FILM HOLLYWOOD

Gerard Butler kembali di puncak film terlaris

Penampilan aktor Gerard Butler sebagai agen Mike Banning dalam film Angel Has Fallen
Penampilan aktor Gerard Butler sebagai agen Mike Banning dalam film Angel Has Fallen | Simon Varsano/Lionsgate Publicity

Memerankan sosok agen Mike Banning dalam film aksi laga Angel has Fallen mengantar aktor Gerard Butler (49) kembali di puncak daftar film terlaris kawasan Amerika Serikat dan Kanada.

Film terakhir yang dibintangi Butler dan berhasil mencetak pencapaian serupa adalah 300. Dan itu sudah terjadi lebih dari satu dekade.

Padahal aktor asal Skotlandia ini sudah membintangi puluhan film dengan beragam genre selepas kesuksesannya dalam 300.

Tanpa menghitung kontribusi suaranya dalam animasi How to Train Your Dragon: The Hidden World (rilis Februari 2019), urutan kedua dalam box office adalah posisi tertinggi yang pernah dicatatkan film Butler.

Posisi tersebut tercetak atas nama Geostorm yang juga sama-sama film aksi saat tayang perdana pada 20 Oktober 2017. Kalah dengan sajian komedi Tyler Perry's Boo 2! A Madea Halloween.

Saat tayang perdana pada 23 Agustus, film Angel has Fallen dalam catatan Box Office Pro berhasil meraup pemasukan sebanyak AS$21,2 juta (sekitar Rp301,3 miliar) dari 3.286 bioskop.

Angka pekan pembuka yang demikian sudah cukup membuat pihak studio produksi dan distribusi semringah.

Pasalnya jadwal perilisan film ini sudah mendekati ujung libur musim panas yang biasanya membuat performa film-film di bioskop jadi loyo.

Tambah lagi film ini mendapatkan skor A- dari para penonton bioskop di CinemaScore. Sementara konsensus awam untuk Angel has Fallen dalam laman Rotten Tomatoes memberinya nilai 95%, berbanding 40% dari kacamata kritikus film.

"Itu pertanda bagus agar film ini mendapatkan waktu tayang lebih panjang di bioskop,” ujar David Spitz, Presiden Distribusi Domestik Lionsgate, dilansir USA Today (25/8).

Film Angel has Fallen yang mendapat label penonton “Rated R” menelan bujet produksi sebesar AS$40 juta. Bandingkan dengan dua film pendahulunya, Olympus Has Fallen (2013) dan London Has Fallen (2016) yang menyedot ongkos pembuatan AS$70 juta dan AS$60 juta.

Selain Butler, film yang juga sudah tayang di jaringan bioskop Indonesia ini turut menampilkan akting Morgan Freeman, Danny Huston, Michael Landes, Tim Blake Nelson, Piper Perabo, dan Jada Pinkett Smith.

Posisi kedua dalam daftar pengumpul uang terbanyak dari hasil penjualan tiket menjadi milik Good Boys. Film yang juga mengantongi stempel “Rated-R” ini pada akhir pekan sebelumnya menempati nomor wahid.

Sementara sesama film pendatang baru lainnya, yakni Overcomer dan Ready or Not, terkunci di posisi ketiga dan keenam. Posisi ini sedikit di luar prediksi mengingat pembagian kuota layar yang mereka dapatkan.

Film Overcomer yang bergenre drama religi produksi Affirm Films hanya mendapat kuota tayang di 1.723 layar. Sedangkan Ready or Not produksi Fox Searchlight Pictures yang memadukan komedi, horor, dan thriller menghiasi 2.855 layar.

Berikut daftar film terlaris di kawasan Amerika Utara (AS dan Kanada) periode 23-25 Agustus 2019.

1. Angel has Fallen: AS$21,2 juta (total AS$21,2 juta – pekan 1)

2. Good Boys: AS$11,7 juta (AS$42 juta – pekan 2)

3. Overcomer: AS$8,2 juta (AS$8,2 juta – pekan 1)

4. The Lion King: AS$8,1 juta (AS$510,6 juta – pekan 6)

5. Hobbs & Shaw: AS$8,1 juta (AS$147,7 juta – pekan 4)

6. Ready or Not: AS$7,5 juta (AS$10,5 juta – pekan 1)

7. The Angry Birds Movie 2: AS$6,3 juta (AS$27 juta – pekan 2)

8. Scary Stories to Tell in the Dark: AS$6 juta (AS $50 juta – pekan 3)

9. Dora and the Lost City of Gold: AS$5,2 juta (AS$43 juta – pekan 3)

10. Once Upon a Time in Hollywood: AS$5 juta (AS$123 juta – pekan 5)

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR