MUSIK INDONESIA

God Bless siap gelar konser dua hari beruntun

Ahmad Albar (paling kanan) bersama para personel God Bless dalam foto dari website resmi mereka.
Ahmad Albar (paling kanan) bersama para personel God Bless dalam foto dari website resmi mereka. | GodBlessRock.com

Masing-masing personel band rock God Bless sudah berusia lanjut. Mereka adalah Ahmad Albar (72 tahun, vokal), Ian Antono (68, gitar), Donny Fattah (69, bas), dan Abadi Soesman (69, keyboard). Hanya penabuh drum Fajar Satritama yang baru berusia 48.

Meski begitu, usia tak jadi penghalang mereka untuk menggelar 45th God Bless Anniversary eConcert sebagai perayaan 45 tahun perjalanan band yang didirikan di Jakarta pada 1973 ini.

Tak tanggung-tanggung, Albar dan kawan-kawan siap menggelar konser selama dua hari beruntun pada 3-4 November di Gedung Telkom, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Jakarta Selatan.

"Kalau konsernya dua kali kan yang belum kebagian bisa nonton pada hari berikutnya," ujar Ahmad dalam konferensi pers konser 45th God Bless Anniversary di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Senin (29/10/2018), seperti dikutip Tempo.co.

Band rock ini pun punya kiat tersendiri agar tetap tampil prima di atas panggung. Mereka masih rutin berolahraga. "Pasti diimbangi dengan pola makan tidur istirahat," kata Albar dalam KapanLagi.

God Bless akan beraksi dengan musik dan teknologi kekinian. Pada hari pertama, God Bless akan berkolaborasi dengan Giring Ganesha -- mantan vokalis Nidji. Untuk hari kedua, Fadly dan Piyu dari Padi Reborn siap berbagi panggung dengan God Bless.

Adapun teknologi kekinian yang dimaksud adalah konsep eConcert, integrasi antara penampilan langsung di atas panggung dengan penampilan secara digital melalui teknologi pengaliran video (streaming).

"Bagi para penggemar God Bless yang memiliki kendala keterbatasan waktu atau lokasi show, maka menyaksikan konser secara live streaming merupakan solusi," demikian Syaifudin, Direktur Utama MDMedia, promotor konser ini.

Semua itu akan dibalut dengan tema perjalanan God Bless dari tahun ke tahun. Tema ini dianggap relevan mengingat usia band sudah sangat uzur.

"God Bless ini kan sudah ada sejak 1972, kami mulai tampil 1973 lalu ada beberapa personel datang dan berganti, itu tentu sebuah perjalanan yang luar biasa," ujar Donny.

God Bless pertama kali menggelar konser di Jakarta pada 5 Mei 1973, tanggal yang ditetapkan sebagai kelahiran mereka. Albar dan Donny termasuk dalam dua anggota awal, bersama Ludwig Lemans dan almarhum Fuad Hassan.

Beberapa kali band ini mengalami kegetiran dalam lika-liku perjalanan mereka. Bongkar pasang personel, meninggalnya Soman Lubis (keyboard) dan Fuad (drum) karena kecelakaan lalu lintas sejak 1974 hanya sedikit contoh.

Dengan tema perjalanan, mereka akan membawakan beberapa lagu yang jarang, atau bahkan belum pernah dibawakan di panggung seperti "Damai yang Hilang" dan "Bukan Mimpi Bukan Ilusi".

"Jadi lagu yang terbaik, cuma belum pernah kita bawakan selama God Bless manggung itu akan hadir di (konser) sini. Kayak 'Damai yang Hilang' itu kan belum kita bawain sampai sekarang," kata Ian sang gitaris dalam Tribunnews.

Tiket 45th God Bless Anniversary eConcert terbagi menjadi tiga kelas yaitu Diamond (harga Rp1.575.000), Platinum (Rp1.050.000), dan Gold (Rp525.000). Tiket dapat diperoleh melalui BLANIA, tiketcom, Traveloka, tiketapasaja.com, Loket, Gotix , KiosTix dan Rajakarcis.

Tak ada regenerasi

Meski kini sudah memasuki masa semi pensiun, God Bless menegaskan band ini tidak akan diregenerasi melalui anak-anak atau cucu mereka.

Sejauh ini anak-anak Albar membentuk band bernama Jibriel, tapi sang ayah tak mau memaksa mereka membawakan lagu-lagu God Bless. "Walaupun anak-anak kami bermusik juga, tapi enggak harus membawakan atau meniru God Bless. Mereka punya selera sendiri, bebas," ujar Albar dilansir Kompas.com.

"Enggak muluk-muluk ya. Kami udah mikirin sekarang generasi yang muda-muda ini supaya jangan patah semangat, semangat terus bermusik. Dan kalau bisa go international semua yang muda-muda ini," lanjut ayah aktor Fachri Albar ini.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR