FILM TERLARIS

Film Rudy Habibie belum menandingi Habibie & Ainun

Reza Rahadian kembali memerankan sosok BJ Habibie muda dalam film Rudy Habibie
Reza Rahadian kembali memerankan sosok BJ Habibie muda dalam film Rudy Habibie | Nurdiansah/Tempo

Dua pekan lamanya Badan Perfilman Indonesia (BPI) absen memberikan laporan daftar film Indonesia terlaris berdasarkan jumlah penjualan tiket di bioskop. Pengumuman itu akhirnya datang pada 20 Juli 2016. Merangkum penghasilan periode 27 Juni-17 Juli, pemuncaknya adalah Rudy Habibie.

Film arahan Hanung Bramantyo produksi MD Pictures tertayang sejak 30 Juni. Selama kurun lebih dari dua pekan, kuota tiket filmnya di bioskop terjual lebih dari 1,4 juta lembar. Angka yang menggembirakan namun belum cukup melampaui catatan film pendahulunya, Habibie & Ainun.

Menurut catatan situs filmindonesia.or.id, sebanyak 4.296.335 juta lembar tiket menonton Habibie & Ainun ludes terjual. Dari jumlah tersebut, sekitar 2,1 juta lembar di antaranya diborong dalam tempo 14 hari.

Ada beragam sebab yang bisa dimajukan sebagai alasan mengapa film Rudy Habibie dengan target 10 juta penonton tak bisa melampaui, alih-alih menyamai rekor pendahulunya.

Mulai dari perbedaan cerita yang tak lagi dominan berisi kisah cinta nan melankolis, hingga perbedaan jadwal tayang.

MD Pictures kala itu memasarkan Habibie & Ainun di bioskop menjelang akhir tahun. Tepatnya 20 Desember 2012. Sementara prekuelnya kali ini, yang mendapat pembubuhan sebagai Habibie & Ainun 2, tayang saat Ramadan.

Periode tersebut sudah lama dihindari produser film. Alasannya karena tak cukup banyak orang tertarik ke bioskop selama bulan puasa. Oleh karena itu, Manoj Punjabi dari MD Pictures memasarkan Rudy Habibie pada penghujung Ramadan.

Berkebalikan dengan periode sebelumnya, mendekati Idulfitri merupakan salah satu "tanggal cantik" dalam industri perfilman Indonesia selain akhir tahun.

Terbukti walau "sesak" dengan film Indonesia karena tayang bersamaan, tiga dari lima film yang tayang selama periode Lebaran 2016 sukses mendapat satu juta penonton.

Komedi patah hati yang dihadirkan Raditya Dika dalam Koala Kumal (produksi Starvision) jadi film terlaris kedua dengan penjualan sekitar 1,1 juta lembar tiket.

Satu film pencetak satu juta penonton lainnya adalah drama remaja ILY From 38000 Feet dari Screenplay Films dan Legacy Pictures. Amanda Rawless (15), salah satu pemain ILY From 3800 Feet, sejak awal optimistis film yang dibintanginya bakal laris laiknya Rudy Habibie.

"Saya yakin bisa seperti Rudy Habibie. Ini kan baru tayang seminggu. Sementara mereka tayang di bioskop lebih cepat. Pelan-pelan pasti jumlah penontonnya meningkat," ujar Amanda diwartakan Storibriti (12/7).

Film Sabtu Bersama Bapak (Max Pictures dan Falcon Pictures) dan Jilbab Traveler (Rapi Films) hasil ekranisasi beriringan menempati posisi keempat dan kelima.

Penghuni daftar film Indonesia periode ini memang hanya berisi lima film. Kurang setengah dari kebiasaan selama ini yang terdiri dari 10 film. Namun meningkat dari periode sebelumnya (13-26 Juni) yang hanya diisi empat film.

Penyebabnya karena film My Stupid Boss sebagai pemuncak edisi terdahulu telah gulung layar dari bioskop. Sementara dua film lainnya -Untuk Angeline dan Bangkit!- diputar melewati tenggat BPI.

Berikut daftar dan tabel film Indonesia terlaris versi BPI periode 27 Juni-17 Juli 2016 berdasarkan jumlah tiket yang terjual di jaringan bioskop Cinema 21, CGV Blitz, dan Cinemaxx Theater.

1. Rudy Habibie: 1.463.947 (tayang 30 Juni)

2. Koala Kumal: 1.191.457 (5 Juli)

3. ILY From 38000 Feet: 1.025.401 (5 Juli)

4. Sabtu Bersama Bapak: 524.923 (5 Juli)

5. Jilbab Traveler: 216.184 (5 Juli)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR