FILM HOLLYWOOD

Hal menarik dari cuplikan Captain Marvel

Brie Larson sebagai Captain Marvel.
Brie Larson sebagai Captain Marvel. | Disney/Marvel

Marvel telah merilis cuplikan kedua Captain Marvel pada Senin (3/12/2018). Tak sampai dua hari, trailer berdurasi dua menit 18 detik itu sudah ditonton lebih dari 10 juta kali.

Antusiasme penggemar Marvel disebabkan film garapan sutradara Anna Boden dan Ryan Fleck itu tayang pada Maret 2019, dua bulan sebelum Infinity War II, film terakhir dalam Marvel Cinematic Universe Phase 3.

Inilah beberapa hal menarik yang terungkap dari cuplikan Captain Marvel.

Marvel Studios' Captain Marvel - Trailer 2 /Marvel Entertainment

"Aku akan mengakhiri perangmu"

Meski berlatar 1995, Captain Marvel muncul tepat sebelum Infinity War II. Wajar jika orang mengira karakter yang diperankan Brie Larson ini bakal menjadi kunci kemenangan para jagoan dalam peperangan melawan musuh terbesar mereka, Thanos (diperankan Josh Brolin).

Dalam adegan tambahan Infinity War I, Nick Fury (Samuel L. Jackson) menyadari ada yang tidak beres. Rupanya Thanos memenangi perang batu Infinity, membuatnya mampu membunuh setengah populasi alam semesta. Seperti korban lain, Fury sadar ia akan segera menghilang.

Ia menjatuhkan sebuah penyeranta (pager) berlogo Captain Marvel, tanda bahwa Fury sedang berusaha menghubungi jagoan bernama asli Carol Danvers itu.

Dengan kata lain, Captain Marvel adalah kartu as bagi alam semesta; tokoh yang dibutuhkan untuk mengalahkan Thanos. Hal ini diperkuat dalam sebuah adegan di trailer.

“Aku tak akan bertarung dalam perangmu, aku akan memenanginya,” ujar Carol Danvers kepada Nick Fury muda. Optimisme itu berdasarkan fakta bahwa Captain Marvel adalah pahlawan super terkuat dalam semesta MCU.

"Kekuatannya di luar batas; ketika diperkenalkan, ia akan menjadi karakter terkuat yang kami miliki," ujar Kevin Feige, Presiden Marvel Studios pada Oktober 2016.

Brie Larson dianggap cocok memerankan tokoh yang sangat kuat, tapi tetap manusiawi. “Amatlah penting untuk menjaga karakter ini tetap seimbang, dengan aktris yang bisa menjaganya tetap terasa nyata,” lanjut Feige.

Kekuatan si terkuat

Kemampuan Captain Marvel berasal dari percobaan makhluk asing Kree, setelah ia nyaris mati dalam sebuah kecelakaan. Hal ini diperlihatkan pada cuplikan.

"Hidupmu dimulai ketika hampir berakhir. Kami menemukanmu tanpa ingatan," ujar salah satu karakter pemimpin Kree yang diperankan Annette Bening. "Kami membuatmu menjadi salah satu dari kami. Kamu dapat hidup lebih panjang, lebih kuat, dan lebih unggul (dibanding manusia Bumi)."

Setelah percobaan itu, Carol bisa terbang dan mengeluarkan tembakan energi dari tangannya, juga merupakan seorang ahli bertarung dengan tangan kosong. Kekuatannya bersifat kosmik, beda jauh dengan Hulk (kekuatan otot), Iron Man (teknologi), dan Doctor Strange (sihir), misalnya.

Dalam komik, Captain Marvel adalah makhluk bertenaga kosmik yang sangat kuat, karena terhubung dengan sebuah lubang putih. Contoh kekuatannya: dengan mudah ia berhasil meninju Rogue (anggota X-Men) ke luar orbit bumi.

Sementara film tersebut menampilkan Captain Marvel seperti Super Saiya Goku dari serial animasi Dragon Ball; dengan rambut pirang yang tampak berterbangan dan sekujur badan dialiri cahaya kilat.

Kostum dan helm mohawk

Selain itu, Captain Marvel juga tampil berseragam luar angkasa dan helm biru dengan rambut yang mencelat keluar, bermodel mohawk. Ini merupakan suatu bentuk penghormatan pada desain Captain Marvel tahun 2012 yang dibuat oleh seniman Jamie McKelvies.

Seperti prajurit, momen Captain Marvel mengenakan seragam adalah saat ia serius dalam bertarung. Dengan mudah ia terbang di luar angkasa, menembakkan energi, dan merusak berbagai pesawat tempur.

Penampilan Captain Marvel dengan helm mohawk.
Penampilan Captain Marvel dengan helm mohawk. | Marvel

Hilang ingatan

Soal hilang ingatan rupanya dibuat Marvel sebagai daya tarik dan menambah unsur misteri film Captain Marvel.

Amnesia yang diderita Carol mungkin disebabkan kecelakaan atau hasil percobaan Kree. Namun, masa lalunya sebagai pilot jet tempur tampaknya akan memegang peranan penting. "Aku tetap mengingat sesuatu dari masa lalu. Itu adalah kunci dari semua ini," ujar Carol.

Masa lalunya sebagai pilot jet tempur pun belum tentu benar-benar terjadi. Bisa jadi itu hanya karangan para Kree sebagai orang-orang di balik kelahiran Captain Marvel. Bahkan, mungkin saja “Carol Danvers” tidak benar-benar ada; hanya manusia buatan bangsa Kree atau alien jenis lainnya.

BACA JUGA