Bryan Singer dipecat dari Bohemian Rhapsody

Aktor Remi Malek beraksi sebagai Freddie Mercury dalam film biopik Bohemian Rhapsody
Aktor Remi Malek beraksi sebagai Freddie Mercury dalam film biopik Bohemian Rhapsody | 20th Century Fox

20th Century Fox menunda produksi Bohemian Rhapsody sejak 1 Desember. Sempat tidak jelas alasannya, kini faktanya terungkap.

Masalah indisipliner menjadi alasan di balik penundaan film biopik grup band legendaris Queen itu. Sutradara Bryan Singer dianggap mangkir dari tugasnya.

"Brian Singer tak lagi menjadi sutradara Bohemian Rhapsody," demikian pernyataan Fox dilansir Hollywood Reporter, Senin (4/12/2017).

Singer (52) disebut kerap menghilang dari lokasi syuting yang sedianya berada di London, Inggris, sejak bulan lalu. Sinematografer Newton Thomas Sigel pun harus bertindak sebagai sutradara sementara selama Singer "menghilang".

Menurut rumor, sutradara X-Men (2000) itu berseteru dengan aktor Rami Malek --pemeran vokalis Queen, Freddie Mercury. Bahkan Singer dilaporkan pernah melempar sesuatu pada Malek lantaran kesalnya.

Aktor lain, Tom Hollander, yang memerankan Jimm Beach --manajer Queen, disebut juga ingin keluar dari proyek Bohemian Rhapsody. Pemicunya lagi-lagi perilaku Singer, meski kemudian berhasil dibujuk untuk membatalkan niatnya.

Beberapa jam setelah pernyataan Fox, Singer membantah rumor tersebut. Singer tidak membantah sempat berseteru dengan Malek, tapi penyebab pemecatannya bukan itu.

"Beberapa kali Rami dan saya punya perbedaan kreativitas pada saat syuting, tapi kami sukses mengesampingkan perbedaan dan melanjutkan kerja hingga Thanksgiving (perayaan yang berlangsung pada 23 November, red.)," ujar Singer diwakili oleh pengacaranya, Andrew B. Brettler, kepada Variety.

"Saya sangat ingin menyelesaikan proyek ini dan membantu menghormati warisan Queen, tapi Fox takkan mengizinkan saya untuk melakukannya, karena untuk sementara saya harus memprioritaskan kesehatan saya dan orang terkasih saya."

Rupanya orangtua Singer sedang sakit, tanpa mengungkap ayah atau ibunya. Singer mengaku kesehatannya pun terganggu.

"Kurang dari tiga minggu sebelum syuting kelar, saya minta izin cuti pada Fox jadi saya bisa kembali ke Amerika Serikat untuk mengurus kesehatan orangtua saya."

"Sayangnya pihak studio tidak mau mengakomodasi dan malah memecat saya. Ini bukan keputusan saya, juga di luar kuasa saya," ujar sutradara kelahiran kota New York itu.

Ada yang menyebutkan bahwa Singer terkena PTSD (post-traumatic stress disorder/Gangguan stres pascatrauma) karena perseteruannya yang berlarut-larut dengan Malek. Namun, mungkin juga karena alasan lain.

Bulan lalu, setelahkasus pelecehan seksual yang melibatkan produser kenamaan Harvey Weinstein terungkap, ratusan pesohor Hollywood mulai berani buka suara. Berbagai nama besar turut terseret, termasuk Singer.

Dilansir Screen Crush, pada 1 November ada sebuah akun Twitter dengan nama Justin Smith yang menjelaskan pengalamannya dilecehkan Singer. Anehnya, akun tersebut dan beberapa artikel terkait dihapus tak lama setelah kisahnya mulai viral.

Ini bukan kali pertama sutradara yang terbuka mengaku sebagai homoseksual ini dilaporkan atas tuduhan pelecehan. Pada 1997 dan 2014 bahkan kasusnya sempat masuk ranah hukum, tapi keduanya tak terbukti. Pada kasus 2014, pelapor masuk penjara selama dua tahun karena melakukan tuduhan palsu.

Kembali ke biopik Bohemian Rhapsody, hingga saat ini Fox belum mengumumkan pengganti Singer maupun kapan syuting kembali dimulai. Ada juga kemungkinan syuting bakal dijalankan seperti biasa dengan sang sinematografer Newton Thomas Sigel sebagai sutradara pengganti mengingat waktu syuting hanya tinggal dua minggu.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR