FILM INDONESIA

Hadrah Daeng Ratu keterusan menyutradarai film horor

Hadrah Daeng Ratu saat jumpa pers film Makmum di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/8/2019)
Hadrah Daeng Ratu saat jumpa pers film Makmum di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/8/2019) | Andi Baso Djaya/Beritagar.id

Seturut perilisan film Makmum pada 15 Agustus 2019, total sudah tiga film arahan Hadrah Daeng Ratu yang bergenre horor. Semuanya tayang berurutan.

Pertama tayang film Jaga Pocong yang dibintangi Acha Septriasa dan Zack Lee pada 25 Oktober 2018. Kisahnya tentang perawat perempuan yang terpaksa menjadi penjaga jenazah dalam sebuah rumah.

Setahun kemudian, tepatnya 16 Mei 2019, Hadrah kembali terpilih menyutradarai Malam Jumat the Movie yang juga produksi Dee Company. Film ini merupakan adaptasi dari konten di YouTube milik Hujwiriawan Ewing yang menarik banyak atensi warganet.

Kalender pergantian tahun 2019 belum lagi berganti, alumni Institut Kesenian Jakarta angkatan 2005 ini sudah hadir lagi dengan sajian horor bertajuk Makmum.

Bermain sebagai pemeran utama adalah Titi Kamal (37) yang baru pertama kali membintangi film horor sepanjang kariernya.

Kepada Beritagar.id yang menemuinya usai press screening di XXI Epicentrum, Kuningan, Jakarta Selatan (7/8/2019), Hadrah mengaku tidak pernah merancang kariernya sebagai sutradara spesialis film horor.

“Hanya saja usai bikin film Mars Met Venus (2017) tawaran menyutradarai film horor, datang bertubi-tubi,” katanya.

Awalnya Hadrah berniat istirahat sejenak menyutradarai film horor usai Jaga Pocong. Rencana itu jelas meninju angin lantaran sulit menampik tawaran Malam Jumat the Movie.

“Soalnya ada satu konsep film yang sudah lama ingin saya bikin ternyata ada dalam skenario film itu. Akhirnya saya terima,” lanjutnya.

Cerita yang sama berulang kembali. Tawaran menjadi sutradara Makmum terlalu sayang untuk ditolaknya.

Untuk film Makmum yang berangkat dari film pendek bertajuk sama karya Riza Pahlevi, tawaran menjadi sutradara menghampiri awal tahun ini.

Perihal alasan Dheeraj Kalwani dari Dee Company memilihnya kembali sebagai sutradara, lantaran kepincut dengan arahannya dalam film Jaga Pocong.

“Katanya film itu nuansa horornya atmosferik. Mereka suka. Kebetulan konsep untuk film Makmum ke arah serupa. Lengang, diam, tapi tetap punya daya kejut,” ungkap Hadrah.

Diakui Hadrah, untuk pertama kalinya ia merasa deg-degan sepanjang syuting film ini yang berlokasi di kawasan Cianjur, Jawa Barat, lantaran suasananya memang seram.

Setelah ini, masih akan hadir satu film horor arahan Hadrah yang diproduksi Maxima Pictures. “Film yang nanti rilis ini ada banyak unsur komedinya. Jadinya horor komedi,” tutup Hadrah.

BACA JUGA
Tanya Loper Tanya LOPER
Artikel terkait: SPONSOR