FILM INDONESIA

Dua Garis Biru mencatatkan rekor untuk Starvision

Tim di balik pembuatan film Dua Garis Biru merayakan pencapaian satu juta penonton di XXI Blok M Square, Jakarta Selatan (17/7/2019)
Tim di balik pembuatan film Dua Garis Biru merayakan pencapaian satu juta penonton di XXI Blok M Square, Jakarta Selatan (17/7/2019) | StarvisionPlus

Debut Gina S. Noer sebagai sutradara film panjang lewat Dua Garis Biru sungguh membanggakan.

Belum genap sepekan tayang di bioskop, film produksi bareng Starvision dan Wahana Kreator ini sanggup meraih lebih dari satu juta penonton.

Jumlah tersebut jauh meninggalkan dua film Indonesia lain yang tayang bersamaan pada 11 Juli 2019.

Berdasarkan catatan dari laman filmindonesia.or.id (18/7/2019), film Ikut Aku ke Neraka tercatat mendapatkan 94.651 penonton, sedangkan Iqro: My Universe memperoleh 93.479 penonton.

Dalam enam hari penayangannya, film Dua Garis Biru tepatnya meraup 1.085.587 penonton.

Tanda-tanda keberhasilan film yang prosesnya butuh sewindu itu terlihat sejak hari pertama rilis di bioskop.

Sebanyak 178.010 penonton menjadi saksi. Tren positif tersebut bertahan pada hari-hari berikutnya.

Sungguhpun persaingan merebut atensi calon penonton berlangsung sengit.

Selain harus berbagi layar dengan dua film Indonesia lain yang tayang bareng, Dua Garis Biru juga harus menghadapi persaingan yang datangnya dari Spider-Man: Far From Home dan Annabelle Comes Home.

Keberhasilan mencapai angka psikologis sejuta penonton adalah yang ketiga dialami oleh film produksi Starvision tahun ini.

Dua film sebelumnya yang berhasil menyentuh aras serupa adalah Yowis Band 2 (total 1.031.856 penonton) dan Ghost Writer (1.116.676 penonton).

Itupun butuh waktu lebih lama bagi dua film tadi untuk menembus jutaan penonton.

Jika Ghost Writer "pecah telor" pada hari penayangan ke-16, sekuel Yowis Band membutuhkan 22 hari.

Rekor film produksi Starvision yang tercepat meraih sejuta penonton sebelumnya dicatatkan Cek Toko Sebelah.

Film arahan Ernest Prakasa yang rilis pada 2016 itu menembus angka satu juta penonton pada hari kedelapan penayangannya.

“Satu juta penonton bukan menjadi tolok ukur dalam kesuksesan film ini, namun lebih dari itu saya berharap film ini dapat terus membawa pesan yang baik untuk orang tua dan seluruh masyarakat Indonesia tidak hanya dalam masa penayangannya saja, tapi untuk selanjutnya,” ujar Chand Parwez Servia, produser film Dua Garis Biru dalam siaran pers yang diterima Beritagar.id (17/7).

Sebagai bentuk terima kasih, Gina didampingi para pemain, seperti Angga Yunanda, Zara JKT48, Rachel Amanda, Asri Welas, dan Ravil Prasetya menyapa langsung para penonton di XXI Blok M Square, Jakarta Selatan (17/7).

Pada momen tersebut, Chand Parwez memberikan apresiasi secara simbolis kepada Gina berupa poster Dua Garis Biru bertuliskan jumlah penonton yang mereka peroleh.

Alhamdulillah, hanya kata tersebut yang dapat terucap karena sejujurnya ini sudah lebih dari mimpi dan harapan saya pribadi juga seluruh tim yang terlibat dalam film ini. Terima kasih untuk semua cinta dan kerja bersamanya dari awal proses sampai hari ini. Perayaan ini untuk kita semua,” ungkap Gina.

Dalam merayakan prestasi tersebut, rombongan pemain dan sutradara tak lupa membagikan poster eksklusif yang ditandatangani oleh Angga dan Zara selaku pemeran utama kepada para penonton.

“Semoga apresiasi kecil yang kami sampaikan dapat diterima di hati penonton pada kesempatan baik kali ini,” pungkas Chand Parwez.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR