KONSER

Dewa 19 tetap gelar konser tanpa Ahmad Dhani

Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/11/2018).
Ahmad Dhani di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (19/11/2018). | Sigid Kurniawan /Antara Foto

Meski sang pentolan, Ahmad Dhani Prasetyo, menjalani hukuman di penjara, kelompok musik Dewa 19 tak akan mengurungkan jadwal konsernya.

Hanya dalam hitungan hari, band yang beranggotakan Ahmad Dhani, Andra, Agung Yudha, dan Yuke, itu akan menggelar konser di Stadium Malawati Shah Alam, Malaysia, tepatnya pada 2 Februari 2019.

Hal tersebut disampaikan melalui akun @dewa19reunionmy. Akun itu mengunggah surat pernyataan pihak penyelenggara, Nizra Production, bahwa konser reuni tersebut tidak akan dibatalkan atau ditunda.

Adanya surat pernyataan itu juga diperkuat oleh keterangan Dian, manajer Republik Cinta Management (RCM), yang menaungi Dewa 19. "Kami tetap jalan terus, Dhani ditahan, Dhani dicekal, kami tetap jalan terus," ucapnya seperti dikutip CNNIndonesia.com, Senin (28/1/2019).

Meski tak pernah menduga soal penahanan Dhani, Dian mengaku sudah mengantisipasi kemungkinan terburuk yang dituangkan ke dalam surat perjanjian dengan pihak penyelenggara konser. Melalui pernyataan itu pula, Dian menginformasikan bahwa para personel Dewi 19 akan berangkat 31 Januari 2019.

Rencananya dalam konser tersebut, Dewa 19 juga akan menghadirkan para mantan anggota yang pernah berpartisipasi sejak band tersebut didirikan pada 1986 oleh Dhani. Mantan vokalisnya pun akan turut serta, termasuk Ari Lasso dan Once Mekel.

Once yang sempat bergabung pada kurun 1999-2011 pun sempat melontarkan komentarnya mengenai konser tersebut. "...soal tanggal 2 Februari tetap jadi, show must go on. Yang jelas tanggal 2 Februari jadi (konsernya)," tutur Once dilansir Tempo.co, Selasa (29/1).

Seperti yang dituturkan Once, sebelumnya semua pihak yang terlibat dalam konser tersebut telah mengantisipasi soal penahanan Dhani sejak dia berstatus tersangka.

Mereka pun telah bersiap untuk kemungkinan-kemungkinan terburuk dan menyiapkan alternatif pertunjukan. Hanya saja, hingga saat ini belum ada keterangan lebih lanjut apakah posisi Dhani akan diisi oleh pengganti atau tidak.

Dalam kesempatan terpisah, Andra sang gitaris mengungkapkan kesedihannya. Dia mengatakan bahwa konser tersebut tak akan terasa sama tanpa kehadiran Dhani.

Andra menambahkan, bahwa dirinya bersama personel Dewa 19 Reunion yang lain menjadikan konser ini sebagai tribut khusus untuk Ahmad Dhani yang kerap disebut sebagai Mastermind.

Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan memvonis Dhani dengan hukuman penjara 1,5 tahun. Majelis hakim juga memerintahkanya langsung ditahan.

Hakim Ketua Majelis Ratmoho dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (28/1), menilai Dhani terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ujaran kebencian.

Dia terbukti melakukan ujaran kebencian melalui tiga cuitan dalam akun Twitter @AHMADDHANIPRAST. Dhani pun segera mengajukan banding.

"Satu hari pun dinyatakan bersalah kami akan banding," tegas sang kuasa hukum, Hendarsam Marantoko seperti dikutip CNNIndonesia.com, Senin (28/1).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR