FILM HOLLYWOOD

Film Hollywood paling ditunggu pada 2018

Sebuah adegan dalam Avengers: Infinity War.
Sebuah adegan dalam Avengers: Infinity War. | Marvel Studios

Tahun 2017 akan berakhir. Sepanjang tahun ini, beberapa film Hollywood sukses menghibur penonton --dan mendapatkan banyak uang-- seperti Star Wars: The Last Jedi, Beauty and the Beast, Wonder Woman, Guardians of the Galaxy Vol. 2, dan Spider-Man Homecoming. Apa saja jagoan Hollywood untuk 2018?

Menurut situs Fandango (29/12/2017), film yang paling ditunggu pada 2018 tak lain adalah Avengers: Infinity War, disusul Black Panther, Jurassic World: Fallen Kingdom, dan Deadpool 2. Inilah beberapa film calon blockbuster yang kami susun berdasarkan bulan tayangnya.

Januari: Insidious: The Last Key (5 Jan), Maze Runner: The Death Cure (26 Jan)

Bulan pertama 2018 dibuka dengan film seram. Insidious: The Last Key siap menakut-nakuti penonton. Kisahnya masih berkutat pada paranormal-psikolog Elise Rainier (Lin Shaye) yang harus menginvestigasi sebuah rumah hantu di daerah Five Keys. Rumah itu ternyata adalah tempat tinggal Elise saat masih kecil.

Insidious: The Last Key - Official Trailer (HD) /Universal Pictures

Februari: Cloverfield Movie (2 Feb), Fifty Shades Freed (9 Feb), Black Panther (16 Feb)

Meskipun judulnya saja belum jelas, Cloverfield Movie menjadi film thriller-horor paling ditunggu pada 2018 versi Fandango. Trailer-nya pun belum dirilis, padahal jadwal perilisannya tanggal 2 Februari. Beberapa situs menyebut judulnya adalah God Particle, mengisahkan percobaan sekelompok astronot yang berujung sebuah penemuan menyeramkan.

Menyusul dua pekan setelah Cloverfield Movie adalah Black Panther. Dalam Captain America: Civil War (2016), karakter T'Challa/Black Panther sudah muncul, seorang pangeran yang menjadi Raja Wakanda setelah ayahnya tewas akibat serangan teroris. Setelah bertarung melawan Captain America dan kawan-kawan, dalam film tunggalnya tampaknya Black Panther akan mengurus persoalan dalam negeri.

Marvel Studios' Black Panther - Official Trailer /Marvel Entertainment

Maret: Death Wish (2 Mar), A Wrinkle in Time (9 Mar), Tomb Raider (16 Mar), Pacific Rim Uprising (23 Mar), Ready Player One (30 Mar)

Bulan ketiga, persaingan makin seru. Death Wish merupakan usaha Bruce Wilis mengembalikan kejayaan film aksi semacam Die Hard (1988). Namun Death Wish yang disutradarai Eli Roth adalah pembuatan ulang film berjudul sama yang dirilis pada 1974.

Tomb Raider adalah adaptasi game berjudul sama. Karakter Lara Croft yang pernah diperankan Angelina Jolie beralih ke aktris muda Alicia Vikander (27). "Ini seperti sebuah kisah asal mula (Lara Croft). Semoga film dari reboot gim ini bakal memberikan sesuatu yang baru dan segar; sebuah kisah yang berdiri sendiri," ucap Vikander pada Juli.

Pacific Rim Uprising kembali menjanjikan robot raksasa (jaeger) melawan monster yang lebih besar (kaiju). Tokoh utama film ini diperankan oleh bintang Star Wars John Boyega. Ready Player One (2017) adalah karya teranyar sutradara kondang Steven Spielberg, yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ernest Cline yang terbit tahun 2011.

Pacific Rim: Uprising IMAX® Trailer /IMAX

April: A Quiet Place (6 Apr), Rampage (13 Apr)

Judul A Quiet Place seakan mewakili sepinya bulan April yang tidak memiliki film jagoan. A Quiet Place dibintangi John Krasinski dan Emily Blunt, mengisahkan teror yang menerpa sebuah keluarga di tempat tinggal mereka nan terpencil.

Sementara Rampage yang diramaikan oleh Dwayne "The Rock" Johnson dan bintang serial The Walking Dead, Jeffrey Dean Morgan merupakan film monster yang diadaptasi dari gim klasik tahun 1980-an.

Mei: Avengers Infinity War (4 Mei), Solo: A Star Wars Story (25 Mei)

Awal Mei dunia akan diguncang perang Thanos melawan Avengers untuk merebut batu Infinity. Wajar jika film ini jadi paling ditunggu. Dunia maya langsung terguncang saat Marvel merilis video cuplikannya pada September.

Sementara, Solo: A Star Wars Story dibayangi awan hitam. Pasalnya, duet sutradara Christopher Miller dan Phil Lord dipecat oleh Lucasfilm, yang menggantinya dengan Ron Howard.

Marvel Studios' Avengers: Infinity War Official Trailer /Marvel Entertainment

Juni: Deadpool 2 (1 Jun), Ocean 8 (8 Jun), The Incredibles 2 (15 Jun), Jurassic World: Fallen Kingdom (22 Jun), Sicario 2 (29 Jun)

Juni merupakan puncak liburan musim panas, juga saatnya studio merilis film-film jagoan. Para penggemar menunggu-nunggu Ryan Reynolds kembali mengenakan topeng Deadpool dalam sekuelnya, yang akan melibatkan tokoh Cable (diperankan Josh Brolin).

Jurassic World: Fallen Kingdom adalah sekuel yang lebih kelam dari Jurassic World (2015). Kini wahana Dunia Jurassic terancam bahaya akibat letusan gunung berapi. Owen (Chris Pratt) dan Claire (Bryce Dallas Howard) harus kembali ke Isla Nublar agar para dinosaurus tidak punah untuk kedua kalinya.

Ocean 8 merupakan produksi ulang dari trilogi Ocean Eleven dari tahun 2000-an. Bedanya, kini seluruh anggota kelompok perampok bank itu adalah perempuan.

Deretan artis ternama seperti Sandra Bullock, Cate Blanchett, Anne Hathaway, Mindy Kaling, Olivia Munn, Sarah Paulson, Awkwafina, Rihanna, dan Helena Bonham Carter meramaikan film ini.

Jurassic World: Fallen Kingdom - Official Trailer [HD] /Universal Pictures

Juli: Ant-Man and The Wasp (6 Jul), The Nun (13 Jul), Mission Impossible 6 (27 Jul)

Seperti Avengers dan Black Panther, Ant-Man and The Wasp juga termasuk dalam Marvel Cinematic Universe (MCU). Namun dalam daftar Fandango, film yang dibintangi Paul Rudd ini tidak hadir. Paling tidak, nama aktris Evangeline Lily sebagai The Wasp muncul dalam daftar karakter komik paling ditunggu.

Ingat Valak, karakter yang menjadi biang teror dalam Conjuring 2 (2016)? Membekas di hati penonton, sosok iblis berupa biarawati itu dibuatkan film sendiri, The Nun yang mengisahkan awal mula kemunculannya dalam cerita yang punya set waktu tahun 1952.

Masa iya Superman berkumis? Kumis aktor Henry Cavill, pemeran Superman, harus disunting menggunakan komputer untuk film Justice League (2017). Ini gara-gara Paramount mewajibkan aktor Inggris itu untuk memelihara kumis demi film Mission Impossible 6.

Cavill adalah nama baru dalam film keenam dari waralaba yang kembali dibintangi Tom Cruise itu.

Agustus: The Predator (3 Agu), Barbie (8 Agu)

Seperti tahun ini, Agustus-September 2018 juga tidak memiliki banyak film jagoan yang benar-benar bisa mengguncang box office.

The Predator adalah pembuatan ulang dari Predator (1987), film mengenai serangan alien pemburu berteknologi tinggi. Kisah ini menjadi waralaba dan sudah menghasilkan tiga film, belum termasuk dua film yang mempertarungkan Predator melawan monster Alien.

Film barunya dibintangi oleh Keegan-Michael Key, Sterling K. Brown, Olivia Munn, Boyd Holbrook, Trevante Rhodes, dan aktor cilik Jacob Tremblay.

Siapa tak kenal boneka Barbie? Mainan bikinan Mattel ini akhirnya diangkat ke layar lebar, mengikuti jejak Transformers dan GI Joe. Rumornya Anne Hathaway akan ikut bermain.

September: Goosebumps: Horrorland (21 Sep), Robin Hood (21 Sep)

Kisah pencuri budiman Robin Hood kini dibuat ulang, kali ini dengan setting modern. Pemeran Robin adalah Taron Egerton, bintang waralaba Kingsman. Jamie Foxx, Jamie Dornan, Eve Hewson, Paul Anderson, dan Ben Mendelsohn juga meramaikan film garapan sutradara Otto Bathurst itu.

Perolehan box office film pertamanya yang sebesar US $150 juta dari seluruh dunia rupanya meyakinkan Columbia Pictures untuk membuat Goosebumps: Horrorland. Aktor Jack Black akan kembali memerankan R. L. Stine, pria dibalik kisah seram Goosebumps.

Oktober: Venom (5 Okt), First Man (12 Okt), Mowgli (19 Okt)

Patut ditunggu bagaimana sentuhan aktor Tom Hardy sebagai Venom, musuh Spider-Man. Apalagi Venom juga akan memiliki rating R (Restricted, artinya penonton usia di bawah 17 tahun harus ditemani orangtua atau orang dewasa saat ke bioskop) mengikuti jejak dua film superhero sukses Logan (2017) dan Deadpool (2016).

Aktor Ryan Gosling akan menjadi Neil Armstrong, manusia pertama yang berjalan di Bulan, dalam film First Man. Gosling kembali berkolaborasi bersama sutradara Damien Chazelle, yang memenangi Oscar berkat La La Land (2016).

Mowgli merupakan hasil adaptasi kisah Jungle Book yang dijanjikan bakal lebih gelap daripada versi Disney. Sutradaranya Andy Serkis, aktor spesialis teknologi motion capture. Kabarnya Serkis bakal lebih setia pada novelnya yang terbit pada 1894.

November: Dark Phoenix (2 Nov), Fantastic Beasts: The Crimes of Grindelwald (16 Nov)

Dark Phoenix adalah film X-Men. Garapan sutradara Simon Kinberg ini akan berpusat pada karakter Jean Grey, mutan berkekuatan pikiran yang berpotensi menjadi entitas yang sangat jahat dan kuat bernama Phoenix.

Lahir sebagai sempalan Harry Potter, Fantastic Beasts sukses menjadi waralaba baru. Film keduanya, The Crimes of Grindelwald kembali mengikuti petualangan Newt Scamander (Eddie Redmayne) menghadapi penyihir jahat Grindelwald (Johnny Depp). Aktor Jude Law akan memerankan penyihir kuat Dumbledore, yang kelak menjadi mentor Harry Potter.

Desember: Spider-Man: Into the Spider-Verse (14 Des), Aquaman (21 Des), Bumblebee (21 Des), Bohemian Rhapsody (25 Des)

Desember dipenuhi berbagai film yang berpotensi menarik penonton ke bioskop. Dimulai dari Spider-Man yang kembali ke layar lebar.

Namun bukan dalam bentuk live action, melainkan animasi. Karakter utamanya sebagai Manusia Laba-Laba pun bukan Peter Parker melainkan Miles Morales (Shameik Moore). Into the Spider-Verse akan hadir secara mandiri, tidak berhubungan dengan karakter Spider-Man (Tom Holland) dalam MCU.

Seminggu setelah Spider-Man, penonton kembali dihibur tokoh superhero. Aquaman bakal muncul di bioskop, sebagai bagian dari DC Extended Universe. Sebelumnya, aktor Jason Momoa sudah memerankan Arthur Curry/Aquaman dalam Justice League (2017).

Aquaman akan bertarung dengan Bumblebee, sempalan dari Transformers. Bumblebee adalah robot Transformers berwujud mobil sport Chevrolet Camaro, tapi dalam filmnya yang punya set waktu 1987, ia hanya jadi sebuah VW rongsokan --warnanya tetap kuning.

Seperti Solo: A Star Wars Story, Bohemian Rhapsody juga dinaungi awan hitam kegagalan karena sang sutradara dipecat. Bryan Singer dianggap mangkir dari tugasnya, ia kerap menghilang dari lokasi syuting yang sedianya berada di London, Inggris, sejak bulan lalu. Ia mengaku sedang sakit, tapi rumornya Singer ribut dengan Rami Malek, pemeran vokalis Queen Freddy Mercury.

SPIDER-MAN: INTO THE SPIDER-VERSE - Official Teaser Trailer /Sony Pictures Entertainment
Catatan redaksi: Jadwal yang ditampilkan di atas merupakan tanggal rilis film di Amerika Serikat. Jadwal bisa berubah sewaktu-waktu.
BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR