Demi Beyonce, Adele belah Grammy jadi dua

Penyanyi Adele menerima piala pada malam Grammy Awards ke-59 di Los Angeles (12/2/2017) .
Penyanyi Adele menerima piala pada malam Grammy Awards ke-59 di Los Angeles (12/2/2017) . | Matt Sayles /AP Photo

Tahun lalu, Adele tak menang satu pun Grammy karena album 25 dirilis akhir tahun 2015, setelah tenggat waktu untuk nomine Grammy sudah ditutup. Penyanyi berusia 28 ini membalasnya pada ajang Grammy Awards ke-59 yang berlangsung di Staples Center, Los Angeles, Amerika Serikat, Minggu (12/2/2017).

Dalam Grammy kali ini, Adele memenangi lima kategori yaitu Album Tahun Ini (album 25), Rekaman Tahun Ini (lagu "Hello"), Lagu Tahun Ini ("Hello"), Performa Pop Solo Terbaik ("Hello"), dan Album Pop Vokal Terbaik (25).

Artinya, wanita kelahiran Tottenham, Inggris ini membabat habis kelima nominasi yang ia raih pada ajang tahunan itu. Secara total, Adele sudah meraih 15 piala Grammy, dari 18 kali menjadi nomine.

Namun, rupanya tahun ini ada satu kategori yang membuat Adele merasa tak pantas memenanginya. Kategori ini adalah Album Tahun ini. Ia merasa album Lemonade dari Beyonce lebih pantas untuk meraih gelar prestisius itu.

Tidak tanggung-tanggung, saat pidato kemenangannya Adele sampai membelah piala Grammy tersebut menjadi dua bagian. Mungkin Adele terinspirasi dari adegan dalam film Mean Girls (2004), ketika tokoh utama Cady Heron (Lindsay Lohan) membelah mahkota Spring Fling yang ia menangi dan memberi pecahannya kepada kontestan lain.

"Saya tak mungkin menerima penghargaan ini," ujar Adele, dikutip dari Independent. "Album Lemonade sangat monumental, matang, indah, dan menggetarkan jiwa... Kami amat mengapresiasinya. Seluruh artis di sini memuja beliau."

Di balik panggung, Adele menyatakan bahwa ia memuja Beyonce sejak umur 11, ketika istri rapper Jay-Z itu masih tergabung dalam kelompok Destiny's Child. "Saya ingat ketika berusia 11, saya sedang latihan menyanyi bersama teman-teman saya. Mereka bertanya 'apa kamu sudah dengar lagu "No No No" dari Destiny's Child?"

"Saya ingat betul ketika mendengar suaranya untuk pertama kali. Saya langsung jatuh hati padanya. Perasaan ketika mendengar lagu itu pertama kali, bagi saya sama seperti ketika saya mendengar Lemonade pertama kalinya, tahun lalu."

Dari sembilan nominasi yang ia raih, Beyonce hanya meraih dua yaitu Video Musik Terbaik (lagu "Formation") dan Album Urban Kontemporer Terbaik (album Lemonade).

Soal penjualan, album 25 memang jauh mengungguli Lemonade. Menurut Vox, 25 adalah album terlaris kedua di Amerika Serikat tahun lalu, sementara Lemonade tepat di belakangnya. Album terlaris di AS pada 2016 adalah Views dari rapper Drake.

Namun masalahnya, kritikus lebih menyukai Lemonade. Di Metacritic skornya mencapai 92, sementara 25 hanya memperoleh 75 poin.

Namun, mungkin alasannya bukan itu. Vox menduga, genre hip hop yang diusung Beyonce bukan selera para juri Grammy. Mengingat, sejak 1998 belum ada artis berkulit hitam --yang lekat dengan musik hip hop-- yang memenangi Album Tahun Ini. Sejak kategori ini pertama muncul pada 1959, baru 10 artis berkulit hitam yang memenanginya.

Sementara Adele dengan genre musik pop dengan aroma dewasa yang ia usung, dianggap cocok dengan selera para juri.

De javu Kanye West vs Taylor Swift pada VMA 2009

Kejadian Adele memecah piala "demi Beyonce" mengingatkan publik pada acara Video Music Award tahun 2009. Saat itu, rapper Kanye West mengintervensi pidato kemenangan Taylor Swift saat si penyanyi wanita memenangi kategori Best Female Video untuk video klip "You Belong With Me."

Pasalnya, West merasa video klip "Single Ladies (Put a Ring On It)" dari Beyonce lebih pantas memenangi penghargaan itu.

"Hai Taylor, saya ikut senang, saya akan membiarkan kamu menyelesaikan (pidatonya), tapi Beyonce punya salah satu video terbaik sepanjang masa. Salah satu video terbaik sepanjang masa!" ujar West, membuat para penonton terpana.

Konon, Swift sampai menangis histeris di belakang panggung akibat ulah West. Sepertinya Kanye juga tak sadar-sadar amat dengan tingkahnya itu.

"Asumsi saya, berdasarkan jumlah (minuman keras) Hennessy yang diminum West, rasanya saat itu ia tak sepenuhnya berada di sana," ujar Patrick Stump, personel Fall Out Boy yang saat itu ada di belakang panggung.

Menjelang akhir acara, Beyonce mengundang Swift ke panggung untuk menyelesaikan pidatonya, karena tindakan West bikin penyanyi country itu tak sempat mengakhirinya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR