KONSER

Ed Sheeran konser di GBK tahun depan

Ed Sheeran dalam konferensi pers  'Songwriter' di Berlin International Film Festival (Berlinale), Berlin, Jerman (23/2/2018).
Ed Sheeran dalam konferensi pers 'Songwriter' di Berlin International Film Festival (Berlinale), Berlin, Jerman (23/2/2018). | Clemens Bilan /EPA-EFE

Ed Sheeran mengumumkan bakal manggung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, pada 3 Mei 2019. Para penggemar di Indonesia pastinya berharap tak ada lagi insiden yang bisa membatalkan jadwal tersebut.

Bintang pop asal Inggris ini sempat dijadwalkan tampil di ICE BSD, Tangerang, Banten, pada 9 November 2017 dalam rangkaian Asia Tour 2017, yang merupakan bagian dari Divide Tour 2017. Rangkaian konser itu dilakukan setelah ia merilis album ÷ (Divide).

Namun konser tersebut batal karena Sheeran cedera setelah mengalami kecelakaan saat bersepeda. Padahal saat itu tiket sudah nyaris habis terjual.

Selain di Indonesia, ia juga membatalkan konser di kota-kota lain dalam Asia Tour 2017, seperti Taipei, Osaka, Tokyo, Seoul, dan Hong Kong.

Dalam pernyataan tertulis yang mengumumkan pembatalan tersebut, Sheeran menyatakan akan berusaha untuk menjadwal ulang konser tersebut. Ia memenuhi janjinya.

Kedatangan Sheeran ke Jakarta diumumkan melalui akun Instagram salah satu promotor pertunjukan, AEG Presents, pada Rabu (28/11/2018).

Asia Tour 2019, begitu tajuk rangkaian konser Sheeran tersebut, akan diawali di Tokyo, Jepang pada 9 April. Ia kemudian lanjut ke Songdo Moonlight Festival Park di Korea Selatan (21 April) dan balik lagi ke Jepang untuk bernyanyi di Osaka (23 April).

Singapura menjadi negara Asia Tenggara yang pertama didatangi pada 26 April, disusul Bangkok (28 April), lalu SUGBK, Jakarta, pada 3 Mei. Beberapa kota lain yang juga akan disinggahi bakal diumumkan kemudian.

Promotor lainnya, Sound Rhytm, juga melalui akun Instagram, mengumumkan bahwa tiket akan mulai dijual pada 5 Desember 2018. Para penggemar yang ingin menyaksikan konser diminta untuk mendaftarkan diri pada situs web www.edsheeranjakarta.com untuk mengetahui kabar-kabar terbaru.

Tiket pertunjukan dibagi dalam enam kategori. Harganya mulai dari Rp550.000 hingga Rp2,6 juta, belum termasuk pajak 15 persen dan biaya administrasi 3 persen. Karcis tersebut hanya bisa dibeli di www.edsheeranjakarta.com. Ada 45.000 tiket yang tersedia.

Untuk menghindari percaloan, penyelenggara menyatakan nama pembeli akan dicetak pada tiket tersebut dan mereka harus menunjukkan kartu identitas saat akan memasuki area konser.

Promotor lokal, PK Entertainment, mengonfirmasi kabar tersebut dalam jumpa pers di Jakarta, Rabu (28/11).

"Jadi kami hari ini bisa mengkonfirmasi Ed Sheeran akan datang ke Indonesia tanggal 3 Mei 2019, hari Jumat. Kami sangat bangga bisa membawa Ed Sheeran ke Indonesia," kata Peter Harjani, CEO PK Entertaiment, dikutip Kompas.com.

Divide yang amat sukses

Divide adalah bahasa Inggris dari tanda bagi (÷) yang menjadi judul album ketiga penyanyi berusia 28 tahun itu. Dua album sebelumnya bertajuk + (Plus) dan x (Multiply).

Album yang meluncur pada 3 Maret 2017 itu berhasil menegaskan status lelaki bernama lengkap Edward Christopher Sheeran itu sebagai salah satu bintang pop terpopuler di dunia.

Hanya beberapa hari setelah dirilis, berbagai rekor langsung dipecahkan oleh album tersebut.

Divide terjual hingga 432 ribu kopi hanya dalam tiga hari di Inggris Raya. Sementara di Amerika Serikat penjualannya mencapai 451 ribu kopi pada pekan perdananya dan, menurut data Nielsen Music (h/t Forbes), mencapai 2,764 juta kopi album fisik pada akhir tahun.

Hanya lima hari setelah dirilis, Divide memecahkan rekor pengaliran (streaming) lagu di Spotify, didengarkan 273 juta kali. Lagu "Galway Girl" bahkan diputar hingga 1 juta kali setiap harinya.

Sembilan dari 16 lagu yang ada di dalam album tersebut masuk dalam Top 10 tangga lagu di Inggris, sebuah rekor baru.

Video klip lagu andalan album itu, "Shape of You" hingga berita ini ditulis sudah disaksikan lebih dari 3,9 miliar kali di YouTube, disusul "Perfect" yang dilihat 1,6 miliar kali.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR