FILM INDONESIA

Citra Kirana cerita menjadi ibu hamil di Satu Suro

Sutradara, produser, dan pemain Satu Suro pada Kamis (31/01/2019) di CGV Grand Indonesia, Jakarta.
Sutradara, produser, dan pemain Satu Suro pada Kamis (31/01/2019) di CGV Grand Indonesia, Jakarta. | Sherin Angjaya /Beritagar.id

Citra Kirana berbagi cerita tentang pengalaman berperan menjadi ibu hamil dalam film Satu Suro.

Dalam Satu Suro, Ciki –sapaan akrab Citra Kirana— mengaku lebih mendalami perannya sebagai ibu hamil dibandingkan beberapa waktu lalu saat ia juga memerankan tokoh ibu hamil dalam Asih.

Dalam Satu Suro, Ciki berperan sebagai Adinda, seorang ibu yang sedang hamil tua dan sangat ketakutan. Agar lebih menjiwai peran tersebut, ia meminta pendapat ibu dan kakaknya tentang bagaimana gerak-gerik ibu hamil.

Ciki menceritakan kepada rekan media saat konferensi pers pada Kamis (31/01/2019) di CGV Grand Indonesia, Jakarta, bahwa ia berlatih jalan, jatuh, serta bernafas sebagai seorang ibu hamil. Selama syuting, ia pun harus “membawa” perut buatan yang menyerupai perut ibu yang hamil tua (dicetak khusus) agar terlihat natural.

Selain itu, Ciki melatih diri untuk berekspresi menangis dan merasa ketakutan. Karena karakter Adinda ditampilkan sebagai perempuan yang selalu merasa ketakutan dari awal hingga akhir film.

Satu Suro menceritakan seorang ibu hamil Adinda yang ditinggal oleh suaminya, Bayu (Nino Fernandez), untuk sementara waktu karena pekerjaan di kota lain. Padahal mereka baru saja pindah rumah.

Di rumah baru tersebut, Adinda mendapatkan gangguan dari makhluk halus yang aneh dan menyeramkan. Hal itu membuatnya tidak nyaman dan merasa ketakutan.

Ketika Adinda menceritakan gangguan yang dialaminya ke Bayu. Sang suami tidak menggubrisnya, walaupun ia sempat terganggu oleh makhluk tak kasat mata. Sampai akhirnya, gangguan makhluk halus itu semakin mengganggu hingga menjelang persalinan Adinda.

Film yang disutradarai Anggy Umbara ini terinspirasi dari malam satu Sura (satu Suro atau satu Muharam). Malam tersebut telah menjadi legenda urban yang cukup terkenal di tanah Jawa. Bagi orang Jawa yang masih memegang teguh adat-istiadat, malam satu Sura adalah malam keramat yang dipercaya sebagai waktu makhluk halus berkumpul.

Selain Ciki dan Nino, film dibintangi pula oleh Alexandra Gottardo, Willem Bevers, Yatie Surachman, Novie Chandra, Ence Bagus, Haydar Salishz, dan lainnya. Film dapat Anda tonton mulai 7 Februari mendatang.

Penulis: Sherin Angjaya
Catatan redaksi: Beritagar.id merupakan mitra media film Satu Suro
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR