FILM INDONESIA

Christian Sugiono dan Luna Maya kembali jadi pasutri dalam Rumah Kentang: The Beginning

Luna Maya (kiri) dan Christian Sugiono berpose saat mengunjungi kantor Beritagar.id bersama Christian Sugiono di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (6/11/2019).
Luna Maya (kiri) dan Christian Sugiono berpose saat mengunjungi kantor Beritagar.id bersama Christian Sugiono di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (6/11/2019). | Andreas Yemmi Martiano /Beritagar.id

Mendengar “rumah kentang” mungkin yang terbayang di kepala adalah rumah angker yang menjadi bagian dari legenda urban. Ada berbagai versi rumah kentang, yang tersebar dari Jakarta hingga Bandung.

Legenda ini pernah diangkat menjadi film pada 2012 dengan pemeran utama Shandy Aulia dan Tasya Kamila. Rumah kentang yang dijadikan latar adalah rumah yang letaknya di Jakarta.

Tahun ini, legenda rumah horor ini kembali difilmkan dengan judul Rumah Kentang: The Beginning. Pemeran utamanya Christian Sugiono dan Luna Maya, dengan latar rumah yang terletak di Bandung, Jawa Barat.

Film versi 2019 kembali dibuat oleh rumah produksi Hitmaker Studios. Biasanya, film produksi Hitmaker banyak memiliki adegan berdarah. Rumah Kentang: The Beginning tidak menerapkannya.

“Kali ini agak berbeda konsepnya, kembali kepada horor pada esensinya, yaitu lebih ambience, lebih story driven, dan character driven,” ujar Luna Maya saat mengunjungi kantor Beritagar.id bersama Christian Sugiono di Tanah Abang, Jakarta Pusat, pada Rabu (6/11/2019).

Soal karakter, ini adalah kali kedua Luna dan Christian bermain dalam satu film dan memerankan pasangan suami istri. Mereka pernah jadi pasutri dalam Sabrina (2018), film horor yang juga diproduksi Hitmaker.

“Mungkin pertama kali di Sabrina dipasangin sama Luna dan penonton suka, hasilnya bagus. That’s why, mungkin pertimbangan itu juga yang membuat produser masangin lagi,” ungkap Christian.

Untuk perannya, Christian dan Luna tidak riset ke rumah kentang yang asli. “Tapi sebelum syuting ada coaching, skrip, reading. Nah di situ kami manfaatkan untuk bertanya apapun yang mau ditanya, meng-explore apapun yang ingin kami explore,” jelas Christian.

Syuting di Bandung memiliki tantangan sendiri bagi suami aktris Titi Kamal itu. “Ada satu adegan yang cukup menyiksa buat gue yaitu ketika jalan di lorong kecil, dan kita harus merangkak, di bawah ada pasir jadi tangan, lutut jadi luka-luka. Itu syutingnya secara teknik cukup susah karena one shot, dan jam 5 pagi,” kisah Christian.

“Mudah-mudahan bisa memuaskan ekspektasi orang terhadap film genre ini lagi, kita tahu lagi banyak film-film horor bagus lagi tayang dengan cerita yang berbeda-beda dengan kualitas yang bagus-bagus,” ujar Luna.

Christian menambahkan, “Mudah-mudahan film ini bisa membuat penonton jadi tahu jalan cerita sebenarnya, kenapa disebut rumah kentang. Juga semoga film ini bisa diterima dan dijadikan pembicaraan lagi.”

Rumah Kentang: The Beginning bercerita tentang pasangan suami istri Adrian (Christian Sugiono) si novelis dan istrinya, Sophie (Luna Maya) yang bekerja sebagai ilustrator untuk novel Adrian. Untuk mencari ide baru, mereka kembali ke rumah masa kecil Sophie yang sudah lama tidak dikunjungi, sejak kedua orangtua Sophie tiba-tiba menghilang tanpa jejak.

Kini ditemani ketiga anaknya, Nina (Davina Karamoy), Nala (Nicole Rossi), dan Bayu (Rayhan Vandenmoort), dan bibi (Jajang C Noer), Sophie akhirnya berani menginjakkan kaki kembali di rumah tersebut. Anehnya, gangguan demi gangguan seolah tidak perlu menunggu lama untuk menyerang mereka. Gangguan mereka hiraukan sampai saat Nina tiba-tiba menghilang tanpa jejak.

Mereka harus mencari tahu apa yang sebenarnya terjadi di rumah ini, sebuah rumah yang berdiri di perkebunan kentang. Seorang warga desa, Dadang (Epy Kusnandar), memberitahu bahwa tidak hanya Nina yang berada dalam bahaya, tapi mereka sekeluarga.

Rumah Kentang: The Beginning akan tayang pada 21 November.

Kunjungan Film: Luna Maya hampir muntah di salah satu adegan Rumah Kentang /Beritagar ID

Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan rekan media untuk film Rumah Kentang: The Beginning

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR