FILM TERLARIS

Film terakhir Olga Syahputra puncaki daftar film Indonesia terlaris

Tangkapan layar film Warisan Olga. Billy Syahputra (kiri) dan mendiang Olga
Tangkapan layar film Warisan Olga. Billy Syahputra (kiri) dan mendiang Olga | Rapi Films/YouTube.com

Film Warisan Olga produksi Rapi Films dan CMI Production berhasil menduduki posisi puncak dalam daftar film Indonesia terlaris selama periode 17-23 November 2015. Catatan tersebut sekaligus mengakhiri hegemoni Air Mata Surga (Tujuh Bintang Sinema) yang selama dua pekan beruntun selalu berada di posisi pertama.

Berdasarkan data jumlah penonton yang diumumkan Badan Perfilman Indonesia melalui akun Twitter @BadanPerfilman (26/112015), film arahan Raymond Handaya itu berhasil mendatangkan 101.188 penonton sejak pertama kali tayang pada 19 November di jaringan bioskop Cinema 21, CGV Blitz, dan Cinemaxx Theater.

Sesuai judulnya, film ini ibarat warisan terakhir Olga dalam bentuk film. Tidak heran jika kemudian, seperti digambarkan Kompas (16/11), para penonton yang menyaksikan gala premiere film ini tak kuasa menahan tangis.

Terutama ketika beberapa adegan dalam film menghadirkan rekaman saat-saat Olga dirawat di Rumah Sakit Mount Elizabeth, Singapura, tempatnya mengembuskan napas terakhir pada 27 Maret 2015.

"Film ini tentang kelucuan Olga, tetapi saat adegan Olga dirawat di rumah sakit Singapura diperlihatkan, di dalam semua (penonton) menangis," kata Indra Bekti.

Olga Syahputra alias Yoga Syahputra, lahir 8 Februari 1983, pada mulanya dikenal sebagai pemain lenong. Kariernya kemudian melesat sebagai aktor, presenter, sekaligus komedian dengan polah tingkah yang khas. Profesi tersebut membuatnya memiliki penggemar loyal yang menyebut diri mereka sebagai Olga Lovers.

Syuting adegan Olga dalam film ini berlangsung di sela pengambilan gambar film Olga & Billy Lost in Singapore (2014). Saat Olga harus menjalani perawatan intensif hingga ajal menjemput, syuting belum sepenuhnya rampung.

CMI Production dan Rapi Films yang bertekad menyelesaikan film ini kemudian melakukan improvisasi pada alur cerita, syuting tambahan melibatkan pemeran pengganti dengan postur mirip Olga, dan menggunakan beberapa dokumentasi lama termasuk ketika Olga dirawat di RS Mount Elizabeth.

Vera Zanobi, mantan manajer Olga, berharap film ini bisa menjadi pengobat kerinduan para penggemar terhadap Olga.

Turut bermain dalam film ini, antara lain Billy Syahputra (adik Olga), Tarra Budiman, Chand Kelvin, Mongol Stres, Yova Gracia, Chika Waode, Enzy Storia, Cleopatra Djapri, dan Kezia Karamoy.

Posisi kedua juga ditempati oleh film komedi Relationshit produksi Starvision. Film yang diadaptasi dari buku berjudul sama tersebut ditonton 46.752 orang. Di antara tiga film pendatang baru dengan jadwal tayang sama, 19 November, film monolog Nay yang dibintangi Sha Ine Febriyanti memperoleh penonton paling sedikit, yaitu 2.135 orang.

Sementara film Heart Beat yang diproduseri aktor dan musisi Fedi Nuril mencatat penurunan angka raihan penonton paling signifikan. Pada periode 10-16 November, film ini masih mampu mencatat penjualan 11.390 lembar tiket. Berselang sepekan berikutnya merosot menjadi "hanya" 241 lembar.

Berikut daftar film Indonesia terlaris periode 17-23 November 2015 berdasarkan hasil rilis BPI.

1. Warisan Olga 101.188 (tayang 19 November)

2. Relationshit 46.752 (19 November)

3. Air Mata Surga 24.404 (total 394.477 - 22 Oktober)

4. Badoet 21.612 (59.641 - 12 November)

5. Kakak 17.665 (96.494 - 5 November)

6. Nay 2.135 (19 November)

7. Heart Beat 241 (11.631 - 12 November)

Catatan redaksi:

Film Misterius tidak kami masukkan dalam daftar karena terdapat keanehan pada data yang dirilis BPI. Periode 16 November, penjualan tiket film tersebut mencapai 20.900 lembar, tapi kemudian berkurang 20.348 lembar pada periode pekan berikutnya.

Hingga artikel ini terbit, pihak BPI belum membalas pertanyaan kami soal keanehan data yang dipublikasikan.

Film Sebuah Lagu untuk Tuhan dan Ayah Menyayangi Tanpa Akhir juga tidak kami masukkan karena tidak ada penambahan jumlah penonton dengan periode sebelumnya.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR