ALBUM MUSIK

Beyonce kembali mengukir rekor berkat Lemonade

Beyonce Knowles jadi solis perempuan pertama yang mengukir rekor di tangga album Billboard 200
Beyonce Knowles jadi solis perempuan pertama yang mengukir rekor di tangga album Billboard 200 | Matthew Cavanaugh/EPA

Belum sempat disamai solis perempuan lain, Beyonce Knowles (34) sudah melebarkan rekor lagi. Itu terjadi saat Billboard (27/4/2016) mengumumkan bahwa Lemonade kembali memuncaki daftar tangga album terlaris di Amerika Serikat.

Lemonade adalah album visual yang dirilis mendadak oleh Bey --sapaan akrab Beyonce-- via layanan pengaliran musik Tidal (23/4). Isinya bercerita tentang banyak hal. Mulai soal isu perselingkuhan, perasaan menjadi perempuan kulit hitam di Amerika Serikat, pernyataan politik tentang rasisme, hingga protes terhadap kekerasan yang dilakukan polisi.

Dalam pekan perdana penjualannya sejak pertama diluncurkan di iTunes mulai 24 April, album yang dirilis Parkwood Entertainment (distribusi oleh Columbia Records) diperkirakan terjual lebih dari 450 ribu unit.

Angka pasti penjualan album-album yang masuk daftar Billboard 200 selama satu pekan terakhir diumumkan 1 Mei 2016.

Keberhasilan Lemonade semakin menajamkan rekor Beyonce. Secara jumlah penjualannya memang belum melewati rekor penjualan album 25 milik Adele laku 3,8 juta unit dalam sepekan di AS. Namun penyanyi kelahiran Houston, Texas, itu adalah satu-satunya perempuan penyanyi yang enam album pertamanya berhasil menjuarai tangga album Billboard 200 dalam pekan perdana penjualannya.

Menempuh karier solo sejak 2003 usai vakumnya kelompok Destiny's Child yang diperkuatnya bersama Kelly Rowland dan Michelle Williams, istri rapper Jay-Z ini mencetak sukses pertama lewat debut album Dangerously in Love (2003).

Nielsen SoundScan melacak penjualan album tersebut mencapai 317 ribu keping pada pekan perdana penjualannya. Alhasil posisi pertama dalam Billboard 200 berhasil dirasakannya sebagai solis.

Prestasi serupa dalam jalur penyanyi solo kembali dicetaknya berkat album B'Day (2006), I Am... Sasha Fierce (2008), dan 4 (2011). Masing-masing album tersebut pada pekan perdana penjualannya terjual 541 ribu, 482 ribu, dan 310 ribu unit.

Saat merilis album Beyonce secara mendadak melalui iTunes pada 2013, tidak perlu menunggu waktu sepekan untuk memuncaki tangga album terlaris. Pasalnya dalam tiga hari saja, album self-titled itu telah ludes lebih dari 617 ribu unit.

Tanda-tanda album Beyonce bakal laris telah terlihat. Dilansir Billboard (12/13/2013), 80 ribu album yang menelurkan hit "Partition" terjual 80 ribu dalam tiga jam sejak dirilis resmi. Dalam rentang 10 hari, angka penjualan telah melonjak jadi 991 ribu unit. Total album solo kelima Beyonce itu terjual 5 juta unit di seluruh dunia.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR