Dewi Sandra dan Tatjana Saphira ramaikan Ayat-Ayat Cinta 2

Dewi Sandra (kiri) dan Tatjana Saphira dalam acara perkenalan keduanya sebagai bintang Ayat-Ayat Cinta 2 di Senayan City, Jakarta Selatan, Jumat (7/7/2017).
Dewi Sandra (kiri) dan Tatjana Saphira dalam acara perkenalan keduanya sebagai bintang Ayat-Ayat Cinta 2 di Senayan City, Jakarta Selatan, Jumat (7/7/2017). | Indra Rosalia /Beritagar.id

Ada saja strategi pemasaran yang dilakukan rumah produksi untuk mempromosikan filmnya. Demi mengulang sukses Ayat-Ayat Cinta (2008) yang mampu menjaring 3,5 juta penonton, MD Pictures membangun hype untuk sekuelnya dengan menyembunyikan pemeran utama wanita.

Bintang utama pria dalam Ayat-Ayat Cinta 2 sudah jelas. Fedi Nuril akan kembali memerankan Fahri. Ia akan ditemani tiga aktris. Salah satunya adalah Chelsea Islan, yang terungkap pada Mei lalu.

Sementara dua orang sisanya masih misterius. Namun di Senayan City, Jakarta, pada Jumat (7/7/2017), selubung cadar dua aktris lain Ayat-Ayat Cinta 2 terungkap. Mereka adalah Dewi Sandra dan Tatjana Saphira.

Dengan begitu, tiga wanita yang akan memperebutkan cinta Fahri dimainkan oleh para aktris berdarah campuran Indonesia-Eropa.

Dewi (37) lahir di Rio de Janeiro, Brasil, dari ayah keturunan Inggris dan ibu berdarah Indonesia. Sedangkan Chelsea (22) kelahiran Washington DC, Amerika Serikat (AS), dari ayah berdarah Indonesia dan ibu berkebangsaan AS.

Sementara Tatjana (20) dilahirkan dari ayah orang Jerman dan ibu Indonesia. Namun bintang film Sweet 20 (2017) ini lahir di Jakarta.

Namun pemilihan para aktris setengah bule ini tanpa alasan. Dewi dan Tatjana yang sama-sama membintangi iklan sebuah produk kosmetika akan memerankan karakter orang asing, bukan warga negara Indonesia.

Jika merujuk pada novel Ayat-Ayat Cinta 2 karangan Habiburrahman El-Shirazy, syuting dan sebagian kisah dalam film ini akan berlangsung di luar negeri. Namun bukan di Mesir, melainkan pindah ke Edinburgh (Skotlandia) dan Universitas Oxford (Inggris).

Chelsea memerankan Keira yang mahir memainkan biola, tetangga Fahri di Inggris. Novel Ayat-Ayat Cinta 2 menceritakan ayah Keira meninggal akibat insiden teror di London pada 2005 sehingga anak-anaknya tidak suka pada umat muslim.

Tatjana memerankan Hulya, seorang mahasiswi pasca-sarjana. Hulya adalah sepupu Aisha, istri Fahri dari film pertama (diperankan Rianti Cartwright). Seperti sepupunya, ia juga keturunan Jerman dan Turki.

"Hulya itu perempuan elegan yang chic, cerdas, baik, dan punya keingintahuan yang besar. Sangat hidup dan lovable dibanding dua karakter perempuan lainnya," tutur Tatjana kepada Beritagar.id.

"Aku sempat nonton film pertama, saat kelas 5 SD, jadi belum mengerti apa-apa. Sewaktu nonton nggak mengerti ceritanya, cuma tau aja kalau film ini banyak dibicarakan dan ditonton orang," imbuh gadis berpostur 170cm ini.

Tatjana jelas menghadapi tantangan berat karena dia harus berdialog dalam bahasa Turki, selain Jerman. Tentu saja bahasa Jerman bukan halangan karena ayahnya memang berasal dari sana.

"Bahasa Jerman tinggal sedikit dilatih saja. Nah bahasa Turki yang baru banget. Kemarin baru ketemu pelatihnya. Yang penting rajin dan disiplin untuk latihan saja," jelas Tatjana.

Sementara, Dewi akan memerankan Sabina. Dalam novel, wanita bercadar nan misterius ini berprofesi sebagai pengemis. Kelakuan Sabina membuat Fahri jengah karena semakin memojokkan citra umat Muslim di kota domisilinya.

Ini bukan film bertema religi pertama bagi Dewi. Ia pernah membintangi 99 Cahaya di Langit Eropa (2013), Haji Backpacker (2014), dan Air Mata Surga (2015). Namun peran Sabina paling menantang baginya.

"Saya senang, sebagai pemain film justru ini yang saya cari," ujar Dewi saat konferensi pers. Dia mengakui tantangan itu juga hadir dari popularitas Ayat-Ayat Cinta 2 yang ceritanya terbit bersambung di harian Republika sejak 2015.

"Memerankan karakter yang dikenal banyak orang itu menantang. Apalagi buku dan filmnya ternyata berbeda. Dalam naskah, konfliknya jadi sangat menarik," ujar wanita yang merintis karier sebagai model dan penyanyi itu.

Ayat-Ayat Cinta 2 akan tayang pada Desember. Kursi sutradara berpindah dari Hanung Bramantyo ke Guntur Soeharjanto.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR