FILM INDONESIA

Debut internasional Gundala di Toronto International Film Festival

Para perwakilan film Gundala berpose dengan Peter Kapow (memakai topi), programmer Midnight Madness di TIFF
Para perwakilan film Gundala berpose dengan Peter Kapow (memakai topi), programmer Midnight Madness di TIFF | Screenplay Bumilangit

Langkah film Gundala bertandang di luar Indonesia bermula di Kanada. Tepatnya dalam ajang bergengsi Toronto International Film Festival yang telah memasuki edisi ke-44 (5-15/9/2019).

Kehadiran film adaptasi komik karya Hasmi itu diwakili oleh sutradaranya, Joko Anwar, bersama produser Bismarka Kurniawan dan Wicky V. Olindo.

“Ingat baik-baik nama ini, Bumilangit Cinematic Universe. Ini bukan film MCU, tapi BCU. Untuk pertama kalinya Midnight Madness menayangkan film pahlawan super,” kata Peter Kapow dalam sambutannya kepada penonton sebelum penayangan film Gundala di Ryerson Theatre, Rabu (11/9) tengah malam waktu setempat.

Kapow yang juga seorang produser film, Manborg, The Interior, dan The Void hanya segelintir yang pernah diproduserinya, sejak 2017 menjabat programmer Midnight Madness.

Gundala lolos dalam program ini bersama sembilan film lainnya dari mancanegara. Seperti namanya, film-film dalam program ini tayang saban pukul 23.59 waktu setempat atau sekitar pukul 10.59 WIB.

Usai debut penayangan internasionalnya di depan sekitar 500 penonton tersebut, sambutan meriah langsung diberikan.

Antusiasme bahkan sudah terlihat dari antrean yang mengular sejam sebelum film tayang.

Joko Anwar sempat mengabadikan barisan penonton yang duduk mengantre, bahkan menyalami dan berkenalan dengan beberapa di antara penonton tersebut.

Seusai menonton, mulai bermunculan tinjauan-tinjauan singkat tentang film Gundala di linimasa.

Mereka yang menjadi saksi pergulatan Sancaka alias Gundala (diperankan Abimana Ariasatya) dalam mengahadapi Pengkor (Bront Palarae) dan komplotannya menuliskannya melalui akun media sosial masing-masing.

Testimoni bukan hanya disampaikan melalui Twitter, banyak penonton yang dengan setia mengikuti sesi tanya jawab yang berlangsung sekitar 40 menit.

Mereka menyampaikan apresiasinya dan menikmati cerita yang disuguhkan. Dalam hemat penonton tersebut, melalui film Gundala mereka diperkenankan mengenal isu sosial yang terjadi di Indonesia.

Film Gundala masih akan terus meramaikan program Midnight Madness melalui dua kali pemutaran lagi. Tempatnya di Scotiabank Theatre pada 12 dan 14 September.

Di tanah air, film produksi Screenplay Films, Bumilangit Studios, Legacy Pictures, dan Ideosource Entertainment yang tayang perdana di bioskop tanah air sejak 29 Agustus 2019 telah meraup lebih dari 1,3 juta penonton.

Angka tersebut kemungkinan terus bertambah mengingat hingga artikel ini diterbitkan filmnya masih tayang.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR