Calvin Jeremy tak berdua lagi, bukan berarti tak berkarya

Calvin Jeremy saat mengunjungi kantor Beritagar.id (1/12/2015)
Calvin Jeremy saat mengunjungi kantor Beritagar.id (1/12/2015) | Muhammad Imaduddin/beritagar.id

Hari-hari Calvin Jeremy belakangan ini dihabiskan dengan aktivitas promosi lagu tunggal terbarunya yang ia beri judul "Tak Berdua". Menilik judulnya, maka ingatan mungkin akan terbawa pada lagu "Berdua" yang juga pernah diluncurkannya sebagai single untuk album kedua berjudul sama dengan namanya pada 2012 silam.

"Lagu Tak Berdua bercerita tentang sepasang kekasih yang harus rela berpisah karena jalan hidup dan cita-cita mereka berbeda," ungkap solis yang piawai bermain gitar dan piano ini saat mengunjungi kantor Beritagar.id di kawasan Jatibaru, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa (1/12/2015) siang.

Calvin tak menampik jika "Tak Berdua" berkelindan dengan "Berdua" yang sebelumnya ia ciptakan sebagai bentuk komitmen untuk terus bersama sang pujaan hati.

"Inspirasi menulis lagu Tak Berdua ini berdasarkan kisah cinta yang saya alami. Dulu pernah punya hubungan spesial dengan seorang perempuan. Tapi, karena kami berdua punya cita-cita sendiri yang ingin dikejar, jarak kemudian memisahkan. Kendala jarak dan ego masing-masing membuat hubungan itu akhirnya kandas. Bisa dibilang ini lanjutan dari lagu Berdua," ujar Calvin yang kini berumur 24 tahun.

Jika putus cinta sering membuat beberapa orang kehilangan harapan dan gairah, hal tersebut berbeda dengan Calvin. Sepanjang wawancara berlangsung, raut wajah dan ucapannya tampak tegas. Hampir tak terlihat kesedihan.

Kejadian putus dengan kekasih tidak membuatnya menyimpan rasa sakit hati, kesal, dan larut dalam kubangan kesedihan. Momen pedih tersebut justru memberinya energi positif, bahkan kembali menjadi sumber inspirasi lagu.

Dengan mantap Calvin mengaku bahagia dengan status kesendiriannya sekarang. Pun bangga melihat pencapaian mantan pacar yang kini juga telah berhasil mewujudkan cita-citanya sebagai seorang pramugari.

Simaklah potongan lirik lagu "Tak Berdua" di bawah ini:

"Kita berbeda langkah kita tak lagi sama, namun jangan pernah kau menyerah

Percayalah

Ku bahagia kini meski tak lagi kamu disini, namun jangan pernah kau menyerah

Percayalah

Kau hebat meski kita tak berdua..."

Ketimbang mencurahkan isi hatinya dengan gurat lirik berisi soal ratapan dan penyesalan berbungkus musik melankolis, lagu tersebut justru berisi pesan bahwa perpisahan bukan akhir dari segalanya. Musiknya pun dibuat riang dengan tambahan brass section.

Lagu ini menurut Calvin juga bisa dimaknai dalam dua hal; bahwa saat ini kesendiriannya tak menghalangi langkahnya untuk terus berkarya dalam membagi pesan positif kepada para penggemarnya, dan kesendirian -dalam hal ini dirinya tak lagi bernaung dalam perusahaan rekaman besar- bukanlah rintangan untuk terus melangkah sebagai musisi independen.

Minimal hingga saat ini dirinya masih merasa nyaman berjalan sendiri meniti karier lewat bendera C & J Management yang dibentuknya bersama sang kakak, Cecille Christophia. Dua album awal Calvin diedarkan melalui label Universal Music Indonesia.

Lagu "Tak Berdua" yang telah resmi meluncur sejak 25 November 2015 dan kini telah tersedia di iTunes merupakan satu dari delapan lagu dalam album ketiganya nanti.

Ketika ditanya perihal progres album barunya, alumni Universitas Pelita Harapan ini mengatakan kemungkinan albumnya akan rilis awal 2016. "Mungkin sekitar Januari atau Februari 2016," tutupnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR