VIDEO MUSIK

BTS pecahkan rekor YouTube

Boyband Korea Selatan, BTS, saat menghadiri Billboard Music Awards 2018 di MGM Grand Garden Arena, AS (20/5/2018).
Boyband Korea Selatan, BTS, saat menghadiri Billboard Music Awards 2018 di MGM Grand Garden Arena, AS (20/5/2018). | Nina Prommer /EPA-EFE

Kelompok vokal BTS kembali mencetak prestasi. Setelah album Love Yourself: Tear berhasil memuncaki Billboard 200 pada bulan Mei, kini boyband asal Korea Selatan itu mencetak rekor di situs pengaliran video YouTube.

Dilansir dari NME (28/8/2018), video musik “Idol” dilihat 45 juta kali dalam 24 jam pertama setelah diluncurkan pada Jumat (24/8/2018). Rekor pribadi BTS sebelumnya adalah video “Fake Love” yang ditonton 35,9 juta kali dalam hari pertamanya.

Kelompok beranggotakan tujuh orang ini telah mengalahkan rekor sebelumnya yang dipegang Taylor Swift. Pada 2017, video musik “Look What You Made Me Do” milik Swift ditonton 43,2 juta kali dalam hari pertamanya. Saat artikel ini ditulis, “Idol” sudah dilihat lebih dari 100 juta kali.

Pujian pun berdatangan dari para pesohor dunia, dari Nicki Minaj, Liam Payne, Khalid, hingga Tyra Banks.

James Corden, pembawa acara The Late Late Show, bahkan mengundang BTS untuk tampil dalam acara tersebut. Juga Howie Mandel, pembawa acara America’s Got Talent.

“Idol” adalah bagian dari album baru BTS bertajuk Love Yourself: Answer yang dirilis pada Sabtu (25/8). Lagu ini punya versi alternatif yang memperdengarkan kolaborasi BTS dengan penyanyi rap Nicki Minaj.

Mashable menulis, salah satu penyebab video “Idol” bisa sangat viral dalam waktu singkat adalah demam tantangan tarian yang menyertainya. Ini mirip dengan #KikiChallenge yang muncul dan viral setelah Drake merilis video musik “In My Feelings” pada awal Agustus.

Segera setelah rilis, para penggemar kelompok bernama lain Bangtan Boys ini mulai meniru koreografi dalam “Idol”, memfilmkannya, lalu mengunggahnya ke jejaring sosial dengan tagar #IdolChallenge.

Seorang pengguna Twitter bernama Sonia Atieno dilansir sebagai orang pertama yang mengunggah video #IdolChallenge. Beberapa hari kemudian, beberapa anggota BTS malah ikut-ikutan melakukan #IdolChallenge.

Berdiri sejak 2013, kelompok beranggotakan Kim Seok-jin (nama panggung Jin, 25 tahun), Min Yoon-gi (Suga, 25), Jung Ho-seuk (J-Hope, 24), Kim Nam-joon (RM, 23), Park Ji-min (Jimin, 22), Kim Tae-hyung (V, 22), dan Jeon Jung-kook (Jungkook, 20) tersebut mulai mengecap popularitas mendunia pada tahun ini.

Love Yourself: Tear adalah album penuh ketiga dari boyband yang dibentuk oleh Big Hit Entertainment, salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan yang memanajeri beberapa artis ternama.

Dalam album terbaru ini, menurut Suga, mereka ingin membawa suasana yang bebas dan bermain-main dengan para penggemar seperti saat berada dalam suasana pesta.

"Kami ingin menunjukkan sesuatu seperti sebuah festival yang membuat orang-orang dari ras, jenis kelamin, dan usia yang berbeda mau berkumpul," jelasnya kepada South China Morning Post.

"Melalui album ini, kami ingin membebaskan diri kami sendiri (dari tekanan) dan bermain dengan para penggemar seperti dalam sebuah pesta."

Sejak sebelum resmi dirilis, Love Yourself: Answer sudah diperkirakan bakal meledak di pasaran.

Menurut Forbes.com, saat masa pra-pemesanan dibuka, album itu langsung memuncaki daftar CD dan Vinil terlaris di Amazon. BTS juga memecahkan rekor mereka sendiri dengan menjual 1,5 juta album hanya dalam waktu enam hari.

Padahal, nyaris tidak ada bocoran soal lagu-lagu dan gaya bermusik yang bakal mereka tampilkan dalam album tersebut. Hal itu menunjukkan betapa loyalnya para penggemar kelompok musik itu.

Mulai pekan ini BTS akan menggelar tur dunia bertajuk Love Yourself. Deretan konser bermula di Seoul, Korea Selatan, pada akhir pekan ini (1-2 September). Jumlah tiket sebanyak 140 ribu lembar sudah terjual habis.

BTS (방탄소년단) 'IDOL' Official MV /ibighit
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR