FILM INDONESIA

Film romantis tidak selalu tayang pada Hari Valentine

Pembeli memilih bunga mawar di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Rabu (13/2/2019), menjelang Hari Kasih Sayang (Valentine Day).
Pembeli memilih bunga mawar di Pasar Bunga Rawa Belong, Jakarta, Rabu (13/2/2019), menjelang Hari Kasih Sayang (Valentine Day). | Putra Haryo Kurniawan /Antara Foto

Tradisi kultur pop hari kasih sayang (Hari Valentine) setiap 14 Februari identik dengan bunga, biasanya mawar, dan cokelat. Sebagian kalangan usaha pun memanfaatkan momen itu, termasuk para pelaku film.

Pada Februari tahun ini, ada dua film bernada romantis Indonesia yang rilis saat Hari Valentine, Kamis (14/2/2019). Masing-masing Antologi Rasa dan Calon Bini.

Sebenarnya ada dua film lain yang juga mulai tayang di bioskop pada saat Hari Valentine, yaitu Kain Kafan Hitam dan The Man From the Sea (Laut). Namun nuansa film ini tidaklah romantis, bahkan Kain Kafan Hitam adalah film horor.

Sebenarnya, tak ada genre film romantis dalam industri film Indonesia. Nuansa romantis bisa muncul dalam genre film apa saja, misalnya dalam genre humor seperti Calon Bini.

Nuansa romantis paling mudah ditemui dalam genre film remaja (young adult) dan drama. Ia bercerita tentang romantisme, mengisahkan percintaan antartokoh peran,

Hal itu terlihat dari data filmindonesia.or.id yang dipelajari Lokadata Beritagar.id. Genre film remaja dan drama mendominasi pemutaran pada Februari --belum tentu pada hari Valentine-- periode 1927 hingga 2018.

Perlu dicatat ada 1.273 film dari 16 genre yang dirilis pada 1927-2018. Namun khusus film drama, Lokadata hanya mempelajari 317 film pada 2002-2018 karena ratusan film lainnya tidak menyebutkan tanggal rilis atau edar film --bukan tahun produksi.

Tak banyak film bernuansa romantis yang terbit pada Februari selama 1927 hingga 2018.
Tak banyak film bernuansa romantis yang terbit pada Februari selama 1927 hingga 2018. | Lokadata /Beritagar.id

Bisa dilihat pada tabel di atas bahwa genre film remaja dan drama mendominasi pemutaran pada Februari. Namun, jumlahnya pun tak banyak --tidak sampai 30 persen dari seluruh film Indonesia yang pernah dirilis.

Tetapi khusus film genre drama, 495 tayang pada Februari selama periode 1927-2018. Meski begitu tidak semuanya punya nuansa romantis atau bila sebaliknya belum tentu tayang saat Hari Valentine.

Film drama yang pernah tayang pada 14 Februari adalah Rectoverso (2013) dan Eiffel I’m in Love 2 (2018). Dari dua judul ini, hanya film disebut terakhir yang benar-benar bernuansa romantis.

Sedangkan dari total 14 film remaja, empat di antaranya tayang pada Februari. Masing-masing adalah Ada Apa dengan Cinta? (2002), Realita Cinta dan Rock'n Roll (2006), Jomblo (2006), dan Cinta Pertamaku (2014). Jelas dari judulnya bahwa empat film itu memiliki nuansa romantis.

Dari data itu bisa disimpulkan bahwa masa Valentine atau Februari memang bukan favorit untuk rilis film, setidaknya menurut data film yang menampilkan waktu tayang. Maklum, penentuan waktu tayang perdana di bioskop dipengaruhi oleh sejumlah faktor.

Februari 2017 penuh dengan film drama romantis.
Februari 2017 penuh dengan film drama romantis. | Lokadata /Beritagar.id

Misalnya, apakah pada waktu yang sama ada film jagoan (blockbuster) atau film Hollywood yang juga akan tayang. Jika film tertentu tidak cukup punya nyali atau modal untuk menyainginya, maka produser akan menghindari tayang pada masa itu.

Lagi pula, data menunjukkan bahwa film yang dirilis pada Februari belum tentu laris ditonton. Hanya ada empat film drama bernuansa romantis yang berhasil mencatat banyak penonton pada Februari.

Mereka ialah remake (daur ulang) Badai Pasti Berlalu (2007) dengan 212.551 penonton, Ayat-ayat Cinta (2008) dengan 3,6 juta penonton, London Love Story (2016) dengan 1,12 juta penonton dan Surga Yang Tak Dirindukan (2017) dengan 1,63 juta penonton.

Dari data di atas pula diketahui bahwa film genre lain justru punya waktu tayang "favorit". Misalnya saja genre film anak-anak yang mayoritas tayang dalam masa libur sekolah pada Juni dan Juli, serta Desember.

Contohnya film Kulari ke Pantai (2018) yang tayang pada Juni. Atau pada Desember adalah Garuda di Dadaku 2 (2011).

Sedangkan mayoritas film nuansa perang (genre aksi) tayang pada Agustus, momen ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia. Misalnya film Jenderal Soedirman (2015) dan Merah Putih (2009).

Jika dilihat pembabakan periode tahun, Februari 2017 adalah momen yang paling sering muncul film drama romantis dalam 17 tahun terakhir --jumlahnya enam film. Maklum, pada Februari 2017 ada 12 film yang tayang, lebih banyak dibandingkan dengan Februari pada tahun lain

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR