FILM INDONESIA

Belum genap seminggu Ayat Ayat Cinta 2 raup satu juta penonton

Para pemeran film Ayat Ayat Cinta 2 saat jumpa penggemarnya di Metro Indah Mall, Bandung (24/12/2017).
Para pemeran film Ayat Ayat Cinta 2 saat jumpa penggemarnya di Metro Indah Mall, Bandung (24/12/2017). | Ayat Ayat Cinta 2 /Facebook

Film Ayat Ayat Cinta 2 resmi tayang di bioskop yang tersebar di seluruh Indonesia mulai 21 Desember 2017. Belum genap satu minggu setelah penayangannya, film sekuel Ayat Ayat Cinta ini sukses mencuri hati lebih dari 1 juta penontonnya.

Hal ini terlihat dari beberapa akun Instagram para pemain yang mengunggah foto ke instatory (Instagram) yang menyatakan bahwa filmnya tembus 1 juta penonton. Misalnya seperti yang dilakukan oleh Chelsea Islan (Keira McGills), Tatjana Saphira (Hulya) serta Dewi Sandra (Sabina).

"Terima kasih. Ayat Ayat Cinta 2 tembus 1 Juta penonton dalam 5 hari," ujar Tatjana Saphira lewat Instagram Story miliknya.

Hal itu juga dibenarkan oleh produser MD Pictures, Manoj Punjabi, melalui akun Instagram-nya, Selasa (26/12/2017). "Terima kasih 1.223.157 orang sudah menjadi saksi cinta Fahri!" tulis Manoj menyertai sebuah foto berpesan serupa.

Jumlah itu dipastikan bakal terus bertambah. Sebab, film tersebut masih beredar di jaringan bioskop seluruh Indonesia.

Fedi Nuril sebagai pemeran utama pun turut berkomentar. "Alhamdulillah ini hal yang membanggakan buat film Indonesia. Apalagi bisa bersaing dengan film-film Hollywood. Jadi terima kasih banyak karena kalian mau meluangkan segalanya untuk nonton," ungkap Fedi Nuril saat ditemui KapanLagi di CGV Bekasi Cyber Park, Selasa (26/12/2017).

Kesuksesan Ayat Ayat Cinta 2 dianggap sebagai obat kerinduan bagi para penggemarnya terhadap film terdahulu yang tayang pada 2008. Namun, menurut Fedi, Ayat Ayat Cinta 2 juga memiliki kekuatan pada ceritanya.

Pertama, film tersebut nyatanya tak hanya mengangkat masalah cinta saja, namun juga tentang bagaimana menyikapi perbedaan karakter orang dan kebudayaannya di sekitar.

"Menurut saya pribadi ceritanya lebih seru dari yang pertama. Karena bukan cuma tentang pencarian jodoh tapi bagaimana kita mencintai sekeliling kita yang berbeda latar belakang. Bagaimana kita bisa terus tersenyum kepada orang yang benci kita," jelasnya.

Pada film besutan sutradara Guntur Soeharjanto ini, tokoh Fahri diceritakan harus menunggu ketidakpastian sang istri, Aishah, yang menghilang saat menjadi sukarelawan di Palestina.

Dalam penantiannya, Fahri terus dikelilingi para perempuan yang menaruh hati padanya dan juga membencinya. Hal ini yang kemudian menjadi konflik dalam cerita yang ditulis oleh Habiburrahman El Shirazy tersebut.

Kedua, selain dari segi alur cerita yang digambarkan lebih kompleks dan padat, film yang mengambil lokasi syuting di Edinburgh (Skotlandia), Jakarta, dan Oxford (Inggris) ini juga memanjakan penontonnya dengan sinematografi yang ciamik.

Di Edinburgh, ada beberapa tempat yang diambil. Antara lain Prestonfield Road, The Shore Bar & Restaurant, Calton Hill, Edinburgh Central Mosque, kawasan perbukitan Arthur's Seat, sampai East Lothian yang berada jauh di luar pusat kota Edinburgh.

Sedangkan di Jakarta, ada beberapa area yang disiapkan untuk disulap seolah menggambarkan suasana di Jalur Gaza, Palestina.

Para pemain yang merupakan para aktris dan aktor kenamaan tanah Air pun disiapkan untuk dapat berakting dengan latar panorama di tempat-tempat tersebut.

Bahkan dalam salah satu adegan, Dewi Sandra yang memerankan tokoh Sabina pernah harus berlari dengan kencang hingga menaiki gunung hingga terjatuh, demi mendapat pengambilan gambar jarak jauh yang sempurna.

Film yang dibintangi pula oleh Chelsea Islan, Tatjana Saphira, Arie Untung, dan Bront Palarae ini memang menghabiskan mayoritas waktu di luar negeri. Namun itu disebut bukan sekadar ajang pamer.

Film ini juga mengincar rekor Ayat-Ayat Cinta yang disaksikan oleh 3,6 juta penonton alias menjadi bukti film Indonesia terlaris. Dan melihat gelagat, rekor itu minimal bisa dicapai.

A post shared by @dewisandra on

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR