

Apa lacur, segala kelebihan yang dimiliki para pemain tersebut tak cukup mampu menarik minat penonton. Moviefone menuliskan bahwa kekisruhan yang terjadi dalam proyek yang juga diproduseri Portman ini adalah penyebab utama.

Sejak diumumkan pada 2012, Jane Got a Gun terus ditimpa masalah. Mulai dari perubahan jajaran pemain dan sutradara, bangkrutnya Relativity Media yang semula bertindak sebagai distributor di kawasan AS, hingga beberapa kali penundaan tanggal rilis.

Faktor krusial penyebab gagalnya film ini di tangga box office adalah strategi Weinstein merilis film ini tidak lama setelah The Hateful Eight (25/12/2015) yang notabene sama bergenre koboi.

Meskipun bersifat klasik, para penonton tampaknya belum cukup tertarik menyaksikan film bergenre koboi. Terlebih dengan kemunculan Star Wars: The Force Awakens yang menawarkan kisah futuristis.

Berikut daftar film Hollywood terlaris periode 29-31 Januari 2016 menurut situs Box Office:

1. Kung Fu Panda 3 USD41 juta (pekan 1)

2. The Revenant USD12,4 juta (total USD138 juta - pekan 6)

3. Star Wars: The Force Awakens USD10,7 juta (USD895,4 juta - pekan 7)

4. The Finest Hours USD10,3 juta (pekan 1)

5. Ride Along 2 USD8,3 juta (USD70,7 juta - pekan 3)

6. The Boy USD7,8 juta (USD21,5 juta - pekan 2)

7. Dirty Grandpa USD7,5 juta (USD22,8 juta - pekan 2)

8. The 5th Wave USD7 juta (USD20 juta - pekan 2)

9. Fifty Shades of Black USD6,1 juta (pekan 1)

10. 13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi USD6 juta (USD42,5 juta - pekan 3)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR