FILM INDONESIA

Cara Monty Tiwa meramu film Lagi-Lagi Ateng

Monty Tiwa (kanan) saat gala premiere film Lagi-Lagi Ateng di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/1/2019)
Monty Tiwa (kanan) saat gala premiere film Lagi-Lagi Ateng di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/1/2019) | Akun Twitter film Lagi-Lagi Ateng

Usaha menghadirkan kembali tokoh perfilman lawas dalam kemasan baru masih berlanjut. Terbaru adalah suguhan Monty Tiwa lewat film Lagi-Lagi Ateng yang tayang 10 Januari 2019.

Dari judulnya dapat ditebak bahwa film produksi 13 Entertainment, Dirgahayu Productions, dan Ideosource Entertainment ini menyoroti Ateng (1942-2003), komedian bertubuh mungil yang mulai populer pada era 70-an. Tentu saja bersama duet sehatinya, Iskak (1933-2000).

Dikisahkan, Ateng yang diperankan Augie Fantinus tak menyangka jika selama ini memiliki saudara kembar bernama Agung.

Pasangan kembar ini terpisahkan sejak masih bayi karena perceraian kedua orang tua mereka, Budiman (Surya Saputra) dan Ratna (Unique Priscilla).

Walaupun kembar, watak mereka sangat bertolak belakang. Ateng yang selama ini diasuh bapaknya masih tetap manja dan kekanak-kanakan, sementara Agung yang mendapatkan asuhan ibunya menjadi seorang motivator dengan segala kedewasaannya dalam bersikap.

Dengan segala perbedaan watak yang terkadang menyulut pertengkaran, keduanya berusaha menyatukan kembali kedua orang tua mereka.

Iskak (Soleh Solihun) yang selama ini menemani Ateng dan Cemplon (Julie Estelle), asisten pribadi Agung, juga ikut membantu mewujudkan usaha tersebut.

Saat jumpa pers di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/1/2018), Monty menjadikan film ini sebagai persembahan kepada dua sosok pelawak yang sangat dikaguminya.

Gue masih mengalami nonton film-filmnya Om Ateng dan Iskak di bioskop, bukan dari kaset video. Nontonnya waktu itu di Bioskop Mayestik,” kata Monty kepada Beritagar.id merujuk nama bioskop di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, yang bangunannya kini sudah tidak ada.

Sepanjang 108 menit film, sineas berusia 42 itu meramu Lagi-Lagi Ateng dengan menyisipkan elemen-elemen dari beberapa film lawas yang pernah dibintangi Ateng dan Iskak.

“Ini sebenarnya mix and match dari film-film Ateng terdahulu. Misalnya karakter Agung yang gue ambil dari film Ateng the Godfather. Bahkan nama tokoh Sutinah yang diperankan Mbak Rohana asalnya dari Wolly Sutinah, nama asli Mak Wok yang banyak membintangi film-film Ateng,” ungkap Monty.

Beberapa eleman film Ateng lainnya yang juga hadir dalam film ini, antara lain berasal dari Ateng Minta Kawin (1974), Ateng Kaya Mendadak (1975), dan Ateng Bikin Pusing (1977).

Proses tersebut diistilahkan sebagai homage alih-alih mencontek. Biasanya sebagai bentuk penghormatan kepada sesuatu atau seseorang yang memberikan inspirasi atau pengaruh.

Beberapa sineas di Hollywood yang termasuk getol melakukannya adalah Quentin Tarantino dan Wes Anderson.

Sineas-sineas kita juga tak jarang melakukannya. Sebutlah misalnya dalam film Pengabdi Setan (2017). Joko Anwar memasukkan adegan menabur biji-bijian sebagai bentuk penghormatan untuk film Serbuan Halilintar (1979) yang sangat disukainya.

Film Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! (2016) arahan Anggy Umbara juga berisi elemen dari beberapa film lawas Warkop DKI, semisal Chips, IQ Jongkok, Setan Kredit, hingga film laga era 80-an. Saking banyaknya, film tersebut lebih terasa seperti kumpulan komedi sketsa. Bukan kesatuan cerita yang utuh.

Beruntung Monty dalam film Lagi-Lagi Ateng tidak terjebak melakukan hal serupa. Cerita filmnya utuh, bangunan konflik dan penyelesaiannya juga memadai. Pun dengan pola perkembangan karakter tokoh utamanya, dalam hal ini Ateng dan Agung.

Terkait performa para pemainnya, Monty memberikan pujian khusus kepada Augie Fantinus yang urung hadir karena masih menghuni Rumah Tahanan Salemba terkait kasus pencemaran nama baik.

“Augie dalam film ini harus membawakan empat karakter sekaligus. Dia menjadi Ateng, menjadi Agung, menjadi Agung yang bertukar tempat sebagai Ateng, dan menjadi Ateng yang bertukar tempat sebagai Agung. Aktingnya hebat sekali. Sungguh di luar ekspektasi saya,” pungkas Monty.

Lagi Lagi Ateng - Official Trailer #1 /LagiLagiAteng
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR