FILM HOLLYWOOD

Dark Phoenix jadi ajang kematian para X-Men

Aksi Jean Grey (diperankan Sophia Turner) dalam cuplikan film Dark Phoenix.
Aksi Jean Grey (diperankan Sophia Turner) dalam cuplikan film Dark Phoenix. | 20th Century Fox, Marvel

Cuplikan perdana untuk Dark Phoenix dirilis di Youtube pada Kamis (28/2/2018). Ini adalah bagian keempat waralaba X-Men terbaru. Sebelumnya adalah X-Men: The First Class (2011), X-Men: The Day of Future Past (2014), dan X-Men: Apocalypse (2016).

Dark Phoenix mengisahkan karakter mutan golongan baik Jean Grey (Sophie Turner) yang berubah menjadi musuh paling menakutkan bagi Profesor Charles “X” Xavier (James McAvoy) dan kawan-kawan.

Ketika menjalani sebuah misi di luar angkasa, Grey nyaris terbunuh. Mutan berambut merah itu tertabrak sebuah tenaga kosmos yang misterius. Ketika ia kembali, kekuatan kosmos yang disebut Phoenix itu tak hanya membuatnya punya kekuatan tanpa batas, tapi juga punya emosi labil.

Dalam cuplikan Dark Phoenix, terlihat Mystique (Jennifer Lawrence) gagal menenangkan Grey. Sebaliknya, Grey justru melempar Mystique tanpa sentuhan.

Para X-Men kini harus berkumpul lagi demi menyelamatkan Grey. Mereka juga harus melawan para makhluk luar Bumi yang ingin memanfaatkan kekuatan Grey untuk menguasai galaksi.

Film keempat ini akan memiliki berbagai pelintiran cerita. Salah satunya yang sudah bocor dan terungkap; Mystique tewas. Ini diperkuat dengan cuplikan terdahulu yang menampilkan para mutan berkabung di sebuah kuburan di bawah guyuran hujan.

"Film ini adalah kisah ketika hal mengejutkan terjadi, juga hal-hal dramatis dan tegang," ujar sutradara Simon Kinberg kepada Entertainment Weekly (h/t Hindustan Times, 1/3).

Kebocoran itu rupanya tak masalah bagi Kinberg dan malah diperlukan. Sebab, ini menunjukkan betapa Jean dengan Dark Phoenix menjadi momok menakutkan bagi semua makhluk --termasuk kawan-kawannya dalam kelompok X-Men.

"Untuk mendramatisasikannya secara pantas, kami harus menunjukkan rasa kehilangan yang sebenarnya, menunjukkan rasa sakit, ancaman, dan kejahatan sejati. Saya tak ingin melakukannya dengan mengisahkan Grey menghancurkan gedung dengan orang-orang biasa di dalamnya," ujar Kinberg menjelaskan.

Terlebih, Mystique berdiri di dua kaki. Ia sudah dianggap sebagai adik angkat bagi Profesor X, tapi juga berkawan dengan pemimpin mutan jahat Magneto (Michael Fassbender). "Kematiannya benar-benar mempengaruhi semua orang," ujar Kinberg.

Tentu saja ini berhubungan juga dengan berakhirnya kontrak Jennifer Lawrence. Ia sudah muncul dalam seluruh empat film X-Men baru.

Namun, bukan hanya Mystique yang tewas. Masih ada kejutan lainnya. "Tentu saja ada beberapa kematian karakter penting dalam film ini," ujar Kinberg yang menulis skenario film ini serta tiga film X-Men sebelumnya.

Selain Lawrence, Turner, McAvoy, dan Fassbender, Dark Phoenix dibintangi oleh beberapa bintang lama dari waralaba X-Men. Misalnya Evan Peters, Nicholas Hoult, Tye Sheridan, dan Kodi Smit-McPhee. Aktris Jessica Chastain juga akan muncul sebagai peran misterius bernama Smith.

Dark Phoenix akan tayang di Amerika Serikat pada 7 Juni. Kemungkinan film ini akan jadi edisi terakhir bagi Lawrence dan kawan-kawan. Setelah ini, kisah X-Men akan dibikin ulang dari awal oleh Fox yang kini berada di bawah naungan Disney sejak diakuisisi pada 2017.

Kemungkinan, Disney akan mengupayakan agar X-Men bisa masuk dalam semesta Marvel Cinematic Universe. Sehingga, para mutan X bisa berada dalam satu layar dengan Iron Man, Thor, dan Spider-Man dari tim Avengers.

Dark Phoenix | Official Trailer [HD] | 20th Century FOX /20th Century Fox
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR