FILM INDONESIA

Empat diva ramaikan soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2

Isyana Sarasvati menjadi salah satu pengisi soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2.
Isyana Sarasvati menjadi salah satu pengisi soundtrack Ayat-Ayat Cinta 2. | MD Music Indonesia

Pada 2008, ada sebuah film Indonesia yang sukses besar. Film itu adalah Ayat-Ayat Cinta yang mampu meraih 3,6 juta penonton, menjadikannya film terlaris di Indonesia sepanjang masa, meski selang beberapa bulan kemudian gelar itu direbut Laskar Pelangi.

Selain tiket bioskop yang laris, Ayat-Ayat Cinta juga dikenal dengan lagu tema (soundtrack) berjudul sama yang dinyanyikan oleh Rossa. Di YouTube, videoklipnya yang dirilis tujuh tahun lalu sudah sejuta kali ditonton.

21 Desember mendatang, sekuel Ayat-Ayat Cinta akan dirilis. MD Pictures selaku rumah produksi terlihat ambisius dengan proyek Ayat-Ayat Cinta 2, syutingnya saja dilakukan di Eropa selama 25 hari. Dari segi musik ada empat penyanyi wanita populer Indonesia yang bakal meramaikan lagu tema filmnya.

Mereka adalah Krisdayanti, Rossa, Raisa, dan Isyana Sarasvati. Seperti film pertama, musik Ayat-Ayat Cinta 2 ditangani oleh duo suami-istri Melly Goeslaw dan Anto Hoed. Dalam rilis pers yang diterima Beritagar.id pada Selasa (7/11/2017), Melly mengaku kesuksesan film pertama membebaninya.

"Beban yang ada saya jadikan motivasi untuk membuat lirik lagu yang lebih dalam dan kuat, saya membaca naskah filmnya berkali-kali, jadi saya memahami betul lagu yang saya akan buat sesuai dengan peran karakter dari cerita filmnya" ujar wanita yang juga menggarap lagu tema film fenomenal lain, Ada Apa Dengan Cinta (2002).

Seperti apa kisah Ayat-Ayat Cinta 2? Fahri (Fedi Nuril) kehilangan istrinya, Aisha. Ia menghilangkan rasa sedihnya dengan menyibukkan diri sebagai dosen dan pengusaha, sekaligus berusaha memperbaiki citra Islam di Inggris.

Di tengah kesendirian, tiga perempuan tiba-tiba masuk dalam kehidupannya. Ada Keira (Chelsea Islan), tetangga Fahri yang tak suka pada umat Muslim karena ayahnya tewas akibat insiden teror di London pada 2005. Lalu Hulya (Tatjana Saphira), mahasiswi pasca-sarjana yang juga sepupu Aisha dan juga berdarah Turki-Jerman.

Yang terakhir, Sabina (Dewi Sandra), wanita misterius bercadar yang berprofesi sebagai pengemis. Hubungan Fahri dengan ketiga perempuan itu menjadi inti cerita film yang digarap oleh Guntur Soeharjanto ini.

Krisdayanti yang menyanyikan lagu "Ayat-Ayat Cinta 2" mewakili karakter Fahri. Penyanyi yang akrab dipanggil KD ini menyatakan kesenangannya dapat bekerja dengan Melly dan musisi-musisi top lainnya.

"Ketika membawakan lagu ini membawa energy positif, sehingga hasil rekamannya pasti puas, Melly Goeslaw membuat lirik lagu ini begitu dalam maknanya, sedih dan syahdu," ujar KD.

Rossa akan menuangkan karakter Sabina dalam lagu berjudul "Bulan Dikekang Malam". Seperti Melly, ia mengaku harus menghayati sinopsis filmnya lebih dulu. "Untuk membawakan lagu "Bulan dikekang Malam" memang lebih sulit dari film yang pertama."

"Aku harus lebih menghayati lirik lagunya karena lagunya akan ada di bagian scene film Ayat Ayat Cinta 2, aku harus menjiwai inti cerita dari sinopsis filmnya, mendengar hasil lagunya aku puas banget ya, semoga bisa diterima oleh pengemar filmnya" ujar Rossa.

Lain lagi dengan Isyana. Ia akan membawakan lagu "Masih Berharap" yang tidak diciptakan Melly, melainkan Yovie Widianto dengan aransemen oleh Ari Renaldi. "Ini mimpi yang menjadi kenyataan, aku pernah mimpi mengisi soundtrack film besar," ujar Isyana.

Berbeda dengan Melly yang membaca sinopsis berulang-ulang untuk membuat lirik, Yovie hanya butuh 15 menit setelah menonton trailer Ayat-Ayat Cinta 2. "Lagu ini mengenai seseorang yang dicintai namun yang dicintai masih memikirkan kekasihnya," ujar Yovie.

Dari keempat diva musik ini, hanya Raisa yang lagunya belum dirilis. Yang jelas, lagu pengisi Ayat-Ayat Cinta 2 oleh istri Hamish Daud ini bakal dirilis dalam waktu dekat dan ia ciptakan sendiri.

Begitu ambisiusnya MD, dalam waktu dekat Raisa, Isyana, Krisdayanti, dan Rossa akan tampil satu panggung dalam konser bertajuk Ayat-Ayat Cinta in Concert with Live Orchestra - The Colours of Love pada 20 Desember di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Jakarta Pusat. Harga tiket berkisar dari Rp550 ribu hingga Rp2,2 juta.

Isyana Sarasvati - Masih Berharap (Official Music Video) | Soundtrack Ayat Ayat Cinta 2 /MD Music Indonesia
Rossa - Bulan Dikekang Malam (Official Music Video) | Soundtrack Ayat Ayat Cinta 2 /MD Music Indonesia
Krisdayanti - Ayat Ayat Cinta 2 (Official Music Video) | Soundtrack Ayat Ayat Cinta 2 /MD Music Indonesia
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR