PIALA OSCAR

Durasi Oscar dipotong, para sineas protes

Deretan trofi Oscar saat dipamerkan di German Movie Museum, Frankfurt, Jerman, (2012).
Deretan trofi Oscar saat dipamerkan di German Movie Museum, Frankfurt, Jerman, (2012). | Nicolas Armer /EPA

Ajang Academy Awards ke-91 akan digelar pekan depan, tepatnya 24 Februari 2019. Namun menjelang hari H, penyelenggara justru mengabarkan bahwa durasi penayangan Oscar di televisi akan dipotong.

Dilansir dari Hollywood Reporter, Rabu (13/2/2019), puluhan sineas Hollywood mengirim surat terbuka untuk Academy of Motion Picture, Arts, and Sciences (AMPAS) --penyelenggara Academy Awards.

Dari puluhan sineas itu terdapat beberapa sutradara beken; misalnya Spike Lee, Quentin Tarantino, Ang Lee, Martin Scorsese, dan Damien Chazelle. Tidak lupa beberapa sinematografer seperti Roger Deakins, Janusz Kaminski, Emmanuel Lubezki, Wally Pfister, dan Linus Sandgren.

Mereka memrotes keputusan AMPAS untuk memotong durasi pengumuman pemenang beberapa kategori Oscar menjadi jeda iklan dalam siaran langsung Academy Awards mendatang. Empat kategori yang "dibuang" itu adalah Sinematografi Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik, Film Pendek Live-Action Terbaik, serta Tata Rias dan Rambut Terbaik.

Para sineas itu beralasan, bagaimana mungkin kategori yang sifatnya esensial terhadap sebuah film malah dianaktirikan oleh AMPAS. Contohnya sinematografi. Para penata kamera bisa dikatakan adalah "mata" bagi sang sutradara dalam menghidupkan naskah menjadi bentuk film layar lebar.

"Menurunkan status hasil karya sinematik nan esensial ini dalam perayaan Academy Awards ke-91 adalah penghinaan bagi kami yang telah mengabdikan hidup dan hasrat pada profesi pilihan kami," surat itu berbunyi.

Menurut para sineas, AMPAS mengurangi peran para sineas padahal itu tugas mereka untuk melindunginya. "Maka kami tak lagi menjunjung tinggi semangat Academy untuk merayakan film sebagai bentuk seni kolaboratif."

AMPAS memang tengah menghadapi buah simalakama. Bagaimanapun, slot iklan tetap diperlukan. Jika durasi siaran langsung kepanjangan, bisa saja nanti tak ada televisi yang mau menayangkannya secara langsung.

"Pola menonton Academy Awards telah berubah secara cepat dalam dunia multimedia saat ini, sehingga acara kami harus berevolusi supaya bisa terus mempromosikan film kepada penonton di seluruh dunia. Ini merupakan misi utama kami sejak 91 tahun lalu," ujar John Bailey, presiden AMPAS kepada Hollywood Reporter, Senin (11/2).

Empat kategori yang "dikorbankan" sebenarnya masih bisa dilihat secara streaming melalui Oscar.com dan kanal jejaring sosial milik AMPAS. Pidato kemenangan empat kategori ini juga tetap akan ditampilkan di televisi, meskipun secara tunda.

"Streaming secara live ini pertama kali untuk acara kami, dan akan meningkatkan kesadaran dan promosi terhadap kategori-kategori ini," jelas Bailey.

Ke depannya, empat hingga enam kategori bakal terpilih untuk "dikorbankan" secara bergantian. Sehingga, empat kategori yang "terpilih" tahun ini dipastikan akan muncul dalam siaran langsung Oscar edisi 2020.

Isu kategori terbuang ini menambah panjang daftar masalah dalam Academy Awards ke-91. Sebelumnya, acara tahunan ini memastikan digelar tanpa pembawa acara (host).

Pada awal Desember, Kevin Hart yang sedianya menjadi MC terpaksa mengundurkan diri. Hart mundur lantaran kontroversi yang muncul setelah kicauan lamanya di Twitter pada 2009-2011 dianggap menyinggung kaum LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan trans-seksual).

Acara Academy Awards ke-91 akan digelar di Dolby Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat. Film Roma dan The Favourite menjadi unggulan juara dengan menyumbang nomine terbanyak, masing-masing 10 buah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR