ALBUM MUSIK

Calvin Jeremy coba bangkit lewat album Nostalgia

Calvin Jeremy berpose ketika bertandang ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta Pusat (5/4/2018).
Calvin Jeremy berpose ketika bertandang ke kantor Beritagar.id di Tanah Abang, Jakarta Pusat (5/4/2018). | Wisnu Agung Prasetyo /Beritagar.id

Mata Calvin Jeremy menerawang jauh. "Singkat cerita, 2016 adalah titik rendah untuk seorang Calvin Jeremy dalam bermusik," jelas penyanyi yang baru merilis album Nostalgia akhir Maret lalu.

Dalam kunjungan ke kantor Beritagar.id di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Kamis (5/4/2018), Calvin bernostalgia soal kesulitannya dalam membuat album Nostalgia.

Nostalgia merupakan buah dari kesabaran Calvin sejak 2016. Tahun itu, ia bertekad menjadi musisi independen, lepas dari label Universal Music yang selama ini menjadi tempatnya bernaung.

Segala sesuatu yang biasanya dibayar oleh label, seperti biaya rekaman, alat-alat musik, dan sebagainya, kini harus ditanggung sendiri oleh Calvin. Semua demi kebebasan dalam bermusik. Ia menginginkan konsep baru untuk album berikutnya.

Meski lahir pada tahun 1991, Calvin ingin membuat album bernuansa 1980-an, lengkap dengan segala pernak-perniknya sampai hal terkecil. Ia bahkan ingin membuat video klip lagu "Nostalgia" berlatar bioskop drive-in--tempat yang memungkinkan orang menonton film layar lebar dari mobil masing-masing--yang pernah top pada era tersebut.

"Gue ingin bikin videoklip 80-an yang propertinya semua 80-an. Pada saat itu ada pembicaraan sama salah satu produk yang katanya mau support."

Saat itu, Calvin tidak memiliki rencana cadangan sama sekali. "Nostalgia harus jadi, kalau enggak gue mungkin berhenti bermusik," ujar pelantun lagu "Terindah" ini.

Apa daya, perjanjian dengan pihak sponsor batal. Dana yang dapat mereka beli tidak cukup, bahkan untuk sekadar menyewa properti yang diinginkan Calvin. Ia merasa jatuh ke titik terendah, dan tidak tahu apa yang harus dikerjakan selanjutnya.

Kakak Calvin, Cecille Christophia, rupanya memahami kegelisahan sang adik. Ia mengajak Calvin pergi ke Malaysia, mencari pasangan kolaborasi dalam bermusik. Sebab, di Indonesia mereka sedang agak kesulitan menemui teman duet yang jadwalnya memungkinkan untuk kerja bareng.

Mereka bertemu dengan manajemen artis lokal bernama Paranormal, lantas Calvin ditanya apakah sudah punya lagu untuk duet. Ternyata ada, judulnya "Kita". Akhirnya penyanyi kelahiran Jakarta itu berkolaborasi dengan musisi Malaysia bernama Daiyan Trisha.

"Dia juga bisa bikinin video klipnya. Jadi gue terselamatkan," ujar Calvin.

Selesai bekerja bareng Daiyan Trisha, Calvin makin semangat mengejar materi baru untuk album Nostalgia. Ia pun melanjutkan aksi kolaborasi dengan musisi luar negeri dengan mengajak penyanyi Belanda bernama Wouter Hamel untuk berduet dalam lagu "Alright".

Kebetulan, pada Mei 2017 Hamel akan berada di Korea Selatan untuk tampil dalam Seoul Jazz Festival. Calvin mengambil kesempatan itu untuk membuat video "Alright" dengan penyanyi pop-jazz berusia 40 tahun itu.

Pihak Calvin pun menghubungi Korea Tourism Organization untuk meminta dukungan, yang direspons dengan positif. Calvin pun berangkat ke negerinya para penyanyi K-Pop itu.

Mumpung sedang berada di Negeri Ginseng, penggemar Jamie Cullum ini pun membuat video klip "Nostalgia". Lagu ini berawal dari kisah sedih sepupu Calvin dengan kekasihnya, yang mirip-mirip cerita dalam drama Korea. Konten-konten digital lain seperti vlog juga dibikin di Korea Selatan.

Itu semua seperti rentetan keberuntungan yang membuat Calvin lebih bersyukur dalam menjalani karier musiknya.

Saat sedang berada di Korea Selatan, Calvin melihat fitur Memories pada akun Facebook-nya. Rupanya, tepat setahun sebelumnya ia sedang menunggu pengumuman sponsor untuk dukungan video klip "Nostalgia", yang akhirnya batal.

"Momen sentimental, ketika gue hampir menyerah. Kalau gue menyerah, mungkin nggak bisa bareng-bareng ke Korea," kenang Calvin. "Kalau lo menjalankan dengan happy dan tulus, pasti ada jalan," tutup Calvin dengan mantap.

Album Nostalgia sudah tersedia di toko musik daring dan aplikasi pengaliran musik. Video klip "Nostalgia" sudah dirilis di YouTube pada September 2017. "Alright" juga sudah dirilis pada 4 April.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR