FILM HOLLYWOOD

Disney menggarap kembali film Inspector Gadget

Versi terkini serial animasi Inspector Gadget yang kembali akan difilmkan oleh Disney
Versi terkini serial animasi Inspector Gadget yang kembali akan difilmkan oleh Disney | DHX Media/WildBrain /wildbrain.com

Menyusul kesuksesan beberapa film live action mereka kurun beberapa tahun terakhir, semisal Aladdin, Disney mengumumkan akan segera mempersembahkan versi serupa untuk Inspector Gadget.

Dilansir Hollywood Reporter (4/10/2019), produksi film ini sedang memasuki tahap praproduksi.

Perusahaan yang meraup banyak pemasukan dari film animasi dan pahlawan super itu sudah menunjuk Mikey Day dan Streeter Seidell sebagai penulis naskah.

Duo ini sebelumnya dikenal sebagai penulis dalam Saturday Night Live, sebuah program sketsa komedi di Amerika Serikat yang ditayangkan tengah malam. Mereka juga yang menulis naskah versi buat ulang film Home Alone untuk tayang di Disney+.

Pengisi kursi produser diserahkan kepada Dan Lin dan Jonathan Eirich dari Rideback. Mereka berdua juga memproduseri film Aladdin (2019) yang juga produksi Disney.

Belum diungkapkan siapa yang akan menyutradarai film ini. Begitu juga aktor yang nantinya menjadi suksesor Matthew Broderick sebagai pemeran Jonathan Brown alias Inspector Gadget.

Warganet di media sosial ramai mengusulkan sejumlah nama, mulai dari Steve Carell (57), Jon Hamm (48), hingga Paul Rudd (50). Nama terakhir tampaknya menjadi favorit.

Perihal tanggal perilisannya juga masih dirahasiakan. Mengingat slot Disney pada 2020 sudah sesak dengan film, seperti Mulan, Black Widow, Artemis Fowl, The One and Only Ivan, Raya and the Last Dragon, Soul, Onward, Jungle Cruise, dan Eternals, kemungkinan Inspector Gadget meluncur pada 2021.

Merujuk daftar yang termuat dalam kalender Movie Insider, Walt Disney sudah memancang tanggal rilis untuk empat judul film live action mereka. Masing-masing pada 12 Februari, 12 Maret, 28 Mei, 30 Juli, dan 8 Oktober.

Film Inspector Gadget bisa saja mengisi salah satu dari empat jadwal tersebut. Atau bisa jadi dimundurkan tahun berikutnya mengingat Disney juga sudah pasang jadwal untuk empat film live action pada 2022.

Sekadar pengingat, Inspector Gadget adalah hasil kreasi Bruno Bianchi, Andy Heyward, dan Jean Chalopin. Hadir pertama kali dalam bentuk serial animasi yang ditayangkan perdana oleh perusahaan televisi sindikasi LBS pada 12 September 1983.

Ia digambarkan sebagai pengacara yang tubuhnya terdiri dari setengah manusia dan setengah robot (cyborg). Bejibun peralatan canggih terpasang di tubuhnya. Semua itu dipergunakannya untuk menyelidiki dan menumpas aksi kriminal yang dilakukan organisasi kriminal MAD yang dipimpin oleh Dr. Claw.

Sukses di layar kaca dan permainan gim video, sosok ini kemudian diadaptasi ke layar lebar oleh Disney bersama DiC Entertainment.

Film pertama dirilis pada 1999. Proyek yang menelan bujet produksi AS$90 juta itu mendatangkan pemasukan kotor sebesar AS$134,4 juta dari seluruh dunia. Angka yang tidak terlalu bagus jika tidak ingin menyebutnya sebagai proyek rugi.

Alhasil ketika sekuelnya meluncur empat tahun kemudian, bujet produksi dikurangi menjadi “hanya” AS$12 juta. Disney pun hanya mendistribusikannya melalui paket langsung ke rumah dalam bentuk kaset video dan DVD.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR