MUSIK INDONESIA

D'Masiv rayakan ultah ke-16 dengan konser tunggal

D'Masiv berpose dalam konferensi pers konser tunggal #LOVECONCERT di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kamis (8/8/2019).
D'Masiv berpose dalam konferensi pers konser tunggal #LOVECONCERT di Hard Rock Cafe, Jakarta, Kamis (8/8/2019). | Graceldis Loanardo /Beritagar.id

Tahun ini, genap 16 tahun D'Masiv berdiri. Para penggawa grup band tersebut bakal merayakannya dengan menggelar konser tunggal bertajuk #LOVECONCERT di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, 6 September 2019.

"Yang pasti ini adalah perjalanan yang luar biasa. Kita, 16 tahun kita nge-band dari sebuah gang kecil, namanya Gang Kamboja. Di situ kita ngerangkai mimpi-mimpi kita untuk menjadi band yang besar juga," ucap Rian Ekky Pradipta, sang vokalis yang akrab disapa Rian, pada konfrensi pers di Hard Rock Café, Jakarta, Kamis (8/8).

Rian, bersama Dwiki Aditya Marsall (gitar), Nurul Damar Ramadan (gitar), Rayyi Kurniawan Iskandar Dinata (bass), dan Wahyu Piadji (drum), membentuk band beraliran musik pop tersebut pada Maret 2003.

Album perdana mereka Perubahan dirilis pada 2008, setelah D'Masiv menjuarai A Mild Live Wanted setahun sebelumnya. Lagu "Cinta Ini Membunuhku" menjadi hit dan melambungkan nama mereka.

Dua tahun kemudian, lahir album Perjalanan dengan hit "Jangan Menyerah". Lagu tersebut membawa mereka memenangi dua penghargaan dalam Anugerah Musik Indonesia 2010 untuk kategori Karya Produksi Terbaik dan Lagu Terbaik.

Sejak itu Rian dkk. dipandang sebagai salah satu kelompok musik besar di Indonesia, menyaingi Nidji, Ungu, dan Noah.

Jarak dua tahun antara setiap album mereka pertahankan. Album ketiga Persiapan dirilis pada 2012, kemudian Hidup Lebih Indah pada 2014, dan self-titled album D'Masiv pada 2016.

Pola tersebut baru berubah pada rilisan terbaru Love Album atau Album Cinta yang dirilis pada 2 Mei 2019. Artinya, mereka sempat vakum tiga tahun sebelum merilis album yang berisi 10 lagu tersebut.

Album keenam itu masih diproduksi dalam label Musica Studios. Namun, untuk mengikuti perkembangan zaman, D'Masiv juga bekerja sama dengan platform penjualan musik online, PeyMusik, untuk soal distribusi. Melalui platform tersebut mereka berhasil menjual Album Cinta sebanyak 100.000 unit hanya beberapa saat setelah dirilis.

Tak lama setelah album tersebut beredar, Rian bercerita bahwa mereka memang telah berdiskusi soal rencana untuk manggung. Kemudian datang tawaran dari promotor musik GUDlive untuk menyelenggarakan konser tunggal tahun ini, merayakan ulang tahun ke-16 band tersebut.

Konser tersebut, sambung Rian, bisa menjadi pembuka untuk konser tunggal yang lebih besar lagi saat merayakan ulang tahun ke-17 tahun depan.

Meski #LOVECONCERT adalah konser tunggal, tetapi D'Masiv takkan benar-benar manggung sendirian. Ada bintang tamu yang bakal berkolaborasi dengan mereka, yaitu Rizky Febian, Pusakata, Anji, Prilly Latuconsina, dan bintang tamu yang masih dirahasiakan.

“Untuk musisi yang kita ajak, masing-masing punya cerita, seperti Anji pernah buat lagu bareng saya, kita ajak dia untuk nostalgia. Kalau Rizky Febian tanpa pikir panjang dia langsung mau, karena katanya mengagumi lagu-lagu kita,” kata Rian.

"Sementara itu untuk Pusakata bisa dibilang kita cross scene dan ingin menunjukkan bahwa musik adalah musik, tidak ada sekat antara label major dan indie. Apalagi, Is Pusakata besar di Indie," sambungnya.

Pusakata adalah nama panggung Mohammad Istiqamah Djamad, alias Is, setelah ia keluar dari band Payung Teduh.

Sementara, Prilly Latuconsina diajak menjadi bintang tamu karena Rian pernah beberapa kali melihat Prilly sering menyanyikan lagu D'Masiv dalam Instastory.

Mengenai #LOVECONCERT, Rian berjanji akan memanjakan para penggemar dengan lighting dan visual yang berbeda. "Kita harap penonton nyaman dan terngiang-ngiang ketika pulang ke rumah, bahkan dikonsernya bisa sing along," ucapnya.

Ada 4.000 tiket yang disediakan untuk konser tersebut dan dapat dibeli di Blibli.com. Harganya antara Rp250.000-Rp750.000.

Bimo, program director GUDlive, menyatakan tiket pre-sale seharga Rp150.000 yang dijual 1 Agustus lalu telah ludes. Saat ini, sambungnya, sekitar 40 persen dari empat kategori yang disediakan (tribun, festival A, festival B, dan VIP) sudah terjual.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR