MUSIK MANCANEGARA

Childish Gambino cetak sejarah dalam Grammy 2019

Penyanyi Childish Gambino alias Donald Glover menghadiri acara Grammy Awards ke-60 di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat (28/1/2018)
Penyanyi Childish Gambino alias Donald Glover menghadiri acara Grammy Awards ke-60 di Madison Square Garden, New York, Amerika Serikat (28/1/2018) | Jason Szenes /EPA-EFE

Penyanyi Childish Gambino cetak sejarah baru. Lewat lagu “This is America”, lelaki bernama asli Donald Glover itu menjadi penyanyi rap pertama yang memenangi Rekaman Tahun Ini dalam ajang Grammy Awards.

Gambino dan “This is America” mengalahkan nomine lain seperti “Shallow” (oleh Lady Gaga dan Bradley Cooper), “All the Stars” (Kendrick Lamar dan SZA), “I Like It” (Cardi B, Bad Bunny, dan J. Balvin), “The Joke” (Brandi Carlile), “God’s Plan” (Drake), “Rockstar” (Post Malone dan 21 Savage), dan “The Middle” (Zed, Maren Morris, dan Grey).

Kategori tersebut adalah salah satu penghargaan paling prestisius dalam Grammy. Lagu yang sama juga membuat Gambino memenangi kategori Lagu Tahun Ini, juga jadi lagu rap pertama yang memenangi kategori tersebut. Selain itu, “This is America” menggondol penghargaan Lagu Rap Terbaik dan Video Musik Terbaik.

Meski dapat empat piala, Glover (35) tak hadir dalam malam puncak penghargaan Grammy Awards ke-61 yang digelar di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat pada Minggu malam (10/2/2019) waktu setempat. Padahal, tahun lalu ia hadir.

Pidato kemenangannya dalam kategori Rekaman Terbaik diwakili Ludwig Goransson, produser “This is America”. Mereka sudah berkolaborasi sejak 10 tahun lalu.

“Saya harap Glover di sini sekarang, karena lagu ini benar-benar merupakan visinya, ia pantas mendapatkan penghargaan ini,” ungkap Goransson.

Ia melanjutkan, “Darimanapun asal Anda, Anda terhubung dengan ‘This is America’. Lagu ini bicara tentang ketidakadilan, merayakan kehidupan, dan menyatukan kita semua dalam suatu waktu.”

Video “This is America” sempat bikin heboh saat dirilis di YouTube pada bulan Mei 2018. Hingga saat ini, video tersebut sudah dilihat 483 juta kali.

CNN (7/5/2018) menulis, ada pesan-pesan tersembunyi di balik video yang tampak biasa itu. “This is America” berlatar di sebuah gudang. Glover sebagai Gambino menari sambil bertelanjang dada.

Ia menembak seseorang yang wajahnya ditutupi. Beberapa menit sesudah video berjalan, Glover juga menembaki sekelompok penyanyi gereja berkulit hitam.

Latar gudang membuat latar belakang tarian terlihat, meski agak kurang jelas. Ada kekerasan yang dilakukan polisi terhadap orang berkulit hitam, kejahatan bersenjata, dan berbagai hal lainnya. Semuanya diambil dari isu yang tengah hangat di Amerika Serikat pada saat lagu tersebut dibuat.

Meski begitu, para penari latar tampak tak terpengaruh. Ini merupakan sebuah sindiran sosial pada orang-orang yang tak peduli pada masalah besar yang melanda negeri Paman Sam.

Kemenangan besar Childish Gambino merupakan kebangkitan penyanyi rap dalam Grammy. Selama ini, mereka kerap dianggap dianaktirikan dalam ajang tahunan itu. Musisi dari genre rap, hip-hop, jarang memperoleh penghargaan yang prestisius, paling-paling hanya kategori Pendatang Baru saja.

Cardi B juga cetak sejarah

Penyanyi rap yang catat sejarah tak hanya Glover. Cardi B menjadi artis perempuan pertama yang memenangi album rap terbaik dalam Grammy Awards. Dengan album berjudul Invasion of Privacy, Cardi B mengalahkan nomine lain yaitu Nipsey Hussle, Pusha T, Travis Scott, dan mendiang Mac Miller.

Saat mengucapkan pidato kemenangan, Cardi B tampak emosional. Ia didampingi sang suami, penyanyi rap Offset dan Kulture, anak perempuan mereka yang baru berusia enam bulan.

“Ketika saya tahu saya hamil, album ini belum selesai. Jadi kami seperti harus menyelesaikannya secepat mungkin sehingga saya bisa merekam video, sebelum kehamilan saya terlihat,” ujar Cardi di atas panggung, dikutip dari Hollywood Reporter.

Invasion of Privacy adalah album studio pertama Cardi B, dirilis pada 6 April 2018 dan langsung menjadi nomor satu di tangga Billboard 200. Album ini terdiri dari lima single yaitu “Bodak Yellow”, “Bartier Cardi”, “Be Careful”, “I Like It”, dan “Ring”.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR