FILM INDONESIA

Dennis Adhiswara kaget AADC masih berlanjut

Dennis Adhiswara tetap antusias kembali memerankan tokoh Mamet dalam AADC 2
Dennis Adhiswara tetap antusias kembali memerankan tokoh Mamet dalam AADC 2 | Bismo Agung/Beritagar.id

Bentangan jarak 14 tahun antara film Ada Apa Dengan Cinta (AADC) dan sekuelnya yang akan rilis 28 April 2016 membuat Dennis Adhiswara sempat berhenti berharap. Pemeran Mamet dalam film tersebut tak menyangka produser Mira Lesmana berniat melanjutkannya. "Saat diberitahu mbak Mira mau bikin lanjutan AADC, kami semua kaget," ungkap Dennis saat menyambangi kantor redaksi Beritagar.id, Senin (1/3/2016).

Rasa kaget itu bercampur dengan segudang pertanyaan. "Kami semua bertanya-tanya ceritanya akan seperti apa, semangatnya bagaimana, apakah masih mewakili zamannya, dan banyak pertanyaan lain. Setelah kami pelajari naskahnya dan tahu siapa saja orang-orang di belakang layar yang mengerjakannya, kami merasa berada di tangan yang tepat," lanjut aktor kelahiran Malang ini dengan mimik serius.

Kekagetan Dennis sangat beralasan. Pasalnya, saat perayaan satu dekade AADC yang berlangsung di XXI Blok M Square, Jakarta Selatan (9-10/2/2012), Mira mengaku tak pernah berniat membuat sekuel.

"Kita enggak ada ambisi sama sekali. Kegiatan ini hanya untuk mengenang saja. Mungkin ada yang punya nostalgia dengan film ini dan ingin berbagi dengan anaknya, suaminya, dan sebagainya," ungkap Mirles, sapaan akrab Mira, kala itu dikutip dari 21Cineplex.

Dalam daftar film yang telah diproduksi Mirles, belum ada satu film yang dibuatkan sekuel. Laskar Pelangi (2008) dan Sang Pemimpi (2009) tidak masuk hitungan karena dua film tersebut merupakan adaptasi novel yang aslinya telah berbentuk serial.

Alasan utama diproduksinya AADC 2 karena begitu banyak penggemar, termasuk dari kalangan pemain, yang membujuknya untuk melanjutkan kisah persahabatan dan asmara Cinta. "AADC sudah jadi bagian hidup penonton dan kami sendiri. Tidak mudah buat kami sampai akhirnya memutuskan untuk membuatnya," lanjut Mira.

Pada awal tahun 2015, usai iklan berbentuk mini drama AADC untuk aplikasi berkirim pesan Line tayang di Youtube (6/11/2014), datang kepastian tentang lanjutan AADC versi layar lebar. Mirles baru mengumumkannya kepada publik dalam acara Popcon Asia di Jakarta Convention Center, Senayan (8/8/2015).

Keputusan Mirles, sapaan Mira, yang kali ini menggandeng Riri Riza sebagai sutradara menggantikan Rudi Soedjarwo bukan merupakan sebuah problem bagi Dennis dan kawan-kawan.

AADC merupakan salah satu film fenomenal pada masanya. Tercatat 2,7 juta penonton memadati kursi bioskop untuk mengikuti romantika antara Cinta (diperankan Dian Sastrowardoyo) dan Rangga (Nicholas Saputra). Pun hangatnya persahabatan geng Cinta yang diisi Maura (Titi Kamal), Karmen (Adinia Wirasti), Milly (Sissy Prescillia), dan Alya (Ladya Cheryl) yang selalu diusik kehadiran Mamet.

Bagi para pemain, berkumpul bersama kembali dalam film yang melambungkan nama mereka ibarat pulang ke rumah dan bertemu keluarga.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR