Film Gundala Putra Petir tayang 2016

Produser, sutradara dan komikus Gundala Putra Petir
Produser, sutradara dan komikus Gundala Putra Petir | Koleksi album foto akun Twitter @PopconAsia

Rumor tentang kembalinya tokoh komik Gundala ke layar lebar mulai merebak sejak 2008, dengan prediksi tayang Juni 2009. Bocoran berupa ringkasan cerita, data-data kru, storyboad, serta poster film yang muncul di papan buletin forum kafegaul membuat banyak penggemar yakin rumor tersebut benar. The Jakarta Post (10/6/2010) kemudian menuliskan laporan bahwa semua informasi tersebut hoax.

Momentum menjawab kepastian rumor itu terjadi di ajang Popular Culture Convention Asia (PopconAsia) yang berlangsung di SMESCO Exhibition Hall, Jakarta Selatan, Minggu (21/9/2014). Dalam konferensi persnya, pengusaha sekaligus presiden klub sepakbola Inter Milan, Erick Thohir (44), yang menjadi produser mengatakan bahwa Gundala Putra Petir: The Movie akan tayang pada 2016.

Hanung Bramantyo (38) ditunjuk sebagai sutradara. "Sampai saat ini kami masih terus menggodok skenario Gundala. Jadi, belum ada pemainnya. Saya ingin menampilkan sosok Gundala yang dekat dengan kita orang Indonesia," ungkap Hanung.

Gundala yang penampilan fisiknya sekilas mirip The Flash keluaran DC Comics merupakan karya Harya Suraminata (Hasmi) yang pertama rilis 1969 dalam bentuk komik berjudul Gundala Putra Petir terbitan Kentjana Agung. Bisa mengeluarkan geledek dari telapak tangan dan berlari secepat angin adalah kekuatan utamanya.

Komik terakhir Gundala di tangan Hasmi adalah Surat dari Akherat (Prashida-1982). Selepas itu, banyak bermunculan komik-komik Gundala buatan para penggemar (fanmade). PPFN (Jakarta) dan AGI Studio (Tokyo) bekerja sama dengan distributor Cancer Mas Film kemudian mengadaptasinya ke layar lebar pada 1981. Susunan pemainnya terdiri dari; Teddy Purba (sebagai Ir. Sancoko alias Gundala Putera Petir), W. D. Mochtar (Gazul) dan Anna Tairas (Minarti).

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR