FILM HOLLYWOOD

Cuplikan terbaru Aladdin disambut baik oleh penggemar

Penampilan aktor Mena Massoud (kiri) dan Will Skith dalam film Aladdin
Penampilan aktor Mena Massoud (kiri) dan Will Skith dalam film Aladdin | Disney

Disney merilis cuplikan terbaru film Aladdin di situs pengaliran video Youtube pada Selasa (12/3/2019). Video berdurasi dua menit 15 detik itu merupakan trailer penuh, berbeda dari cupilikan pada Februari lalu yang hanya berupa teaser.

Respons penggemar terhadap dua video itu sangat berbeda. Saat artikel ini ditulis, cuplikan terdahulu dilihat 8,3 juta kali, dengan perbandingan like dan dislike mencapai 66 ribu melawan 108 ribu.

Sementara, cuplikan baru Aladdin dilihat 8,6 juta kali, dengan perbandingan like dan dislike mencapai 202 ribu melawan 17 ribu.

Saat dirilis pun, video teaser dibanjiri oleh cercaan dari para penggemar Disney. Meski penampilan Will Smith sebagai Genie hanya sekian detik, warganet langsung menghakiminya. Sebagian beranggapan, penampilan Smith sebagai Genie terlalu aneh dan menakutkan.

Ia punya ciri khas seperti Genie dalam film animasi Aladdin (1992). Contohnya, rambut dikuncir, dagunya berjanggut, dan memiliki telinga berujung tajam. Badannya sangat besar dan tentu saja berwarna biru.

Hanya saja, Genie versi Smith tampil kekar dan berotot. Pencitraan komputernya (CGI) diejek sebagai hal yang buruk.

Trailer terbaru memupus anggapan negatif terhadap penampilan Smith sebagai Genie. Komentar-komentar negatif masih muncul sesekali, tapi komen bernada positif soal Smith juga tidak kalah ramai.

Cuplikan ini seperti menyiratkan bahwa bintang film Independence Day (1996) itu tak akan terus menerus tampil sebagai sebagai Genie berwujud biru. Ia jelas muncul dalam wujud asli saat Aladdin (Mena Massoud) menggosok lampu ajaib untuk memanggil Genie, si jin ramah yang mengabulkan tiga permintaan.

Namun, dalam beberapa adegan, Smith tampil seperti manusia normal. Ini sesuai seperti saat Disney merilis foto promosi pertama Aladdin, yang menampilkan Smith dalam wujud manusia biasa dengan busana khas Timur Tengah. Laiknya pahlawan super, tampaknya Genie juga butuh samaran agar bisa berbaur di tengah masyarakat.

Smith sebagai Genie juga tampil kocak. Contohnya; memunculkan parade di dalam gua, mendorong Aladdin untuk mendekati Putri Jasmine (Naomi Scott), dan menggunakan berbagai kekuatan ajaibnya.

Meski nama baik Smith relatif diperbaiki oleh cuplikan kedua, ada beberapa hal yang masih jadi cercaan warganet.

Hal yang dipermasalahkan masih sama. Sebagian menyebut penampilan fisik dan suara Marwan Kenzari sebagai Jafar tak meyakinkan, tidak seseram karakter Jafar pada film animasi yang diisi suara oleh Jonathan Freeman.

“Saya menerima penampilan Genie sekarang, CGI sudah lebih bagus. Jafar tetap tak terdengar meyakinkan sebagai penjahat. Namun, sekarang saya lebih tertarik!” komen pengguna Youtube dengan nama akun Kemi.

Selain itu, beberapa orang juga mempermasalahkan mengapa film Aladdin, kisah ekranisasi satu cerita dalam kumpulan dongeng "Kisah 1001 Malam" khas Timur Tengah, memiliki setting pakaian, bangunan, dan tarian yang lebih mirip film India alias Bollywood daripada Arab.

“Bagiku, cuplikan ini memberi kesan bahwa Aladdin itu orang India, bukan orang Arab. Saya tak ingat pernah membaca yang seperti ini dari kisah 1001 Malam,” komen seorang pengguna Youtube dengan nama akun Hakan. K.

Aladdin mengisahkan Aladdin, pencopet yang menemukan sebuah lampu ajaib. Isinya Genie, jin baik hati yang bisa mengabulkan permintaan. Aladdin ingin Genie mengubahnya jadi pangeran, agar bisa mendekati Putri Jasmine anak Raja Agrabah.

Namun, seorang penasehat kerajaan bernama Jafar rupanya juga mengincar Jasmine demi tahta kerajaan. Untuk itu, ia menginginkan lampu ajaib Aladdin.

Film Aladdin versi 2019 disutradarai oleh Guy Ritchie. Film ini akan tayang di Amerika Serikat pada 24 Mei 2019.

Lagu dari film lawas

Cuplikan baru Aladdin juga memperlihatkan hal ikonik dari film animasi lawasnya yaitu lagu “A Whole New World” yang dinyanyikan Aladdin dan Jasmine saat keduanya menaiki karpet ajaib untuk mengelilingi dunia.

Ini merupakan perekaan ulang dari adegan dalam film lawas. Aladdin versi animasi memopulerkan lagu "A Whole New World" yang dinyanyikan Peabo Bryson dan Regina Belle. Lagu tersebut memenangi Oscar sebagai Lagu Orisinal Terbaik.

Selain lagu, cuplikan Aladdin juga memunculkan Abu, monyet peliharaan Aladdin. Secara sekilas, Iago juga muncul. Ia adalah burung kakaktua peliharaan Jafar.

Dalam versi animasi, Iago bisa bicara dan membantu Jafar dalam melancarkan niat jahatnya. Dalam versi live action, ia diisi suara oleh Alan Tudyk, tapi dua cuplikan Aladdin belum menampilkan suara Tudyk sebagai si burung kakaktua.

Disney's Aladdin Official Trailer - In Theaters May 24! /Walt Disney Studios
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR