Calvin Jeremy terus melakukan inovasi

Calvin Jeremy tak pernah berhenti berinovasi
Calvin Jeremy tak pernah berhenti berinovasi | Muhammad Imaduddin/beritagar.id

Menjadi seorang musikus di era sekarang yang serba canggih tak hanya memberi kemudahan. Ada sisi berlawanan yang juga mengiringinya, yaitu sisi penjualan. Calvin Jeremy (24) menyadari betul hal tersebut. Karena itu, ia berupaya untuk terus melakukan inovasi dalam setiap proses kreativitas bermusiknya.

Salah satu bentuk inovasi yang dilakukannya bisa disimak jelang perilisan single terbaru, "Tak Berdua" (tonton versi akustik lagu tersebut di sini). Seminggu sebelum lagu yang bercerita tentang kandasnya hubungan asmara tersebut dilepas ke pasaran, Calvin melalui akun Instagram membagikan tujuh visual sebagai perlambang makna lagu.

"Saya ingin penggemar punya sedikit gambaran tentang lagu Tak Berdua sebelum perilisannya. Jadilah seminggu sebelum lagu itu rilis saya bikin semacam hitung mundur dengan mengunggah gambar-gambar yang merepresentasikan makna dari single ini," jelas Calvin saat mengunjungi kantor redaksi Beritagar.id, Selasa (1/12/2015) siang.

Langkah tersebut tak pelak menuai sejumlah respon dari para pengikut di akun Instagram-nya yang kini telah berjumlah lebih dari 49 ribu. Ada yang mengaku penasaran ingin segera mendengar single terbarunya, sementara yang lain memuji unggahan berbagai ilustrasi tersebut sebagai langkah brilian.

Justin Bieber sebelumnya juga melakukan cara serupa jelang perilisan lagu tunggal "What Do You Mean?". Bedanya, Justin melakukan hitung mundur selama 30 hari dengan bantuan para pesohor seperti Ryan Seacrest (pemandu acara televisi American Idol), penyanyi Ariana Grande, hingga model Gigi Hadid sebagai pemicu rasa penasaran.

Lagu "Tak Berdua" akan mengisi album ketiganya yang diberi judul Nostalgia bersama tujuh lagu lain. Calvin menjelaskan bahwa proses penggarapan album tersebut telah merampungkan enam lagu. Jika tak ada aral melintang, album tersebut sudah bisa dinikmati pada awal 2016.

Meski masih masih mengusung benang merah berupa musik pop yang ramah didengar atau sering diistilahkan dengan pop easy listening, album Nostalgia akan memadukan unsur musik era 80-an dan 90-an dengan kemasan yang lebih modern.

Konsep musik seperti itu adalah salah satu usaha Calvin untuk membuat musiknya bisa diterima oleh kalangan lebih luas. "Anak-anak muda zaman sekarang bisa menikmatinya, sementara orang tua mereka juga bisa ikut larut karena adanya unsur 80-an yang termuat dalam albumnya," tambahnya.

Sebelumnya, solis yang piawai bermain gitar dan piano ini terlibat dalam sebuah proyek kolaborasi musik bernama The Freaks. Tiga personel lain kelompok tersebut adalah para bintang sinetron yang namanya sedang populer saat ini, yaitu Nikita Willy, Aliando Syarief, dan Tengku Rasya. Dua single dari kelompok yang diproduseri Agnes Monica tersebut adalah Jatuh Cinta Tak Ada Logika dan Bahagia dengan Cinta.

Menarik menantikan inovasi lain yang akan dihadirkan Calvin jelang perilisan album ketiganya nanti.

11/19/2015 - Enam hari menuju pemutaran perdana #TakBerdua.

A photo posted by Calvin Jeremy (@calvinjeremy) on

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR