KONSER

Dul gantikan Ahmad Dhani untuk pertunjukkan Dewa 19 di Malaysia

Terpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani bersiap menuju Rutan Cipinang di Jakarta Timur, Senin (28/1/2019). Dhani bakal absen dalam konser Dewa 19 di Malaysia, Sabtu (2/2).
Terpidana kasus ujaran kebencian Ahmad Dhani bersiap menuju Rutan Cipinang di Jakarta Timur, Senin (28/1/2019). Dhani bakal absen dalam konser Dewa 19 di Malaysia, Sabtu (2/2). | Sigid Kurniawan /Antara Foto

Band Dewa 19 akan tetap menggelar konser di Malaysia pada Sabtu (2/2/2019) meski tak diperkuat sang pendiri dan pemimpinnya, Ahmad Dhani Prasetyo. Posisi Dhani digantikan oleh sang anak, Abdul "Dul" Qodir Jaelani (18)..

Dhani terpaksa absen lantaran harus menjalani vonis penjara 1,5 tahun dari Majelis Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan karena terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana ujaran kebencian. Ia kini mendekam di rumah tahanan Cipinang, Jakarta Timur.

Perannya sebagai kibordis pun harus digantikan putranya, Dul. Hal tersebut diungkap oleh akun resmi Instagram Dewa 19, @de19wa, Kamis (31/1). Dalam unggahannya, akun tersebut menjelaskan bahwa putra bungsu Dhani dan bekas istirinya, Maia Estianty, bakal tampil untuk Baladewa--sebutan bagi penggemar Dewa 19-- di Malaysia.

Dul pun mengamini kabar itu. "Ya karena ayah saya sedang menjalani takdirnya, ya alhamdulillah saya ditawarkan dari pihak manajemen Dewa 19 untuk menggantikan ayah. Dan siapa yang enggak terima menggantikan Ahmad Dhani dalam Dewa 19?" katanya usai menggelar konser Tribute to Dewa 19 di kawasan Epicentrum Kuningan, Jakarta, dalam kutipan Tempo.co, Kamis (31/1).

Kendati demikian, Dul mengaku masih sangat gugup. Terlebih, dia hanya mendapatkan satu kesempatan untuk berlatih bersama anggota Dewa 19 lainnya.

Gelaran musik bertajuk Konser Reuni Dewa 19 di Stadion Malawati, Shah Alam, Malaysia, itu akan diperkuat dua eks-vokalisnya, Ari Lasso dan Once Mekel. Dul pun mengaku ada beban dalam dirinya.

Ia mengatakan tak mudah untuk menggantikan sosok musisi dengan nama besar seperti Dhani. "Ayah saya kan adalah pendahulu saya dan ayah saya sudah menciptakan musik. Waktu latihan, saya ngomong sama Om Andra sama Om Ari, 'ternyata susah ya jadi Ahmad Dhani'," ungkap dilansir Okezone.

Salah satu kesulitan bagi Dul adalah lagu-lagu Dewa 19 punya banyak chord dan pembagian suara yang rumit. Meski begitu, Dul menilai ini adalah langkah besar bagi kariernya sebagai musisi. Keterlibatannya juga dimanfaatkan untuk menambah jam terbang di dunia musik.

Menanggapi bergabungnya Dul dalam konser tersebut, Yuke (pemain bas) pun memberikan komentar. Kehadiran Dul justru membuat aransemen lagu-lagu Dewa 19 terdengar sangat berkelas.

Taste musik Dul lebih bagus dibanding Dhani, tapi darah bapaknya lebih kental. Cara dia cara lakukan aransemen lagunya Dhani, bapaknya banget. Dul main keyboard mewakili Dhani. Kita konser sekitar 2,5 jam sampai 3 jam.

"Penggemar Dewa dari Indonesia pasti ada kecewa, tapi diwakili anaknya mudah-mudahan terobati," ujar Yuke dikutip Cumicumi.com.

Dhani membentuk Dewa 19 di Surabaya pada 1986 dan sudah mempersiapkan segala sesuatunya untuk konser di Malaysia. Bahkan manajemen sudah mempersiapkan antisipasi kemungkinan Dhani masuk bui seperti dalam kontrak dengan promotor konser dari Malaysia.

Rencananya dalam konser tersebut, Dul akan turut membawakan sejumlah lagu populer Dewa 19. Dul dan para personel Dewa 19 beserta kru pun sudah berangkat ke Malaysia pada Kamis (31/1).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR