Cars 3 menyalip Wonder Woman

Lightning McQueen (mobil merah) dalam salah satu adegan di film Cars 3.
Lightning McQueen (mobil merah) dalam salah satu adegan di film Cars 3.
© Disney-Pixar/AP Photo

Dua pekan beruntun menguasai puncak daftar film terlaris di Amerika Serikat (AS), film Wonder Woman akhirnya tersungkur oleh Cars 3. Film animasi produksi Disney dan Pixar itu mengumpulkan USD53,5 juta (Rp710,7 miliar) pada minggu pertama penayangannya, 16-18 Juni 2017.

Jika dibandingkan dua film pendahulunya, perolehan Cars 3 masih tertinggal dari segi finansial saat pertama kali tayang. Berdasarkan catatan Box Office Mojo, seri Cars 2 adalah pengumpul uang terbanyak dengan USD66,1 juta. Sementara pendapatan Cars saat rilis pada 2006 mencapai USD60,1 juta.

Beberapa pengamat dan media hiburan di negeri Paman Sam awalnya juga memprediksi Cars 3 bakal membawa pulang lebih banyak dari apa yang mereka dapat sekarang.

Situs web Entertainment Weekly menaksir angka pemasukan USD58 juta. Sementara Screen Rant memasang angka USD56 juta.

Bagian ketiga ini masih bercerita tentang Lightning McQueen (disuarakan Owen Wilson), mobil sedan merah yang sekilas mirip desain Chevrolet Corvette C1.

McQueen adalah mobil balap veteran yang terancam dipensiunkan oleh sponsor mereka karena dianggap kalah bersaing dengan mobil-mobil baru yang lebih canggih.

Tidak ingin disingkirkan begitu saja, McQueen bertekad membuktikan diri dengan bantuan teknisi bernama Cruz Ramirez (Cristela Alonzo).

"Kami sangat senang dengan pendapatan awal ini dan berharap hasil serupa terjadi di negara-negara lain. Cars terus menjadi waralaba penting bagi perusahaan kami. Reaksi terhadap cerita dan karakter baru di film ini sangat memuaskan," kata Dave Hollis, Presiden Distribusi Disney, dalam laman Hollywood Reporter.

Menyitir Deadline, selama pemutarannya di 23 negara lain, Cars 3 mengumpulkan USD21,3 juta. Secara total film yang menelan ongkos produksi USD175 juta itu sudah mengantongi USD74,8 juta.

Pendatang baru lainnya yang juga bersinar di jajaran box office adalah All Eyez On Me (Summit Entertainment), biografi drama tentang mendiang rapper Tupac Shakur.

Sempat terhalang perizinan lagu pada awal pembuatannya, film yang diarahkan Benny Boom (45) mendulang pemasukan sebesar USD27 juta saat ditayangkan oleh 2.471 bioskop yang tersebar di AS.

"Tupac adalah tokoh besar dalam budaya hiphop. Kami sangat agresif mencari formula yang tepat dalam memasarkan film ini agar bisa menarik banyak penonton," ujar Quincy Newell, Executive Vice President & General Manager Codeblack Films, satu dari tiga perusahaan yang berkongsi mendanai film All Eyez On Me.

Kisah tentang sekelompok remaja yang mencoba bertahan hidup dari teror ikan hiu ganas mungkin sudah terasa usang. Namun tetap saja punya penonton setia. Tahun lalu, The Shallows yang dibintangi Blake Lively mencatat hasil tidak terlalu mengecewakan.

Sekarang giliran 47 Meters Down dengan deretan bintang seperti Mandy Moore, Claire Holt, dan Chris J. Johnson menuai hasil tak kalah positif.

Pemasukan sebesar USD11,5 juta menghantarkan film tersebut menempati urutan kelima di bawah The Mummy yang pekan sebelumnya menjadi runner-up.

Pendatang baru paling bontot adalah drama komedi Rough Night (Columbia Pictures) yang menempati urutan ketujuh.

Walau memasang Scarlett Johansson sang pemeran Black Widow dalam waralaba Marvel Cinematic Universe (MCU), Rough Night termasuk kategori murah karena "hanya" menyedot USD20 juta untuk biaya pembuatan. Film Captain America: Civil War yang juga dibintangi Johansson menelan anggaran hingga USD250 juta.

Berikut peringkat film terlaris di Amerika Serikat periode tayang 16-18 Juni 2017 menurut akumulasi situs web pro.boxoffice.com (18/6).

1. Cars 3: USD53,5 juta (pekan 1)

2. Wonder Woman: USD40,7 juta (total 274,6 juta - pekan 3)

3. All Eyez On Me: USD27 juta (pekan 1)

4. The Mummy: USD13,9 juta (USD56,5 juta - pekan 2)

5. 47 Meters Down: USD11,5 juta (pekan 1)

6. Pirates of the Caribbean: Dead Men Tell No Tales : USD8,4 juta (USD150 juta - pekan 4)

7. Rough Night: USD8,04 juta (pekan 1)

8. Captain Underpants: USD7,3 juta (USD57,9 juta - pekan 3)

9. Guardians of the Galaxy Vol. 2: USD4,9 juta (USD374,8 juta - pekan 7)

10. It Comes At Night: USD2,6 juta (USD11,1 juta - pekan 2)

MUAT LAGI
x
BERLANGGANAN SUREL DARI KAMI

Daftarkan surel Anda untuk berlangganan sekarang.