FILM BULAN INI

Deretan film Indonesia tayang Desember 2018

Sebuah adegan dalam Milly dan Mamet memperlihatkan dua karakter utama yang diperankan Sissy Prescillia (belakang) dan Dennis Adhiswara
Sebuah adegan dalam Milly dan Mamet memperlihatkan dua karakter utama yang diperankan Sissy Prescillia (belakang) dan Dennis Adhiswara | Starvision, Miles Films

Meski libur Natal dan Tahun Baru 2019 tinggal hitungan minggu, tak banyak film lokal yang siap tayang pada Desember. Jumlahnya tak sampai sepuluh.

Produser lokal kemungkinan menghindari bentrok dengan beberapa film Hollywood kelas berat yang tayang pada Desember--di Amerika Serikat dan negara barat lainnya, bulan itu merupakan musim liburan.

Ada beberapa film-film Hollywood calon blockbuster yang siap tayang pada bulan 12, antara lain Spider-Man: Into the Spider-Verse (tayang di Indonesia pada 12 Desember), Aquaman (19 Desember), Bumblebee (19 Desember), dan Mary Poppin Returns (26 Desember).

Bulan ini nama Ernest Prakasa muncul dua kali, tapi dalam Sesuai Aplikasi dan Milly & Mamet, lelaki berusia 36 itu tak muncul sebagai pemeran utama. Dalam Sesuai Aplikasi, Ernest hanya menjadi pemeran pendukung. Milly & Mamet pun demikian, tapi ia punya tanggung jawab lebih besar sebagai sutradara.

"Gue mau berhenti jadi aktor. Kalau elo melakukan sesuatu yang elo tahu elo enggak akan bisa maksimal, ngapain?" ungkap Ernest dalam kanal YouTube milik sesama aktor/komika Pandji Pragiwaksono (26/11/2018).

"Gue enggak akan bisa maksimal. Gue tahu kemampuan akting gue segitu-gitu saja, gue enggak bisa jadi kayak Reza Rahadian gitu," lanjut Ernest.

Mungkin Ernest menyatakan itu dalam konteks bercanda. Saat itu Pandji mengajaknya main dalam film terbarunya. Namun, sejauh ini Ernest memang lebih banyak tampil sebagai pemain pendukung, tapi tetap bertugas di belakang layar, contohnya sebagai sutradara dan penulis Susah Sinyal (2017), serta produser The Underdogs (2017).

Seperti karya Ernest lain, dua film terbarunya bergenre komedi. Sesuai Aplikasi digarap oleh sutradara Adink Liwutang, co-director Ernest dalam Ngenest (2015), Susah Sinyal (2017), dan Cek Toko Sebelah (2016).

Sesuai Aplikasi mengangkat fenomena ojek daring (online) yang sudah tidak asing bagi masyarakat, khususnya di perkotaan.

Pras (Valentino Peter) dan Duras (Lolox) adalah pengemudi ojek yang-sama berjuang memenuhi kehidupan keluarga masing-masing. Pras bekerja keras untuk membiayai operasi jantung ibunya. Sementara, Duras ingin memenuhi wasiat ayahnya untuk membiayai pendidikan sang adik.

Suatu hari, seorang pencuri bernama Sakti (Ernest Prakasa) kehilangan berlian curiannya. Rupanya barang tersebut terbawa oleh diva dangdut bernama Sofiyah (Titi Kamal). Sakti kelimpungan, ia memaksa Pras dan Duras untuk mengambil berlian dari rumah Sofiyah.

Sementara Milly & Mamet adalah sempalan Ada Apa Dengan Cinta? (2002), salah satu film drama paling top di negeri ini. Latar waktunya setelah kejadian dalam AADC 2. Kini Milly dan Mamet merawat buah hati mereka sebagai pasutri.

Untuk itu, Mamet terpaksa kerja di pabrik milik papanya Milly (Roy Marten), padahal ia punya mimpi menjadi koki. Suatu ketika, Mamet bertemu Alexandra (Julie Estelle), teman dekatnya semasa kuliah yang kini mengajaknya buka restoran. Mamet harus memilih antara mengejar impian atau menjaga keharmonisan keluarganya.

Film lain yang muncul pada bulan Desember mencakup horor dan drama. Genre seram diwakili oleh Tusuk Jelangkung di Lubang Buaya dan Silam.

Judul pertama merupakan produksi ulang film berjudul sama yang tayang pada 2003, sekuel Jelangkung (2001), film horor yang turut andil mengembalikan kejayaan perfilman nasional setelah terpuruk pada pada 1990-an.

MAX Pictures selaku pembuatnya menggaet pesohor Instagram (selebgram) Anya Geraldine dan Nina Kozok untuk mengundang penonton usia muda, yang belum tentu tahu soal film aslinya.

"Kami kembali angkat Tusuk Jelangkung tapi dengan rasa modern. Cerita horornya berbeda, apalagi ada bintang-bintang muda berbakat yang bekerja sama dengan kami. Ini menjadi film kami selanjutnya yang mengedepankan horor yang relevan dengan milenial," kata Ody Mulya Hidayat kepada Metro TV News (6/11/2018).

Sementara Silam digarap oleh Jose Poernomo, orang yang menyutradarai Jelangkung 2001. Silam merupakan sempalan dari Danur (2017), salah satu film horor terlaris sepanjang masa. Seperti film-film dari semesta Danur lainnya, Silam juga diangkat dari novel karya Risa Saraswati.

Kisahnya soal Baskara (Zidane Khalid), bocah yang ditindas oleh teman-teman sekolahnya dan ibu kandungnya (Nova Eliza). Tak tahan, ia kabur ke rumah Om Anton (Surya Saputra), saudara kembar ayahnya.

Anton dan istrinya, Ami (Wulan Guritno), serta dua anak kembarnya ramah pada Baskara, tapi mereka rupanya kerap melakukan ritual aneh. Baskara pun mulai diteror makhluk halus.

Jika Silam berdasarkan novel laris, drama Asal Kau Bahagia terinspirasi dari lagu berjudul sama milik band Armada. Film tersebut mengisahkan tentang keikhlasan seorang pria yang mengetahui bahwa kekasihnya ternyata tidak memiliki rasa yang begitu dalam seperti dirinya.

Inilah cuplikan dari film-film yang akan tayang di bioskop Indonesia pada bulan November 2018. Seperti biasa, jadwal dan jumlah film bisa berubah sewaktu-waktu.

Tusuk Jelangkung (6 Desember) | Sutradara: Erwin Arnada | Pemain: Nina Kozok, Rayn Wijaya, Anya Geraldine, Ira Rai | Produksi: MAX Pictures

OFFICIAL TRAILER - TUSUK JELANGKUNG DI LUBANG BUAYA /MAX Pictures

Sesuai Aplikasi (6 Desember) | Sutradara: Adink Wilutang | Pemain: Ernest Prakasa, Titi Kamal, Valentino Peter, Lolox, Dayu Wijanto, Kama Sean, Taskya Namya, Arief Didu, Babe Cabiita, Asri Welas | Produksi: TBS Films

OFFICIAL TRAILER FILM SESUAI APLIKASI (2018) | 6 Desember 2018 di Bioskop /TBS Films

Silam (13 Desember) | Sutradara: Jose Poernomo | Pemain: Zidane Khalid, Surya Saputra, Wulan Guritno, Nova Eliza, Anna Tairas, Richelle Georgette Skornicki, Dania Michelle, Rasyid Albuqhari, Rafael Ismy | Produksi: MD Pictures

Silam - Official Trailer /MD Pictures

Milly & Mamet (20 Desember) | Sutradara: Ernest Prakasa | Pemain: Sissy Prescillia, Dennis Adhiswara, Ernest Prakasa, Julie Estelle, Dian Sastrowardoyo, Adinia Wirasti, Titi Kamal, Yoshi Sudarso, Surya Saputra, Isyana Sarasvati, Dinda Kanyadewi, Eva Celia | Produksi: Starvision, Miles Films

MILLY & MAMET (Ini Bukan Cinta & Rangga) - Official Trailer /StarvisionPlus

Asal Kau Bahagia (27 Desember) | Sutradara: Rako Prijanto | Pemain: Aliando Syarief, Aurora Ribero, Teuku Rasya, Dewa Dayana, Surya Saputra, Vonny Cornellya, Hans De Kraker, Meisya Siregar, Verdy Solaiman, Sari Koeswoyo, Daan Aria | Produksi: Falcon Pictures

Official Trailer "Asal Kau Bahagia" | Aliando & Aurora | 27 Desember 2018 di Bioskop /Falcon
BACA JUGA