FILM INDONESIA

Ernest Prakasa dan kawan-kawan ramaikan film Sesuai Aplikasi

Ernest Prakasa (paling kiri) bersama para pemain Sesuai Aplikasi dalam poster film tersebut.
Ernest Prakasa (paling kiri) bersama para pemain Sesuai Aplikasi dalam poster film tersebut. | TBS Films

Nama Ernest Prakasa (36) kini identik dengan genre komedi nan sukses setelah membintangi beberapa film dengan jutaan penonton seperti Susah Sinyal (2017) dan Cek Toko Sebelah (2016). Dua film itu kebetulan dipenuhi para komika, profesi Ernest sebelum lebih dikenal sebagai aktor dan sutradara.

Beberapa orang dengan jejak karier yang bertautan dengan Ernest juga muncul dalam film terbarunya, Sesuai Aplikasi. Cuplikannya (teaser) dirilis melalui Youtube oleh TBS Films pada Senin (29/10/2018).

Dalam film ini, Ernest hanya menjadi aktor pendukung. Sedangkan salah satu bintang utama Sesuai Aplikasi adalah Nugroho “Lolox” Achmad (29), seorang komika jebolan acara Stand Up Comedy Show. Ia sudah pernah bermain bersama Ernest dalam The Underdogs (2017), Susah Sinyal, dan Ngenest (2015).

Salah satu bintang pendukung Sesuai Aplikasi lainnya yang juga punya pertautan dengan Ernest adalah Dayu Wijanto. Dayu pernah bermain dalam Cek Toko Sebelah dan Susah Sinyal sebagai ibu karakter yang diperankan Ernest.

Sementara, sutradara Sesuai Aplikasi adalah Adink Liwutang. "Buat yang belum kenal nama Adink Liwutang, doi adalah co-director di tiga film gue," tulis Ernest dalam sebuah post di Instagram yang diunggah pada Selasa (30/10). Tiga film tersebut adalah Ngenest, Cek Toko Sebelah , dan Susah Sinyal .

Selain itu, Adink juga beberapa kali jadi co-director (asisten sutradara) dalam film lain seperti Coboy Junior The Movie (2013), Comic 8: Casino Kings part 1 (2015), dan Ada Cinta di SMA (2016).

Meski filmografinya didominasi jabatan asisten sutradara, Sesuai Aplikasi bukan debut penyutradaraan bagi Adink. Sineas berusia 46 itu sudah pernah menggarap The Underdogs (2017), film komedi yang juga dibintangi Ernest.

Kali ini, Adink juga menggarap kisah Sesuai Aplikasi bersama Ronny Irawan. Naskah kemudian dipoles oleh Bene Dion Rajagukguk untuk memberikan sentuhan komedi. Bene juga seorang komika yang turut menata skrip The Underdogs dan film Ernest lainnya, Stip dan Pensil (2017).

Bicara soal cerita, Sesuai Aplikasi adalah komedi drama yang mengangkat fenomena ojek daring (online) yang sudah tidak asing bagi masyarakat, khususnya di perkotaan.

Sebagai film layar lebar pertama yang mengangkat fenomena ojek online, Sesuai Aplikasi mencoba menghadirkan kehidupan sehari-hari para pengendara dan penumpangnya.

Istilah "sesuai aplikasi" adalah frase yang kerap muncul dalam dunia ojek online, ketika sang pengojek memastikan letak lokasi penjemputan pada pengguna aplikasi yang memesannya.

Sesuai Aplikasi menceritakan persahabatan dua pengojek online; Pras (Valentino Peter) dan Duras (Lolox), yang-sama berjuang memenuhi kehidupan keluarga masing-masing.

Pras bekerja keras untuk membiayai operasi jantung ibunya. Sementara, Duras ingin memenuhi wasiat ayahnya untuk membiayai pendidikan sang adik.

Suatu hari, seorang pencuri berkedok pemilik warung kopi bernama Sakti (Ernest Prakasa) kehilangan berlian curiannya. Rupanya barang tersebut terbawa oleh diva dangdut bernama Sofiyah (Titi Kamal). Sakti kelimpungan, ia memaksa Pras dan Duras untuk mengambil berlian dari rumah Sofiyah.

Pemeran utama Valentino Peter adalah seorang aktor baru. Dalam film ini, ia jadi rider ojek online yang fotonya viral karena ketampanannya. Hal ini bikin kekasihnya, Alia (Kamasean Matthews), cemburu.

Sementara bagi Titi Kamal (36), ini adalah kedua kalinya ia menjadi biduan dangdut setelah bergoyang dalam film Mendadak Dangdut (2006). "Perannya sih sama, tapi karakternya beda banget dari film aku sebelumnya," terang Titi dalam rilis pers yang diterima Beritagar.id pada Selasa (30/10/2018).

Selain mereka, Sesuai Aplikasi dibintangi oleh Taksya Namya, Meisya Amira, dan Alicia Djohar. Film ini akan tayang di bioskop mulai 6 Desember 2018.

TRAILER FILM SESUAI APLIKASI (2018) | 6 Desember 2018 di Bioskop /TBS Films
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR