FILM HOLLYWOOD

Cuplikan Lion King di antara rekor dan orisinalitas

Seekor singa mengeluarkan auman dari atas bukit dalam cuplikan (trailer) film Lion King yang dirilis Disney ke Youtube, Sabtu (22/11/2018).
Seekor singa mengeluarkan auman dari atas bukit dalam cuplikan (trailer) film Lion King yang dirilis Disney ke Youtube, Sabtu (22/11/2018). | Walt Disney Studios /Youtube

Proyek Disney dalam menghidupkan film animasi Lion King mulai menjanjikan. Cuplikan (trailer) pertama film live-action Lion King tak butuh waktu lama untuk mencetak rekor setelah dirilis.

Hanya dalam 24 jam pertama sejak diluncurkan ke semua platform online, Kamis (22/11/2018), film garapan Jon Favreau -- sutradara The Jungle Book -- itu langsung mencatat 224,6 juta views secara global. Hal itu diungkap Akun Twitter Disney Studio.

Itu adalah angka terbanyak yang pernah diraih Disney hanya dalam satu hari. Jumlah itu hanya kalah dari total raihan cuplikan Avengers: Infinity War yang mencatat 238 juta views secara global.

Sementara di platform Youtube, hingga Rabu (28/11), cuplikan Lion King sudah mencatat 46,3 juta views. Bahkan videonya masuk 25 besar daftar tren.

Variety, Sabtu (24/11), menjelaskan strategi Disney yang merilis cuplikan pada hari Kamis adalah memanfaatkan momentum tradisi Thanksgiving di Amerika Serikat (AS). Disney pun dengan sengaja mereplika adegan pembuka film animasi Lion King (1994) dalam cuplikan versi hidupnya.

"Segala yang bercahaya adalah kerajaan kita," tutur Mufasa, sang Raja, ketika kamera menampilkan belantara Afrika dengan segala hewan.

Suara Mufasa diisi oleh aktor James Earl Jones yang juga menjadi penyulih suara dalam versi animasi. Adapun suara tokoh utama Simba akan diisi oleh Donald Glover, aktor pemeran Lando Calrissian dalam film tunggal Han Solo dari waralaba Star Wars.

Selain mereka berdua; diva Beyonce akan mengisi suara karakter Nala, Chiwetel Ejiofor sebagai Scar, dan Alfre Woodard sebagai Sarabi -- induk Simba. Satu sorotan mengarah kepada Beyonce karena aksen Texas-nya tak cocok untuk menyuarakan Nala. Namun, Senin (26/11), Refinery29 yakin bahwa penyanyi 37 tahun itu akan "bermain" bagus.

Lion King versi hidup juga disebut dengan versi full CGI (computer generated image). Hidup artinya benar-benar menampilkan binatang layaknya sungguhan.

Jadi; Favreau seolah mengulangi film live-action bikinannya, The Jungle Book (2016). Namun, ada perbedaan menyolok antara dua film ini.

The Jungle Book menggunakan CGI, tapi tidak pada tokoh utama Mowgli yang diperankan oleh Neel Sethi. Sedangkan Lion King hanya melibatkan suara manusia dan seluruh gambar adalah kreasi CGI.

Lion King akan mulai diputar di bioskop pada 19 Juli 2019. Disney pun berharap film ini mengekor kesuksesan versi hidup Beauty and The Beast (2017) yang mencetak rekor box office.

Setelah ini, Disney pun masih memiliki sejumlah proyek. Antara lain versi baru Dumbo, Aladdin, Lady and the Tramp, dan Mulan.

Kritikan dan pujian

Meski mencetak rekor, aksi Disney dalam menghidupkan film-film animasinya tidak luput dari kritik. NME menyebut versi hidup pembuatan ulang film animasi (remake) hanya akan mengecewakan penonton.

NME, Selasa (27/11), mengakui bahwa Disney tetap mendulang sukses dari keputusannya. Misalnya saja versi hidup Alice In Wonderland yang menghasilkan $1 miliar AS dari box office. dan beberapa film lain seperti sudah disebut di atas tak tertinggal jauh.

Jadi, kritik NME adalah soal orisinalitas. Kehebatan Disney dalam membuat film animasi dan versi hidup tidak diragukan, tapi mereka tak bisa menjual momentum.

"Orang dewasa datang ke bioskop dengan kenangan film orisinal. Mereka bukan orang masa lalu. Menghidupkan film animasi hanya fotokopi, kelihatan dan terasa orisinal tapi kurang otentik," tulis NME.

Lion King memang film (animasi) legendaris dari masa 90-an. Dan Screenrant menyatakan Disney dan Favreau memiliki kesempatan untuk menyempurnakan sosok binatang hyena dalam tokoh Scar melalui versi hidup ini.

Dalam versi animasi, kelompok hyena yang dipimpin Scar digambarkan brutal dan bodoh. Sementara singa dan para sekutunya ditunjukan cerdas, mulia, dan banyak akal.

Dalam kehidupan alami, singa dan hyena memang bersaing untuk memperebutkan makanan serta daerah. Namun, sejumlah penelitian menunjukkan bahwa hyena juga cerdas dan memiliki keterampilan bertahan hidup secanggih singa.

Di sisi lain, versi hidup Lion King juga membingungkan bagi sejumlah orang. Washington Post menunjukkan bagaimana beberapa orang tidak tahu apa yang dimaksud dengan sinema live-action.

Mereka berpikir Lion King akan benar-benar menampilkan Beyonce dalam kostum singa. Namun sutradara Aquaman, James Wan, melalui Twitter memuji cuplikan Lion King dan Favreau yang disebutnya legenda.

BACA JUGA