FILM HOLLYWOOD

Cuplikan terbaru Aladdin tuai cercaan

Penampilan Will Smith sebagai Genie dalam Aladdin versi 2019.
Penampilan Will Smith sebagai Genie dalam Aladdin versi 2019. | Walt Disney

Disney telah merilis cuplikan terbaru untuk film Aladdin pada Minggu (10/2/2019). Meski video berjudul Disney’s Aladdin - Special Look itu hanya berdurasi 1 menit, tapi sosok Genie yang diperankan Will Smith akhirnya ditampilkan dalam wujud aslinya.

Dalam trailer pertama yang dirilis pada Oktober 2018, karakter ini tak muncul. Dua bulan kemudian, Smith muncul dalam foto promosi Aladdin, tapi tampil dalam wujud manusia biasa yang berpakaian khas Timur Tengah.

Saat itu, aktor Bad Boys (1995) tersebut tak mirip dengan jin biru berbadan besar pengabul tiga permintaan yang muncul dalam film animasi Aladdin (1992). Film ini menggunakan suara mendiang Robin Williams.

Dalam cuplikan terbaru, Smith muncul mirip seperti Genie versi animasi. Rambutnya dikuncir, berjanggut, dan memiliki telinga berujung tajam. Badannya sangat besar dan tentu saja berwarna biru.

Hanya saja, Genie versi Smith tampil kekar dan berotot. Wajah Smith masih dikenali dalam Genie versi baru itu.

Entah hal itu berhubungan atau tidak, respons penonton terhadap Genie versi Smith sangat buruk. Saat artikel ini dibuat, Senin (11/2), jumlah like dan dislike dalam video Aladdin nyaris berimbang; 17 ribu melawan 14 ribu. Biasanya, video cuplikan film punya dislike yang jauh lebih sedikit dari like yang mereka raih.

Berbagai komentar negatif pun bermunculan. Jika membaca komentar-komentar pada video ini, jarang sekali menemukan komentar bernada positif.

Ada yang menganggap tampilan CGI “Will Smith biru” sangat jelek dan tak pantas dirilis oleh perusahaan film sekelas Disney. “Will Smith terlihat seperti seorang Smurf yang mengalami lonjakan pertumbuhan,” tulis seorang komentator dengan identitas Alex Jones.

Komentar-komentar serupa bermunculan di Twitter.

Yang dapat komentar negatif tak hanya penampilan "Will Smith biru", tapi juga Marwan Kenzari sebagai Jafar. Sebagian menyebut penampilan fisik dan suaranya tak meyakinkan, tidak seseram karakter Jafar pada film animasi yang diisi suara oleh Jonathan Freeman.

"Ketika saya melihat dan mendengar Jafar, saya pikir ini video cuplikan palsu. Ini mirip seperti seseorang membuat parodi film ini," tulis komentator dengan identitas Yourall Dumb. Beberapa menyebut suara Kenzari sebagai Jafar terdengar seperti anak lelaki usia di bawah 20.

Marwan Kenzari sejatinya sudah berusia 36. Aktor kelahiran Belanda ini memiliki darah Timur Tengah, tepatnya dari orangtua berdarah Maroko.

Sebenarnya ia juga bukan sembarang aktor karena sudah pernah bermain dalam Ben-Hur (2016) dan Murder on the Orient Express (2017). Kenzari juga pernah memenangi Aktor Terbaik Festival Film Belanda 2013 lewat penampilannya dalam film Wolf.

Sementara ada juga yang merespons negatif penampilan Mena Massoud sebagai Aladdin dan Naomi Scott sebagai Putri Jasmine. Namun relatif tidak sebanyak cercaan yang menerpa Smith dan Kenzari.

Film Aladdin versi 2019 disutradarai oleh Guy Ritchie. Mantan suami diva Madonna ini dikenal sebagai sutradara film action seperti Snatch (2000) dan Sherlock Holmes (2009). Aladdin akan tayang pada 24 Mei 2019.

Aksi Disney mengadaptasi ulang film animasinya menjadi live action dipengaruhi kesuksesan Jungle Book (2016) dan Beauty and the Beast (2017) di tangga box office.

Selain Aladdin, Disney juga sedang mempersiapkan versi hidup dari Dumbo, The Lion King, Cruella (dari 101 Dalmatian), Tinker Bell (dari Peter Pan), Mulan, dan Little Mermaid.

Disney's Aladdin - Special Look: In Theaters May 24 /Walt Disney Studios
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR