RINGKASAN SEPEKAN

Dari Captain Marvel, Dilan 1991, hingga tekad PFN

Toto, Bayu Skak hingga Yowis Ben
Toto, Bayu Skak hingga Yowis Ben | Robotorial /beritagar.id

Artikel dari dunia hiburan terpopuler di Beritagar.id sepekan terakhir (3-8/3/2019) tak jauh dari isu-isu yang akrab dengan para fans. Sebut misalnya Captain Marvel, film Hollywood yang masih tayang di jaringan bioskop di Indonesia.

Lantas ada pula sekuel terbaru Dilan, Dilan 1991, yang hingga Senin (4/3) sudah ditonton oleh 2,74 juta orang. Kemudian ada pula kabar dari lembaga Perum Produksi Film Nasional (PFN) yang ingin bangkit dari tidur.

Berikut adalah ringkasan 6 berita terpopuler dari rubrik seni dan hiburan dalam sepekan (3-8/3/2019):

Kaitan erat Captain Marvel dan Shazam

Penampilan Captain Marvel (kiri) dan Shazam dalam filmnya masing-masing.
Penampilan Captain Marvel (kiri) dan Shazam dalam filmnya masing-masing. | Marvel, Disney, DC, Warner Bros

Warner Bros merilis cuplikan kedua untuk film Shazam melalui YouTube pada Selasa (5/3). Film pahlawan super yang akan tayang di bioskop pada awal April ini adalah edisi terbaru dari semesta DC Comics.

Shazam satu dunia dengan superhero DC seperti Superman, Batman, Wonder Woman, dan Aquaman.

Adapun perilisan cuplikan berdurasi dua menit lima detik itu nyaris berbarengan dengan perilisan film Captain Marvel, yang tayang perdana di Indonesia sejak Rabu (6/3).

Captain Marvel merupakan pahlawan super dari Marvel Cinematic Universe (MCU). Ia satu semesta dengan superhero Marvel seperti Iron-Man, Spider-Man, Dr. Strange, dan Guardians of the Galaxy.

Baca selengkapnya di sini.

Dilan 1991 kejar Warkop Reborn

Penampilan Vanesha Prescilla (kiri) dan Iqbaal Ramadhan sebagai Milea dan Dilan dalam Dilan 1991.
Penampilan Vanesha Prescilla (kiri) dan Iqbaal Ramadhan sebagai Milea dan Dilan dalam Dilan 1991. | Falcon Pictures, Maxima Pictures

Film Dilan 1991 berpeluang besar menjadi film terlaris sepanjang masa di Indonesia. Data dari FilmIndonesia.or.id yang dicek Beritagar.id pada Senin (4/3) menunjukkan, film garapan sutradara Fajar Bustomi itu sudah ditonton oleh 2,64 juta orang.

Sebelumnya, hanya dalam tiga hari sekuel Dilan 1990 (2018) ini ditonton oleh 2,08 juta penonton (Kamis, 28 Februari hingga Sabtu, 2 Maret). Ini mengalahkan film Warkop Reborn: Jangkrik Boss Part 1 (2016) ditonton oleh sekitar 1 juta orang dalam 3 hari.

Baca selengkapnya di sini.

Hujan warnai hari pamungkas Java Jazz 2019

Aksi Joseph Williams sebagai vokalis Toto saat band asal AS itu manggung di Java Jazz 2019, JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2019).
Aksi Joseph Williams sebagai vokalis Toto saat band asal AS itu manggung di Java Jazz 2019, JiExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (3/3/2019). | Indra Rosalia /Beritagar.id

Hujan deras mengguyur arena Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta Pusat, pada Minggu (3/3) sore. Area luar ruangan yang terguyur air tampak sepi. Hanya sesekali ada orang yang nekat mencoba menembus hujan.

Padahal, ada perhelatan besar yang digelar di arena tersebut, yakni hari ketiga sekaligus terakhir dari Jakarta International BNI Java Jazz Festival 2019. Keramaian terpusat di area koridor dan dalam ruangan yang terlindung atap.

Memasuki panggung Kapal Api Signature - Hall A1, penyanyi R&B Teddy Adhitya sudah beraksi sejak pukul 18:30 WIB. Sementara di panggung lain, para penonton senior memadati aksi band asal Amerika Serikat, Toto.

Baca selengkapnya di sini.

PFN siap bangkit

Jajaran pemain, sutradara, dan produser film Kuambil Lagi Hatiku produksi PFN
Jajaran pemain, sutradara, dan produser film Kuambil Lagi Hatiku produksi PFN | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Salah satu Badan Usaha Milik Negara yang berkiprah dalam bidang perfilman, Perum Produksi Film Negara (PFN) mencoba bangkit dengan memproduksi film berjudul Kuambil Lagi Hatiku.

Disutradarai Ashar "Kinoy" Lubis, film yang menghadirkan deretan pemain seperti Lala Karmela, Cut Mini, Ria Irawan, Sahil Shah, Dian Sidik, Dimas Aditya, dan Ence Bagus dijadwalkan tayang di bioskop mulai 21 Maret 2019.

"Cerita film ini orisinal dari PFN, kemudian dikembangkan bersama Wahana Kreator Nusantara dan Taman Wisata Candi. Ini semacam langkah awal untuk masuk ke pasar yang lebih luas," ujar produser M. Abduh Aziz kepada Beritagar.id usai konferensi pers di Ecology Bistro, Kemang, Jakarta Selatan, Selasa (5/3).

Sejak awal menjabat sebagai Direktur Utama PFN pada 22 Juli 2016, Abduh sudah berkeinginan membangkitkan kembali lembaga produksi film milik pemerintah ini.

Agar bisa diterima khalayak, PFN tidak sekadar membuat film yang dikerjakan dengan bagus dan serius, tapi juga melakukan riset pemasaran di kawasan Jabodetabek.

Baca selengkapnya di sini.

Perjuangan Bayu Skak dalam menggarap Yowis Ben 2

Pemeran utama dalam Yowis Ben 2, Joshua Suherman dan Bayu Skak
Pemeran utama dalam Yowis Ben 2, Joshua Suherman dan Bayu Skak | /Starvision Plus

Sukses dengan Yowis Ben pertama yang berhasil mengundang hampir 1 juta (935 ribu) penonton selama masa tayang di bioskop, Bayu Skak ingin mengulangi kesuksesan melalui film keduanya, Yowis Ben 2.

Film yang mengisahkan empat remaja asal Malang; Bayu (Bayu Skak), Doni (Joshua Suherman), Yayan (Tutus Thomson), dan Nando (Brandon Salim) ini siap menghibur penonton melalui pertunjukan musik ke dalam film yang tayang pada 14 Maret 2019.

"Kita bisa lihat Sunda dan Jawa adalah suku yang sudah ada dari dulu ya. Jadi ya harus hati-hati," ungkap Bayu soal isi filmnya dalam juma press screening premiere, di Epicentrum XXI, Jakarta, Rabu (6/3).

Baca selengkapnya di sini.

Edisi ke-6 Film Musik Makan segera hadir

Adegan dalam film Rising From Silence yang menjadi salah satu pengisi acara Film Musik Makan 2019.
Adegan dalam film Rising From Silence yang menjadi salah satu pengisi acara Film Musik Makan 2019. | Kolektif Film

Untuk keenam kalinya, acara Film Musik Makan kembali digelar. Seperti namanya, festival yang diadakan oleh Kolektif di GoetheHaus, Jakarta Pusat, pada 9 Maret ini menampilkan sederet film, acara musik, dan berbagai stand kuliner.

Seperti tahun lalu, film pendek masih jadi menu utama dalam Film Musik Makan 2019. Dilansir dari rilis pers yang diterima Beritagar.id pada Jumat (1/3), beberapa film pendek akan ditampilkan secara berurutan.

Film Woo Woo karya Ismail Basbeth juga akan diputar perdana. Penayangan Woo Woo akan "sepaket" dengan Dan Kembali Bermimpi karya Jason Iskandar.

Baca selengkapnya di sini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR