ALBUM MUSIK

Beyonce dan Jay-Z luncurkan album kejutan

Aksi Beyonce dan Jay-Z dalam videoklip "Apes**t"
Aksi Beyonce dan Jay-Z dalam videoklip "Apes**t" | Parkwood/Columbia/Roc Nation

Pasangan musisi Beyonce (36) dan Jay-Z (48) bikin kejutan. Saat tampil dalam konser tur On The Run II di London, Inggris, Sabtu (16/6/2018), pasangan suami-istri ini meluncurkan videoklip “Apes**t”, lantas mengumumkan bahwa album teranyar mereka telah dirilis.

Album tersebut berjudul Everything is Love yang berisi sembilan lagu, termasuk “Apes**t”. Dalam Everything is Love, Beyonce dan Jay-Z berkolaborasi dengan beberapa musisi seperti Pharrel Williams, Offset, Quavo, Ty Dolla $ign, dan Dave Sitek.

Everything is Love adalah proyek studio pertama pasangan yang menikah sejak 2008 itu. Mereka sebetulnya saling membantu dalam hampir setiap proyek solo masing-masing. Sebelum menikah, Beyonce dan suaminya juga kerap berduet seperti dalam lagu “Bonnie and Clyde" (2002) dan “Crazy in Love” (2003).

Kini, mereka menggunakan nama The Carters--Carter adalah nama belakang Jay-Z, yang punya nama asli Shawn Corey Carter.

Everything in Love adalah semacam finalisasi dari album Lemonade (2016) dari Beyonce dan 4:44 milik Jay-Z. Tiga album ini adalah cerminan dari rumah tangga mereka yang sempat goyah. Jika pasangan lain biasanya bercerai, mereka malah berkolaborasi.

Selain berisi tema-tema berat seperti emansipasi wanita dan diskriminasi rasial, "Lemonade" berisi curahan hati Beyonce soal perselingkuhan suaminya.

Sementara Jay-Z seakan mengomeli diri sendiri dalam lalu "4:44", termasuk mengaku selingkuh. Dalam lagu berjudul “Kill Jay Z”, ia mengaku bersalah telah menusuk produser Lance Rivera pada 1999.

“Kami menggunakan karya kami sebagai sesi terapi. Jadi kami mulai membuat musik bersama,” jelas Jay-Z dalam sebuah wawancara dengan New York Times pada November 2017. “Kami berdua sangat tidak nyaman, tapi tempat terbaik dalam sebuah badai adalah di tengah-tengahnya.”

“Pada akhirnya, kami punya respek yang sehat terhadap karya masing-masing. Saya pikir dia (Beyonce) luar biasa,” ujar Jay-Z.

The Carters saat ini sedang melanjutkan tur On The Run II yang dimulai 6 Juni di Cardiff, Wales, dan berakhir pada 4 Oktober di Seattle, Amerika Serikat. Mereka hanya beraksi di Eropa dan Amerika Utara.

Syuting di Museum Louvre

Sampul album ini menggambarkan seorang perempuan berambut pendek sedang merapikan rambut seorang lelaki di sebuah ruangan dengan latar belakang lukisan Mona Lisa, karya Leonardo da Vinci yang sangat ikonis.

Rupanya, lukisan itu memang Mona Lisa asli yang tersimpan di Museum Louvre, Paris, Prancis. Beyonce dan Jay-Z benar-benar syuting videoklip “Apes**t” di museum itu.

Dalam sebuah adegan yang menjadi thumbnail videoklip “Apes**t”, Jay-Z dan Beyonce berdiri tepat di depan Mona Lisa. Videoklip ini juga menampilkan piramida kaca terkenal yang berada di halaman Louvre.

“Apes**t” digarap oleh sutradara Ricky Saiz, yang pernah membesut videoklip Beyonce berjudul “Yonce”. Beberapa lukisan direkam oleh Saiz dan timnya secara close-up.

Tak sampai dua hari setelah dirilis, video berdurasi enam menit lima detik itu sudah dilihat lebih dari lima juta kali di YouTube.

APES**T - THE CARTERS /Beyoncé
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR