Daftar film yang akan tayang sepanjang 2016

Beberapa film yang diangkat dari karakter DC Comics (kiri) dan Marvel akan bersaing memperebutkan atensi para penonton sepanjang 2016
Beberapa film yang diangkat dari karakter DC Comics (kiri) dan Marvel akan bersaing memperebutkan atensi para penonton sepanjang 2016 | Kiagus Aulianshah/Beritagar.id

Tidak berlebihan jika menilai industri perfilman dunia pada tahun 2016 akan menjadi arena pertarungan Marvel dan DC Comics, dua perusahaan raksasa penghasil berbagai karakter komik ikonis.

Keduanya tidak ragu menggelontorkan dana ratusan juta dolar dan menggaet para pemain ternama untuk membintangi film-film produksi mereka.

Marvel didukung Walt Disney Studios dan 20th Century Fox akan menghadirkan Captain America: Civil War (6 Mei), Doctor Strange (4 November), Deadpool (12 Februari), X-Men: Apocalypse (27 Mei), dan Gambit (7 Oktober).

DC Comics dengan sokongan Warner Brothers Pictures (WB) menyodorkan Batman V Superman: Dawn of Justice (25 Maret) dan Suicide Squad (5 Agustus).

Meski hanya dua judul, DC dan WB diprediksi akan membuat ledakan besar mengingat dalam dua film tersebut hadir tokoh-tokoh komik ikonik lain, mulai dari Aquaman, Wonder Woman, Deadshot, Rick Flag, Harley Quinn, hingga Joker.

Layar bioskop juga akan diramaikan dengan kehadiran dua waralaba film ternama; Star Trek Beyond (22 Juli) dan Rogue One: A Star Wars Story (16 Desember).

Siapa yang berjaya? Waktu akan menjawabnya.

Ada banyak film lainnya yang juga siap mencuri perhatian para moviegoers sepanjang tahun 2016. Membuat daftarnya adalah perkara gampang-gampang susah. Gampang untuk film mancanegara.

Namun, berlaku sebaliknya bagi film Indonesia. Pasalnya, film-film di Hollywood telah jauh hari memancang jadwal perilisannya, bahkan telah bisa kita saksikan cuplikan filmnya melalui YouTube.

Sementara film-film Indonesia -meski telah menyelesaikan keseluruhan tahap produksi sekalipun- sebagian besar belum bisa memastikan jadwal tayangnya.

Jika pun telah ada yang memajang trailer atau poster filmnya, paling banter dibubuhi tulisan coming soon tanpa merinci kapan filmnya akan tayang di bioskop.

Pernyataan Angga Sasongko (sutradara Cahaya dari Timur: Beta Maluku) dalam acara Muvila Talk mungkin bisa dijadikan salah satu rujukan jawaban.

"Dengan jumlah film Indonesia yang bisa mencapai 150 film dalam setahun, mencari tanggal lowong untuk rilis di bioskop itu susah banget," katanya.

Meski kurang akurat -menurut data situs filmindonesia.or.id, total jumlah film Indonesia yang tayang di bioskop tahun 2015 mencapai 110 judul, sementara tahun 2014 mencapai 111 judul- apa yang diungkapkan Angga menjadi alasan paling masuk akal.

Pasalnya, para produser harus berjibaku mematok tanggal perilisan di bioskop yang hanya dikuasai oleh tiga jaringan; Cinema 21/XXI, GVC Blitz, dan Cinemaxx. Ketiganya kini telah menghadirkan total 1.088 layar yang menjangkau 48 kabupaten/kota di 23 provinsi.

Angka tersebut memang meningkat jika dibandingkan dengan data pada penghujung tahun 2014. Direktorat Pengembangan Industri Perfilman kala itu mengungkapkan bahwa total Indonesia telah memiliki 1002 layar yang berada di dalam 204 bioskop.

Sebuah angka yang masih dianggap kurang jika mengingat sejarah saat kita pernah punya 2.600 bioskop dengan 2.853 layar pada era 90-an. Padahal, saat itu total penduduk di negeri ini belum mencapai lebih dari 240 juta orang seperti sekarang.

Tengok saja misalnya Jepang yang populasinya sekitar 127 juta penduduk (hingga Oktober 2014) namun memiliki 3.364 layar.

Geliat dan produktivitas sineas tanah air tidak dibarengi dengan meningkatnya infrastruktur, dalam hal ini bioskop, yang notabene merupakan salah satu mata rantai penting dalam industri perfilman.

Tambah lagi kebijakan para pemilik jaringan bioskop yang lebih condong membela film-film impor, terutama Amerika Serikat. Pun inkonsistensi pemerintah menegakkan hukum dalam upaya melindungi film nasional.

Alih-alih menjalankan amanat UU No. 33 tahun 2009 tentang perfilman yang mewajibkan pelaku usaha pertunjukan film untuk mempertunjukkan film Indonesia sekurang-kurangnya 60% dari seluruh jam pertunjukkan film yang dimilikinya selama enam bulan beruntun, yang terjadi malah sebaliknya. Akibatnya film nasional semakin tidak memiliki napas panjang.

Catherine Keng selaku Corporate Secretary Cinema XXI kepada Tabloid Kabar Film mengatakan bahwa yang paling mendesak untuk dilakukan pemerintah dan perfilman Indonesia adalah meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap film Indonesia.

"Penonton harus ditumbuhkan minat dan seleranya kepada film Indonesia. Kalau kebijakan jangka pendek seperti 'wajib tayang' yang diambil, bisa dipastikan penonton film Indonesia tidak bertambah dan malah bioskop yang akan gulung tikar," ujar Catherine.

Tren film 2016

Apa saja film-film penghias layar bioskop sepanjang tahun 2016 tampaknya tidak akan banyak berubah dengan apa yang telah tersaji sepanjang 2015.

Masih akan ada film waralaba entah dalam bentuk prekuel, sekuel, spin-off, remake, reboot dan entah apa lagi sebutan lainnya.

Adaptasi karya novel ke dalam film (ekranisasi) juga masih akan ramai. Pun Dreamworks dan Pixar bersama Disney sebagai perusahaan induknya juga masih akan menyodorkan berbagai film animasi.

Biopik tokoh-tokoh ternama juga tetap jadi proyek menggiurkan bagi beberapa produser. Sementara itu, film-film dengan naskah cerita orisinal diharapkan juga masih akan bertaji di tengah kepungan berbagai film hasil adaptasi atau daur ulang tadi.

Itu belum ditambah dengan kehadiran deretan film nonbioskop, laiknya Another Trip to the Moon dan Siti (film terbaik di Festival Film Indonesia 2015), yang dijamin masih akan subur.

Hanya saja, menurut Adrian Jonathan, pendiri dan editor Cinema Poetica (media daring kritik dan kajian film), sangat susah mengetahui kapan film-film kategori ini akan dirilis.

Satu film kategori nonbisokop yang disebutnya besar kemungkinan akan tayang pada 2016 adalah Ziarah. Cuplikan film karya BW Purba Negara itu sudah diunggah di Vimeo.

Yusron Fuadi, sutradara film pendek Young Man and the Sea (2012) dan Pendekar Kesepian (2014), kemungkinan juga akan menayangkan film panjang perdananya, Tengkorak, dari festival ke festival seperti dua film pendek terdahulunya.

Apa saja deretan film lainnya yang bisa anda saksikan sepanjang tahun monyet api? Berikut beberapa yang bisa jadi pilihan.

Catatan redaksi: Jadwal sewaktu-waktu dapat berubah

Pahlawan super

Deadpool salah satu komik buatan Marvel yang filmnya diproduksi 20th Century Fox
Deadpool salah satu komik buatan Marvel yang filmnya diproduksi 20th Century Fox | foxmovies.com

Marvel lewat Walt Disney seolah tak punya lawan sepadan di ranah ini. Tahun 2016 akan menjadi pembuktian kedigdayaan mereka. Pasalnya, para pahlawan super milik DC Comics lewat suntikan dana Warner Brothers Pictures siap menjadi penantang.

Beberapa mungkin saja tetap optimistis bahwa kongsi Marvel dan Disney tetap akan berjaya seturut telah mapannya langkah dan strategi yang telah tersusun.

Salah satunya dengan pembentukan Marvel Cinematic Universe di mana setiap film superhero produksi mereka memiliki keterkaitan cerita satu sama lain.

Sementara DC dan Warner Bros. masih meraba-raba kekuatan, antara mencari strategi yang pas untuk memukul mundur Iron Man dan komplotannya, atau -jika tak mau dibilang keder- belum percaya diri.

Ini bisa dilihat dari beberapa kali penundaan jadwal tayang film Batman v Superman: Dawn of Justice yang semula dipatok 17 Juli 2015, lantas bergeser menjadi 25 Maret 2016.

Penundaan tersebut menurut sebagian pihak merupakan bukti film ini enggan bersaing dengan Ant-Man yang dirilis 17 Juli 2015.

Namun, jangan lupakan juga kehadiran beberapa film produksi studio lainnya, semisal 20th Century Fox yang meski gagal dengan Fantastic Four tetap akan maju dengan Deadpool (12 Februari), Gambit (7 Oktober), dan X-Men: Apocalypse(27 Mei), tiga karakter komik milik Marvel yang masih mereka pegang hak ciptanya .

Setelah Garuda Superhero yang "babak belur", Indonesia melalui Skylar Pictures juga berencana merilis film pahlawan super berjudul Valentine (sutradara Agus Pestol).

Deadpool (26 Februari)

Deadpool | Red Band Trailer [HD] | 20th Century FOX /20th Century Fox

Batman v Superman: Dawn of Justice (25 Maret)

NEW "Batman v Superman: Dawn of Justice" Trailer /Jimmy Kimmel Live

Captain America: Civil War (6 Mei)

Captain America: Civil War - Trailer World Premiere /Jimmy Kimmel Live

X-Men: Apocalypse (27 Mei)

X-MEN: APOCALYPSE | Official Trailer [HD] | 20th Century FOX /20th Century Fox

Suicide Squad (5 Agustus)

Suicide Squad – Comic-Con First Look (Official) /DC Entertainment

Valentine (tanggal rilis belum diumumkan)

Valentine (2016) Official Teaser Trailer #1 Film Indonesia HD /TrailerID

Animasi/Live-Action

Finding Dory produksi Walt Disney akan tayang mulai 17 Juni 2016
Finding Dory produksi Walt Disney akan tayang mulai 17 Juni 2016 | fandango.com

Selepas Battle of Surabaya garapan MSV Pictures yang di luar perkiraan ternyata "hanya" mampu menyedot perhatian 67.424 penonton, tidak ada lagi kabar mengenai film animasi lokal apa saja yang akan dirilis tahun 2016. Beda cerita jika sudah menyinggung apa saja film animasi produksi mancanegara, terutama Hollywood.

Berikut beberapa yang bisa dijadikan pilihan menonton bersama keluarga.

Kung Fu Panda 3 (29 Januari)

Kung Fu Panda 3 Official Trailer #2 (2016) Jack Black, Angelina Jolie Animated Movie HD /Zero Media

Zootopia (4 Maret)

Zootopia Official US Sloth Trailer /Walt Disney Animation Studios

The Jungle Book (15 April)

The Jungle Book Official Trailer #1 (2016) Scarlett Johansson Live-Action Disney Movie HD /Zero Media

The Angry Birds Movie (20 Mei)

The Angry Birds Movie Official Trailer #1 (2016) Jason Sudeikis, Peter Dinklage Animated Movie HD /Zero Media

Finding Dory (17 Juni)

Finding Dory Official Trailer #1 (2016) Ellen DeGeneres Animated Movie HD /Zero Media

Ice Age: Collision Course (22 Juli)

Ice Age: Collision Course | Official Trailer [HD] | 20th Century FOX /20th Century Fox

Sekuel, prekuel, spin-off, remake, reboot

Salah satu unggulan Disney yang akan meluncur pengujung 2016, Rogue One - A Star Wars Story
Salah satu unggulan Disney yang akan meluncur pengujung 2016, Rogue One - A Star Wars Story | starwars.com

Tamatnya kisah pemberontakan Katniss Everdeen dalam The Hunger Games, tidak lantas membuat 2016 akan sepi dengan sajian film hasil sekuel, prekuel, spin-off, remake, dan reboot.

Masih ada duo Shailene Woodley dan Theo James yang akan hadir dalam film pamungkas The Divergent Series yang berjudul Allegiant. Film arahan Robert Schwentke itu akan tayang 18 Maret.

Jangan lupakan juga sekuel Now You See Me (10 Juni) yang ketambahan sosok Daniel Radcliffe, pasangan Alexander Skarsgard dan Margot Robbie dalam The Legend of Tarzan (1 Juli), serta kuartet Chris Hemsworth, Charlize Theron, Jessica Chastain, dan Emily Blunt dalam jajaran pemainThe Huntsman (22 April).

Dari tanah air, Falcon Pictures yang telah membeli hak cipta menggunakan nama Warkop DKI juga berencana meluncurkan film bertajuk Warkop DKI Reborn. "Kami akan bekerja keras agar film ini bisa tayang pas lebaran (2016)," ujar Indro, satu-satunya personel Warkop DKI tersisa dilansir Bintang (17/11/2015).

Lanjutan romantika asmara Cinta dan Rangga dalam Ada Apa Dengan Cinta 2 juga diyakini masih akan menjadi magnet bagi penonton, meski kali ini minus Ladya Cheryl sang pemeran Alya.

MD Pictures akan meluncurkan prekuel film Habibie & Ainun (2014). Bahan ceritanya diambil dari buku biografi berjudul "Rudy, Kisah Masa Muda Sang Visioner" karya Gina S. Noer. Film tersebut dijadwalkan tayang Desember 2016.

Star Wars juga memilih pengujung tahun sebagai momen perilisan film Rogue One yang kisahnya berlangsung sebelum Episode IV: A New Hope (1977).

Star Trek Beyond (22 Juli) yang diproduseri J.J. Abrams akan melanjutkan petualangan Kapten Kirk (Chris Pine) seperti yang sebelumnya tersaji dalam Star Trek Into Darkness (2013).

Crouching Tiger, Hidden Dragon: Sword of Destiny (26 Februari)

Crouching Tiger, Hidden Dragon: Sword of Destiny - Trailer - Netflix [HD] /Netflix US & Canada

Ada Apa Dengan Cinta 2 (April)

Ada Apa Dengan Cinta 2 | Official Teaser #AADC2 /Miles Films

Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows (3 Juni)

Teenage Mutant Ninja Turtles: Out of the Shadows Official Trailer #1 (2016) - Megan Fox Movie HD /Movieclips Trailers

Independence Day: Resurgence (24 Juni)

Independence Day: Resurgence | Official Trailer [HD] | 20th Century FOX /20th Century Fox

Star Trek Beyond (22 Juli)

Star Trek Beyond - Trailer (2016) - Paramount Pictures /Paramount Pictures

Fantastic Beasts and Where to Find Them (18 November)

Fantastic Beasts and Where to Find Them – Teaser Trailer – Official Warner Bros. UK /Warner Bros. UK

Biopic

Empat bintang utama dalam film 3 Srikandi (dari kiri); Reza Rahadian, Chelsea Islan, Tara Basro, dan Bunga Citra Lestari
Empat bintang utama dalam film 3 Srikandi (dari kiri); Reza Rahadian, Chelsea Islan, Tara Basro, dan Bunga Citra Lestari | Nico Wijaya/3 Srikandi

Satu hal menarik dalam genre ini pada 2016 adalah adanya dua film berbeda namun menggambarkan satu sosok yang sama. Ambil contoh Kartini arahan Hanung Bramantyo dan Surat Cinta untuk Kartini yang disutradarai Azhar "Kinoi" Lubis.

Meski membuat dua film dari satu tokoh yang sama, Lukman Sardi yang bertindak sebagai tim kreatif dalam film Surat Cintak untuk Kartini menegaskan bahwa versi mereka berbeda dengan yang dikerjakan Hanung karena akan lebih banyak fiksinya.

"Sejarah soal Kartini tetap akan ada. Perihal surat-suratnya, tahunnya, apa yang dia lakukan, itu semua pasti ada. Tapi tukang posnya sendiri itu fiksi. Ceritanya fiksi," kata Lukman menukil dari Bintang.

Hanung telah mematok tanggal 21 April yang bertepatan dengan Hari Kartini sebagai momentum tayang. Sementara Lukman yang didukung MNC Pictures belum menentukan tanggal.

Satu biopik serupa tapi tak sama lainnya adalah tentang Enzo Ferrari, pendiri tim balap mobil Scuderia Ferrari. Pemeran dua film tersebut adalah Robert De Niro dan Christian Bale.

Ferrari versi De Niro akan bercerita panjang sejak 1940 hingga 1988 (tahun meninggalnya Enzo pada usia 90). Bale hanya akan menggambarkan sosok berjuluk "Il Commendatore" alias "Sang Komandan" itu pada dekade 1950-an.

Perjuangan tiga atlet panahan Indonesia, Nurfitriyana Saiman, Kusuma Wardhani, dan Lilies Handayani, merebut medali perak di Olimpiade Seoul 1988 juga akan dituangkan dalam film 3 Srikandi.

Film arahan Iman Brotoseno ini awalnya akan ditayangkan 24 Desember 2015. Karena pertimbangan tak mau beradu dengan Star Wars: The Force Awakens, Multivision Plus memundurkan jadwal film tersebut menjadi sekitar Februari-April 2016.

Pic[k]lock Production bekerja sama dengan Yayasan Koes Bersaudara akan memfilmkan kiprah Tonny Koeswoyo (gitar), Yon Koeswoyo (gitar, vokal), Yok Koeswoyo (bas), dan Nomo Koeswoyo (drum) saat membentuk kelompok Koes Bersaudara, cikal bakal Koes Plus.

Syuting film direncanakan mulai Januari 2016 dengan target rilis 29 September 2016 bertepatan dengan hari jadi 51 tahun dibebaskannya personil grup legendaris itu dari penjara Glodok, Jakarta.

13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi (15 Januari)

13 Hours: The Secret Soldiers of Benghazi - Trailer #2 Green Band (2016) - Paramount Pictures /Paramount Pictures

Joy (8 Februari)

JOY | Official Trailer [HD] | 20th Century FOX /20th Century Fox

Race (19 Februari)

Race Official Trailer #1 (2016) Stephan James, Jason Sudeikis Biographical Drama Movie HD /Zero Media

Whiskey Tango Foxtrot (4 Maret)

Whiskey Tango Foxtrot Trailer (2016) - Paramount Pictures /Paramount Pictures

I Saw the Light (25 Maret)

I SAW THE LIGHT - Official HD Trailer (2015) /SonyPicturesClassics

Snowden (13 Mei)

SNOWDEN - Official Teaser Trailer for #SnowdenMovie - In Theaters December 25! /Open Road Films

Koes Bersaudara (29 September)

Ekranisasi

Poster film The 5th Wave yang dibintangi Chloe Grace Moretz
Poster film The 5th Wave yang dibintangi Chloe Grace Moretz | fandango.com

Antara miskin ide cerita baru atau memang karena mengadaptasi novel lebih menguntungkan, seperti dikatakan Asma Nadia, penulis novel "Surga yang Tak Dirindukan", kepada CNN Indonesia.

Rani, panggilan Asma, juga telah menyerahkan dua novelnya untuk difilmkan. Yang pertama adalah "Jilbab Traveler" dengan embel-embel Love Spark in Korea produksi Rapi Films.

Film yang sebagian syutingnya berlangsung di Gangwon, Korsel, itu menghadirkan Bunga Citra Lestari sebagai pemeran utama bersama Morgan Oey, Ringgo Agus Rahman, dan Giring Ganesha.

Adaptasi novel kedua Rani adalah Pesantren Impian (MD Pictures) yang bergenre misteri-thriller. Sutradara Ifa Isfansyah akan mengarahkan akting Prisia Nasution, Dinda Kanya Dewi, Indah Permatasari, dan Fachri Albar.

Berbeda dengan Pesantren Impian yang telah memilih 3 Maret 2016 sebagai waktu tayang, Jilbab Traveler belum melakukan hal serupa.

Unge, panggilan Bunga, juga masih akan terlibat dalam satu produksi ekranisasi lagi berjudul My Stupid Boss (Falcon Pictures) arahan Upi.

Raksasa dari Jogja (tanggal belum diumumkan)

RAKSASA DARI JOGJA Official Teaser /StarvisionPlus

5th Wave (22 Januari)

The 5th Wave - Official Trailer #1 (Chloe Grace Moretz & Nick Robinson) /Sony Pictures Entertainment

Pride and Prejudice and Zombies (5 Februari)

PRIDE AND PREJUDICE AND ZOMBIES | International Trailer /SonyPicturesSverige

My Stupid Boss (tanggal belum diumumkan)

Beauty and the Best (tanggal belum diumumkan)

BEAUTY AND THE BEST - OFFICIAL TEASER /MD Pictures

Alice Through The Looking Glass (27 Mei)

Alice Through the Looking Glass Official Trailer #1 (2016) - Mia Wasikowska, Johnny Depp Fantasy HD /Movieclips Trailers

Tentatif

Karakter Gundala Putra Petir yang rencananya akan disutradarai Hanung Bramantyo
Karakter Gundala Putra Petir yang rencananya akan disutradarai Hanung Bramantyo | Ranto Kumbalaseta /artstation.com

Pada kategori ini, film-film Indonesia adalah biangnya. Beberapa proyek film telah berdengung sepanjang 2015, bahkan jauh sebelumnya, namun tak kunjung ketahuan kapan akan tayang. Sebut saja misalnya film Gundala Putra Petir yang telah mengemuka sejak 2010.

Erick Tohir, pengusaha sekaligus pemilik klub Inter Milan, yang jadi produser film tersebut sempat menyebut tahun 2016 sebagai momen perilisan film adaptasi komik karya Hasmi alias Harya Suraminata ini.

Mengingat kesibukan Hanung Bramantyo yang ditunjuk sebagai sutradara film ini dalam menggarap biopik R.A. Kartini (target rilis 21 April 2016), bisa jadi momen merilis Gundala Putra Petir akan bergeser.

Pun ekranisasi Ali Topan Anak Jalanan arahan John de Rantau yang entah seperti apa nasibnya sekarang. Sempat jadwalkan memulai syuting pada 22 Juni 2015, kabar tentang seperti apa kelanjutannya perlahan menghilang.

Dua proyek terbaru Ifa Isfansyah juga patut dinantikan. Pertama bersama Faozan Rizal yang bertindak sebagai sutradara sekaligus penulis naskah untuk film berjudul Abracadabra. Kemudian kolaborasinya bersama Eddie Cahyono (sutradara Siti) dalam The Wasted Land yang menang ARTE Award dalam Busan: Asian Project Market 2015.

Ada lagi novel "Surat Untukmu Sahabat" karya Bunga R. Nizam yang diadaptasi Aletta Pictures dengan judul sama. Harris Nizam sebagai sutradara direncanakan memulai syuting pada Januari 2016 di Jakarta, Dieng, Yogyakarta, dan Cirebon.

Panji Tengkorak, Wiro Sableng, biopik Wiji Thukul dan Bung Hatta the Movie, serta film pahlawan super Volt yang dibintangi Marcellino Lefrandt juga termasuk beberapa proyek film dengan jadwal yang belum bisa dipastikan.

Satu yang tak boleh dilupakan tentu saja proyek terbaru Gatot Brajamusti (53) berjudul DPO (Detachment Police Operation) yang diproduksi Brajamusti Films dan Putaar Production.

Menyusul kehebohan film Azrax: Melawan Sindikat Perdagangan Manusia (2013) yang dibintangi sekaligus diproduserinya, aksi Ketua Persatuan Artis Film Indonesia periode 2011-2016 itu telah banyak dinantikan.

Dhoni Ramadhan, produser Putaar Production, sempat mengatakan bahwa proses syuting film DPO telah rampung. "Maunya sih akhir November (2015) film ini bisa tayang. Tapi, sekarang masih penjajakan dengan pihak XXI," ungkapnya kepada Tabloid Kabar Film (9/9/2015).

DPO (Detachment Police Operation)

Pinky Promise Movie

Headshot

Late night Gun Poker #headshotmovie #headshot

A photo posted by Timo Tjahjanto (@timobros) on

Ken & Andrew Movie

Jakarta Undercover 2

Galih dan Ratna

Cerita orisinal

Para sutradara dan produser film Gila Jiwa
Para sutradara dan produser film Gila Jiwa | firebirdfilms-indonesia.com

Meski dibanjiri dengan berbagai film adaptasi atau versi baru dari film yang sebelumnya pernah dibuat, masih ada cukup ruang lowong bagi film-film dengan kisah orisinal yang akan menghibur para penggemar film.

Firebird Films akan menampilkan sebuah film berjudul Gila Jiwa yang disutradarai secara keroyokan oleh Ria Irawan, Ade Paloh, Afgan Syahreza, Aming, dan Julia Perez. Film tersebut adalah persembahan khusus seorang Ria Irawan dalam menandai 40 tahun kariernya sebagai aktris.

Semula film ini berkonsep omnibus yang masing-masing mengusung genre horor, musikal, akasi, drama, dan komedi dengan alur cerita yang ringan namun tidak gampang ditebak.

Dalam perjalanannya kemudian diputuskan menjadi satu film panjang utuh. Akan seperti apa hasilnya, baru akan terjawab ketika film ini dirilis pada awal 2016.

Dua bersaudara penulis skenario peraih piala Oscar, Joel (61) dan Ethan Coen (58), kembali dengan film terbarunya bertajuk Hail, Caesar! yang mulai tayang 5 Februari.

Jika dalam film Bridge of Spies porsi mereka sebatas menulis naskah karena kursi sutradara diduduki Steven Spielberg, dalam film Hail, Caesar! mereka sekaligus menyutradarai.

Diperkuat nama-nama beken seperti Josh Brolin, George Clooney, Jonah Hill, Scarlett Johansson, Tilda Swinton, Channing Tatum, dan Ralph Fiennes, film ini adalah salah satu yang patut ditunggu.

Ada pula film I Am Hope yang didedikasikan untuk para pengidap kanker agar tidak patah semangat dalam berjuang melawan penyakitnya. Film garapan Alkimia Production yang tayang mulai 18 Februari 2015 itu juga akan menyumbangkan 25% dari keuntungan film kepada pengidap kanker.

Aach... Aku Jatuh Cinta (4 Februari)

Aach...Aku Jatuh Cinta [official trailer 2015] /Multivision Plus ID

Hail, Caesar! (5 Februari)

Hail, Caesar! Official Trailer #1 (2016) - Scarlett Johansson, Channing Tatum Movie HD /Movieclips Trailers

I Am Hope (18 Februari)

i AM HOPE - OFFICIAL TEASER TRAILER /i am hope

Jingga (25 Februari)

The Brothers Grimsby (11 Maret)

Trailer Film: Jingga -- Ray Sahetapi, Hifzane Bob /kvlt magz
The Brothers Grimsby - Official Trailer (HD) /Sony Pictures Entertainment

La La Land (15 Juli)

Irrational Man Official Trailer #1 (2015) - Emma Stone, Joaquin Phoenix Movie HD /Movieclips Trailers
Catatan redaksi: Koreksi pada tanggal rilis Batman v Superman: Dawn of Justice. Sebelumnya kami menuliskan film itu akan tayang pada 25 Mei, seharusnya pada 25 Maret. Mohon maaf atas kesalahan ini.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR